Jangan Suka Gigit Kuku, Bahaya Lho!

11.17.00

Terkadang banyak hal-hal yang sering banget dilakukan tanpa sadar, salah satunya adalah gigit kuku. Kalau kuku udah mulai panjang biasanya orang yang punya kebiasaan ini tanpa sadar akan menggigiti kukunya, bahkan ketika kukunya belum panjang pun mereka sering melakukan hal itu. Bukan karena males ambil gunting kuku tapi memang mereka melakukan hal itu bukan dengan sengaja melainkan nggak sadar. Kalau kamu salah satu orang yang punya kebiasaan menggigiti kuku, yuk coba usahakan berhenti melakukannya. Kebiasaan tersebut memilik efek yang kurang bagus buat kesehatan kamu lho. Inilah bahaya-bahaya yang bisa muncul karena kebiasaan menggigit kuku.

Gigi
Ketika kamu menggigiti kukumu, lama kelamaan bisa membuat gigi kamu bergeser dari tempatnya berpijak lho. Serem banget kan?! Selain itu, kebiasaan gigit kuku juga bisa bikin gigi kamu gampang mengalami pengeroposan dan tentunya menyebabkan kerusakan susunan gigi kamu. Dengan kata lain, kebiasaan menggigiti kuku bisa membuat komposisi gigi atas dan gigi bawahmu menjadi nggak seimbang.

Infeksi Kuku
Ini sering terjadi pada orang-orang yang punya kebiasaan buruk sering menggigiti kuku. Ketika kamu menggigiti kuku, nggak jarang bikin kuku dan kulit di sekitarnya jadi lecet dan luka. Nah kalau udah luka begitu, bisa gampang banget terjadi infeksi kuku. Kalau kukumu udah infeksi, maka bisa bikin berbagai macam kuman dan mikroorganisme berkembang biak di infeksi tersebut. So, yuk jangan gigiti kuku, emangnya kamu mau kukumu jadi tempat berkembang biaknya kuman dan bakteri? Iiiiih…

Bakteri
Tangan adalah organ tubuh yang paling sering bersentuhan dengan kuman dan bakteri. Memang sih kita selalu mencuci tangan setelah melakukan berbagai aktifitas. Tapi terkadang ketika mencuci tangan hanya fokus pada bagian telapak tangan tanpa memperhatikan bagian-bagian yang lebih detil seperti bagian bawah kuku. Nah kalau di kukumu banya bakteri kemudian kamu menggigitinya, kebayang dong kuman dan bakteri yang bersarang di kukumu itu masuk ke mulutmu?

Kurang Sehat
Jadi kalau menurut penelitan yang dilakukan, sekitar 20% - 30% orang yang punya kebiasaan menggigiti kukunya punya kualitas kesehatan yang lebih rendah dbandingan dengan orang yang nggak punya kebiasaan itu. Hal itu terkait dengan kuman daun bakteri yang masuk akibat menggigit kuku yang kemudian bisa menyebabkan berbagai macam penyakit yang tentunya bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Itulah hal-hal buruk yang bisa terjadi kalau kamu masih aja kebiasaan menggigiti kukumu yang belu terbukti kebersihannya. Tapi yang namanya sebersih-bersihnya tangan, kebersihan kuku itu kayaknya nggak mungkin 100% bersih banget deh. Yuk coba kurangi dan hilangkan kebiasaan buruk ini sebelum terlambat. Kalau kamu memang sayang dengan tubuhmu, semangat berusaha yuk!

Kalau kamu jadi orang yang selalu sehat kan pasti diri kamu juga yang akan lebih percaya diri. Untuk lebih meningkatkan rasa percaya dirimu, lengkapi penampilanmu dengan koleksi fashion terkini dari GatsuOne がつおね. Cek koleksi selengkapnya hanya di www.gatsuone.com dan follow Instagram @gatsuone untuk tahu info fashion terbaru. Hari ini lagi ada FRIDAY SALE lho! Happy shopping!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook