Bahagia Jadi Vegetarian

10.40.00


Hidup dan mati memang sudah diatur oleh Tuhan Yang Maha Esa, tapi bukan berarti manusia nggak bisa berusaha menjaga kesehatan supaya hidup lebih panjang dan berkualitas kan. Kebanyakan orang meninggal diakibatkan penyakit yang diderita. Penyakit-penyakit itu bisa muncul karena berbagai faktor, salah satunya adalah karena pola hidup yang nggak sehat. Tapi waktu demi waktu ternyata masih banyak juga orang yang semangat menjaga pola hidup sehat walaupun mungkin pada awalnya sulit dilakukan. Salah satu usaha untuk menjadi manusia yang sehat adalah dengan menjadi seorang vegetarian alias hanya memakan tumbuh-tumbuhan dan nggak mengonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti daging atau unggas yang biasa dimakan banyak oraang. Tapi seorang vegetarian masih mungkin untuk mengonsumsi makanan olahan dari hewan seperti telur, keju dan susu. Nah, sebenarnya apa sih keutamaan menjadi seorang vegetarian?

Bebas Penyakit
Seperti kita ketahui ya kalau makanan olahan yang berasal dari hewan cenderung lebih banyak yang terkena paparan bahan kimia. Hal itulah yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya seperti kolesterol sampai kanker. Jadi kalau kamu menjadi seorang vegetarian tentunya bisa sedikit demi sedikit mencegah berbagai macam penyakit. Apalagi kalau tumbuh-tumbuhan yang kamu makan adalah hasil pertanian kamu sendiri yang tentunya terjamin kebersihannya dan bebas dari pestisida. Kamu pasti jadi manusia yang sehat deh.

Memperbaiki Bentuk Tubuh
Selain demi kesehatan, tujuan mengonsumsi tumbuh-tumbuhan adalah supaya memiliki bentuk tubuh yang langsing dan enak dipandang. Jadi selain sehat, menjadi vegetarian juga bisa membuat berat badan menjadi lebih ideal. Makanan yang berasal dari tumbuhan tentu memilki kandungann lemak dan kalori yang relatif lebih rendah dibanding makanan yang berasal dari hewan. Pasti bahagia banget punya tubuh yang sehat dan ideal, setuju?

Mengurangi Emisi Karbon
Sebuah riset yang dilakukan oleh Universitas Chicago mengungkapkan bahwa vegetarian bisa membantu mengurangi emisi karbon sekitar 1,5 ton setiap tahunnya. Tapi apa hubungannya vegetarian sama pengurangan emisi karbon? Poinnya ada di peternakan. Jadi ternyata, pemeliharaan hewan ternak itu membutuhkan energi listrik yang cukup banyak juga. Misalnya lampu-lampu, mesin pemotong, penghangat dan pendingin, serta peralatan pendukung lainnya. Selain itu, pendistribusian hewan ternak tentu membutuhkan alat transportasi untuk mengangkut ternak, makanan ternak, sampai obat-obatan ternak. Hal-hal tersebut yang bisa menghasilkan emisi karbon. Jadi, dengan menjadi seorang vegetarian, selain menyehatkan diri sendiri juga turut menyehatkan bumi.

Mengurangi Pemanasan Global
United Nations Food and Agricultural Organization pernah mengungkapkan kalau sektor peternakan secara global bisa menghasilkan lebih banyak gas Karbondioksida dari pada bidang lainnya. Hal itulah yang bisa bikin semakin meningkatnya pemanasan global. Dan selain itu sektor peternakan juga menyebabkan menurunnya kualitas tanah dan air. Dengan menjadi seorang vegetarian tentunya bisa berperan mengurangi pemanasan global yang terjadi di masa sekarang.

Itulah manfaat-manfaat jika kamu menjadi seorang vegetarian. Tips untuk kamu nih, coba pilih sayuran yang organik. Selain sehat dan tentunya aman, sayuran organik juga lebih ramah lingkungan karena nggak memakai pupuk kimia yang bisa aliran air dan bisa merusak habitat. So, tertarik untuk jadi vegetarian?

Setelah kamu punya tubuh yang bagus, yuk sempurnakan penampilanmu dengan koleksi fashion dari GatsuOne がつおね. Klik www.gatsuone.com dan follow Instagram @gatsuone untuk tahu informasi terkini.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook