Sedikit Teman Bukan Berarti Lebih Buruk Dari Banyak Teman, Setuju?

11.36.00


Manusia adalah makhluk sosial yang nggak bisa hidup sendiri. Setiap manusia pasti hidup bersama dengan orang lain. Makanya manusia itu nggak bisa hidup tanpa teman. Menurut sebagian orang sih punya banyak teman itu dinilai lebih baik dan keren. Makanya banyak banget anak-anak muda jaman sekarang yang super kekinian merasa bangga ketika ruang lingkup sosialnya luas. Apa iya punya pertemanan yang luas itu lebih keren dibanding yang punya temennya itu-itu aja? Kayaknya nggak juga deh. Karena sebenarnya punya lingkungan pertemanan yang luas ataupun sempit adalah pilihan yang bebas buat semua orang. Inilah bukti-bukti kalau punya teman sedikit nggak semenyedihkan yang orang-orang bilang.

Lebih Tahan Lama
Menurut penelitian, katanya kalau punya lingkungan pertemanan yang kecil akan bertahan lebih lama dibanding ruang lingkup yang luas dan besar. Hal itu karena ketika kita berteman hanya dengan beberapa orang, waktu yang dilalui bersama akan lebih lama dibanding dengan yang temannya banyak. Jadi grup kecil akan lebih memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menjadi saksi pertumbuhan teman-temannya. Coba kalau lingkup pertemanannya luas, bisa jadi ketemu aja jarang, gimana bisa jadi saksi perkembangan teman-temannya.

Be Yourself
Kebanyakan orang yang memiliki lingkungan persahabatan alias geng yang cenderung sempit, yang biasanya hanya terdiri atas beberapa orang manusia itu akan lebih bisa membuat anggotanya bersikap apa adanya. Istilah “be your self” benar-benar terjadi di sini. Berbeda dengan yang punya banyak banget teman alias geng, biasanya nggak bisa “be yourself” sebebas-bebasnya. Orang-orang semacam ini biasanya harus mengubah personality mereka dan berpura-pura menjadi orang lain. Katanya sih begitu...

Lebih Saling Mengerti
Kalau sahabatmu sedikit biasanya kan kedekatannya akan lebih erat ya dibanding sama yang banyak temannya. Nah, ketika kamu lagi punya masalah atau apapun yang sedang dihadapi, sahabatmu yang jumlahnya sedikit itu akan cenderung lebih paham apa yang sedang terjadi sama kamu tanpa perlu kamu jelaskan. Dengan kamu peluk mereka atau kamu duduk di samping mereka dalam diam, mereka udah tau kamu sedang ada masalah. Dan mereka pun udah tahu gimana caranya menenangkan atau memberikan dukungan ke kamu. Beda sama yang sahabatnya banyak banget, dijamin deh yang bakalan mengerti tanpa harus dijelaskan cuma ada satu dua orang. Sisanya harus menerima penjelasan dulu kalau kamu itu sebenarnya lagi kenapa-kenapa.

Waktu
Karena jumlahnya sedikit, pertemanan dengan ruang lingkup kecil akan punya waktu lebih banyak mengembangkan hobi bersama-sama untuk sama-sama meningkatkan kualitas diri masing-masing. Tapi kalau yang punya teman banyak, kayaknya nggak terlalu punya banyak waktu buat hal-hal semacam itu. Mereka akan cenderung memberikan banyak waktu untuk menjaga persahabatan supaya baik-baik aja. Jadi mungkin nggak terlalu punya banyak waktu untuk ngejalanin hobi bersama.

Jarak
Ketika kamu punya beberapa sahabat yang udah deket banget, setiap orang yang berada di ruang lingkup persahabatan tersebut pasti merasakan kedekatan yang sama satu sama lainnya. Nggak ada yang namanya perbedaan jarak antara satu orang dengan yang lainnya. Tapi kalau jumlah dalam ruang lingkup pertemananmu itu banyak dan luas banget, kamu pasti akan merasakan kedekatan hanya ke beberapa orang aja. Bisa jadi kamu merasakan jarak yang cukup besar dengan yang lainnya, bahkan sampai merasa kurang nyambung sama orang-orang selain yang kamu anggap bener-bener deket banget.

Jadi, intinya sih jangan sedih kalau kamu merasa hanya punya sedikit sahabat. Mungkin banyak orang yang ngerasa malu, dibilang nggak gaul dan kuper ketika temennya sedikit. Nggak usah pikirin kata-kata orang lain. Punya teman banyak belum tentu kualitas pertemannya lebih oke dibanding yang temannya sedikit. Yang penting kamu harus selalu menjaga kualitas persahabatanmu supaya langgeng terus selamanya. Sedikit teman bukan berarti lebih buruk dari banyak teman bukan?

Supaya kamu dan sahabat semakin terlihat keren, yuk pakai outfit dari GatsuOne がつおね. Cek koleksi lengkapnya di www.gatsuone.com dan follow Instagram @gatsuone supaya kamu nggak ketinggalan info fashion terkini. Happy Sunday, Oneesan!

You Might Also Like

1 komentar

  1. Thanks infonya. Oiya, ngomongin pertemanan, ternyata ada loh tipe-tipe teman yang punya dampak buruk bagi kehidupan kamu. Kayak apa sih? Kamu bisa cek lengkapnya di sini: dampak buruk teman

    BalasHapus

Like us on Facebook