Ide Bisnis Mahasiswa Untuk Tambah Uang Jajan

11.50.00


Mahasiswa biasanya dikenal dengan trademark “uang pas-pasan”. Apalagi yang kuliahnya merantau jauh dari orang tua sampai ke luar pulau. Anak kosan yang nggak jarang uang bulanannya udah habis di pertengahan bulan. Jauh dari orang tua rasanya jadi alasan agak susah untuk mengontrol pengeluaran. Mungkin ada yang nggak malu untuk minta uang lagi ke orang tua padahal belum jatuh temponya, tapi mungkin lebih banyak yang masih punya malu untuk minta. Alhasil mereka harus cari cara gimana mendapatkan uang tambahan untuk menghidupi mereka sampai akhir bulan. Nggak harus bisnis besar-besaran dengan modal yang besar pula. Semuanya bisa dimulai dengan hal yang kecil kok, bahkan tanpa modal. Inilai beberapa cara yang bisa dicoba bagi mahasiswa yang mau nambah uang jajannya.

Garage Sale
Namanya juga garage sale, pasti tanpa modal uang dong? Yang harus kamu lakukan hanya menggali lemari baju kamu untuk memilah-milah pakaian yang udah nggak pernah kamu pakai tapi masih layak pakai bagi orang lain. Selain pakaian kamu pun bisa menjual barang-barang bekas kamu yang mungkin masih banyak dicari orang. Jangan salah lho, barang lama yang antik bisa jadi harta karun buat kamu karena harga jualnya pun masih bersaing. Sekarang ini kan udah mulai banyak komunitas-komunitas pecinta barang antik yang tersebar di seluruh wilayah, jadi mudah banget untuk jual barang lama kamu. Apalagi ditambah dengan market place online yang sekarang benar-benar udah menjamur banget. So, nggak ada alasan ya untuk menumpuk barang-barang kamu yang sebenarnya udah nggak terpakai lagi. Lebih baik dijual aja, selain kamu yang dapet uang, orang yang beli pun pasti senang.

Jual Pulsa
Kalau ini sih memang butuh modal dalam melakukan bisnisnya. Tapi nggak perlu yang besar-besar dulu kok. Kamu bisa mulai hanya dengan modal 100.000 rupiah. Dan memang sih keuntungan yang didapat dari jualan pulsa tuh nggak terlalu besar tapi kalau kamu terus memutar uangnya dengan benar, bisnis ini bisa jadi besar lho. Apalagi kalau di kampus kamu cukup terkenal sebagai penjual pulsa, dijamin deh perputaran uangnya makin cepat. Asal jangan dihutangin aja ya, bukannya untung nanti malah buntung lagi...

Jual Makanan
Kebanyakan anak kampus kamu pasti suka jajan deh, iya kan? Manfaatkan peluang ini untuk kamu jualan makanan. Nggak perlu yang ribet-ribet jual makanan yang berat kok, jual aja cemilan-cemilan yang menarik misalnya kayak pudding atau kue-kue kering. Kamu bisa tawarin produk kamu ke mahasiswa yang lagi pada duduk-duduk di bawah pohon rindang. Atau jual aja ke temen-temen sekelas kamu sewaktu masih nunggu dosen dateng. Kalau sama mereka, kamu bisa tuh pakai sistem pemaksaan supaya beli barang dagangan kamu. Ya namanya juga temen, gapapalah saling membantu. Hehehehe...

Jasa Pembuatan Kaos/Jaket
Nah buat kamu yang udah memasukin semester 3 ke atas bisa juga nih pakai cara ini. Kamu bisa buka jasa pembuatan kaos atau jaket angkatan buat junior kamu di jurusan. Biasanya kan tiap kelas atau jurusan punya kaos atau jaket angkatan tuh, kamu bisa ambil bisnis ini nih. Tawarin aja mereka desain yang keren ditambah dengan rayuan maut, biasanya sih mereka bakalan susah nolaknya. Selain memang desainnya yang keren dan menarik, mereka juga biasanya punya perasaan ga enak sama kamu yang notabene adalah senior mereka. Nanti kalau hasilnya bagus, tentunya bakalan banyak tuh anak jurusan lain yang nanya. So, pintu rezeki kamu jadi terbuka lebar deh.

Reseller
Tanpa bermodalkan uang melainkan kegigihan kamu menawarkan produk, bisa bikin kamu jadi pebisnis sukses lho. Kamu bisa jadi reseller produk-produk orang lain dengan sistem online maupun offline. Misalnya kamu ambil barang dari website atau online shop tertentu yang kemudian kamu tawarin ke temen-temen kuliah atau kamu jual lagi secara onlline melalui akun pribadi kamu. So, nggak perlu modal yang banyak untuk berbisnis dan nambah uang jajanmu. Salah satu program reseller menguntungkan yang bisa kamu ikuti adalah KAZOKU dari GatsuOne がつおね. Kamu hanya perlu menjual produk di www.gatsuone.com yang pastinya keren banget. Untuk info lebih lengkap klik di sini yuk. Join sekarang dan dapatkan keuntungannya!

Oiya jangan lupa juga follow Instagram @gatsuone dan ikutan Explore Indonesia Challenge #GUEINDONESIABANGET dan dapatkan ACTION CAMERA GRATIS! Langsung aja klik di sini! Jangan sampe kelewatan!

You Might Also Like

1 komentar

  1. Inget jadi mahasiswa itu pas lagi kere2nya gw hahaha...
    Nunggu transferan dari ortu pas tanggal2 tua pasti cekak..
    biar ga kejadian cekak ky gitu mahasiswa seperti kalian, tolong manage dengan baik..
    cari pengetahuan tentang literasi keuangan dan cara manage keuangan.
    salah satunya mungkin bisa baca ini:
    investasi untuk mahasiswa

    BalasHapus

Like us on Facebook