Ubah Kritik dan Ucapan Negatif Menjadi Hal yang Positif, Ini Caranya

11.57.00


Kadang kita dipertemukan dengan orang yang suka mengkritik dan suka memberi ucapan negatif. Sakit nggak sih rasanya? Kebanyakan orang akan down seketika saat mendapat kritikan seperti itu. Ketika kritik mengarah ke kita, pasti ada rasa nggak nyaman. Apalagi kalau kritikan itu disampaikan dengan nada yang merendahkan, kata-kata yang cenderung memaki, dan segala hal yang negatif ditujukan ke kita.

Kritik dan berbagai caci maki serta cemoohan yang negatif akan menjadi hal yang sangat membebankan hidup kita kalau pernyataannya ternyata benar. Misalnya saat kamu hadir di sebuah pesta, tiba-tiba ada temanmu yang nyeletuk “lo nggak ada baju lain apa?” sementara itu keadaan kita memang lagi nggak punya uang untuk beli dress pesta yang baru. Bagaimana responmu ketika mendapat ucapan negatif seperti itu?

Ingatlah bahwa sikap yang kamu tunjukan saat berada di bawah tekanan akan menunjukan bagaimana kepribadianmu yang sesungguhnya. Kalau kamu adalah orang yang suka terpancing emosi karena kritikan itu, maka kamu perlu beberapa cara berikut supaya kamu bisa mengubah ucapan negatif menjadi hal yang positif.

Jadikan humor
Jangan jadi orang yang terlalu baper, dikit-dikit baper alias bawa perasaan. Kalau kamu adalah orang yang mudah sensitif perasaannya, lebih baik kamu harus belajar untuk lebih memahami orang lain. Karena tidak semua orang yang kamu temui adalah orang yang nyaman dan baik.

Misalnya saat orang lain bilang sesuatu yang nggak enak, seperti “lo bau badan deh!”  Maka, katakan saja “ah lo bener banget kalo ngomong! Haha

Meski kamu nggak bisa terima perkataannya yang sudah menyakitimu, kamu bisa membuat banyolan atau sekadar perkataan lucu yang bisa meredam amarahmu sekalipun itu sulit. Ingat ini, menjadi seorang yang menjunjung tinggi perdamaian itu sebuah pekerjaan yang luar biasa lho. Karena nggak semua orang bisa melakukan hal ini.

Lebih baik diam daripada memberi alasan
Kalau kamu bukan tipe orang yang bisa spontan ngelucu, kamu cukup diam aja daripada mengoceh beribu alasan. Karena ada kalanya kamu berbuat salah dan ketahuan oleh orang yang suka memberi komentar negatif. Kunci supaya kamu bisa mengubah perkataan negatif orang lain menjadi hal yang positif adalah jangan baper! Kamu harus tau bahwa banyak orang di dunia ini yang memperhatikanmu, mulai dari penampilan, tingkah laku, dan ucapanmu.

Orang yang selalu memberi komentar negatif biasanya adalah orang yang tidak mau mendengar perkataan orang lain. Jadi buat apa kamu berlelah mulut memberi alasan yang nggak akan ia dengar dan pahami. Diam itu masih lebih baik daripada memberi alasan kok.

Pikirkan lagi sebelum membalas
Saat tiba-tiba ada orang yang memberi komentar buruk dan menulis sesuatu di media sosial, yang notabene di sana ada ratusan bahkan ribuan teman-temanmu, biasanya orang akan langsung membalas di medsos juga. WTH, sebenernya ini sama sekali bukan cara yang benar untuk membalas komentar buruk dari orang itu.

Kalau kamu terpancing emosi dan ikut-ikutan nulis di medsos untuk membalas perkataan buruknya, itu menandakan bahwa kamu nggak ada bedanya dengan dia. Kenapa? Karena ketika kamu langsung membalas komentarnya, kamu akan mengeluarkan kata-kata yang penuh kemarahan, ketidakstabilan, dan mungkin irasional karena masih di bawah tekanan emosi. Hasilnya kamu pun akan malu karena sudah membeberkan aibmu dan aibnya untuk diketahui banyak orang.

Temukan Perspektif yang Berbeda
Nggak semua kritikan negatif itu selalu negatif lho. Karena ada saatnya kamu berbuat salah juga kan. Mungkin saja dialah yang “ditakdirkan” untuk memberimu teguran. Nggak ada teguran yang enak di dunia ini. Di saat seperti ini justru kamu harus berterima kasih padanya karena ia masih memperhatikanmu. Iya kan? Faktanya ia adalah orang yang masih memperhatikanmu dan menginginkan kamu untuk menjadi orang yang lebih baik lagi.

Jangan buang dulu sampah itu, kamu bisa memilahnya lebih dulu
Meski semua perkataan negatif yang kamu terima serasa seperti tumpukan sampah, kamu masih bisa memilah kembali sampah-sampah itu. Nggak ada yang tau kan kalau ternyata ada mutiara di dalam kerang yang keras? Jadi, cobalah untuk renungkan kembali kenapa ia sampai memberi cacimakian yang nggak enak padamu.

Misalnya, saat kamu dapat kritikan kalau mulutmu bau, itu tandanya kamu perlu lebih rajin meyikat gigi atau makan permen sebelum berbicara dengan orang lain. Ingat kalau nggak semuanya perkataan nggak enak itu bisa kamu anggap sampah busuk, pilahlah kembali semua perkataan itu sehingga kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Tinggalkan dan jangan pedulikan
Kalau memang nggak ada yang bisa diambil dari ocehannya, yaa sudahlah jangan pedulikan apa yang ia katakan. Kalau bisa, tinggalkan saja orang yang hobinya bicara nggak enak. Karena bukan hanya padamu saja ia ngoceh nggak penting, tapi juga ke semua orang. Asumsikan aja kalau ia adalah tipe orang yang selalu ceplas-ceplos dan nggak bisa menahan apa yang ia ingin katakan. Cukup tinggalkan saja ia, karena hidupmu akan lebih berharga ketika kamu bisa bersama dengan teman-teman yang bisa membuatmu bahagia sekalipun mereka sedang memberi kritik padamu.

Pahami dan perbaiki diri sendiri adalah yang terbaik
Selalu introspeksi diri dan melihat kembali kekurangan apa yang ada di dalam diri adalah jalan yang yang terbaik. Dengan memahami kekurangan diri sendiri berarti kamu sudah membuka jalan untuk mengembangkan diri dan menjadi pribadi yang lebih baik. Setelah kamu berhasil memperbaiki kekurangan yang orang lain katakan padamu dengan cara negatif, itu menandakan bahwa kamu sudah berhasil mengubah ucapan yang negatif menjadi hal yang positif. Yeeayy selamat!


Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah ucapan negatif menjadi hal yang positif. Selalu tampil lebih baik dirinya menunjukan bahwa kamu adalah orang yang selalu positif dan nggak gampang untuk dijatuhkan olehnya. Pakai pakaian terbaikmu dan tunjukan padanya bahwa kamu adalah orang yang lebih baik dengan pilihan outfit dari GatsuOne がつおね . Buka www.gatsuone.com sekarang dan temukan berbagai koleksi outfit dalam nuansa Jepang agar penampilanmu selalu kawaii! Nggak diragukan kalau kualitas bahan dari GatsuOne がつおね selalu bagus, harganya pun terjangkau. So tunggu apa lagi, belanja sekarang ya Oneesan. Cha!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook