Yuk kenali 5 bahasa kasih ini supaya hubunganmu awet sampai kakek-nenek!

13.38.00

Menjalin sebuah hubungan itu membutuhkan komunikasi yang baik dan kuat. Setelah masa jatuh cinta selesai, konon katanya ada yang namanya masa bertahan dengan sisa-sisa cinta.  Hingga berakhirnya suatu hubungan memungkinkan untuk terjadi dan pasti menyisakan banyak tanda tanya. Kadang kala kita merasa kesal saat pasangan nggak tahu dan gak peka juga apa yang kita butuhkan, padahal kamu merasa sudah memberikan yang terbaik.

“Menyatukan dua individu yang berbeda bukan perkara gampang, sama sekali bukan.”

Nah, kamu perlu tahu bahwa setiap orang membutuhkan dan menggunakan bahasa yang berbeda untuk mengungkapkan cintanya. Biasanya bahasa cinta ini telah terbentuk sejak kita kecil. Dan faktanya bahasa cinta itu yang membentuk kepribadian kita sebagai manusia, tergantung dari bahasa cinta yang orangtua kita berikan.
Nah, untuk lebih jelasnya lagi, simak lima bahasa cinta menurut konselor pernikahan dan penulis buku best-selling Dr. Gary Chapman ini ; Kata pujian, Waktu, Sentuhan, Hadiah dan Pelayanan.

Katakan cinta setiap hari, kalau nggak terbiasa, biasakan!
Siapa sih yang gak seneng kalau dikasih kata-kata cinta ataupun pujian? Sejaim-jaimnya pasangan kita, dijamin deh pasti kena juga dihatinya. Pas masih pacaran, kamu pasti bakal lebih mudah mengungkapkan perasaan dibanding saat kamu sudah menikah. Nggak tahu sih kenapa bisa begitu, tapi rata-rata pasti begitu. Kalau pasanganmu tipe ini, banjiri dia dengan kata-kata mesra dan jangan pernah bosan memuji, ingatkan dia kalau dia sangat berharga. Sebaliknya, ia gak bisa menerima kritikan atau ejekan darimu.
Contoh kecil, misalnya pasangan kamu sudah masak susah payah tapi rasanya kurang pas, jangan langsung mengucap bahwa masakannya gak enak, tapi pujilah jerih payahnya, dijamin suatu saat masakannya akan enak, karena ia akan memasak dengan penuh cinta atas pujian yang kamu berikan.
Jadikan hal ini komitmen kalian, untuk menyatakan cinta dan kekaguman satu sama lain setiap harinya. Paksakan untuk jadi kebiasaan, namun jangan paksakan pujian atau ungkapan kasih yang kamu berikan. Pastikan datangnya dari hati yaa..

Waktu eksklusif berdua, jangan sampai dilewatkan.
Membagi waktu di mana hanya ada kamu dan pasangan, dan hanya membahas tentang kamu dan dia serta hidup masing-masing saat nggak sedang bersama-sama harus selalu diagendakan. Terkadang karena kesibukan masing-masing kita jadi terlihat cuek, padahal mungkin saja kamu ataupun pasanganmu adalah tipe yang butuh bahasa kasih ‘waktu’. Jangan berpikir tinggal serumah sama dengan waktu eksklusif berdua.
Nggak perlu repot-repot makan direstoran mewah ataupun membelikan hadiah mahal untuk orang dengan bahasa kasih ini. Cukup luangkan waktu bersama pasangan tanpa gangguan seperti notifikasi smartphone atau pekerjaan yang kamu bawa dari kantor.

Ekspresikan cintamu dengan perbuatan.
Entah itu ciuman di kening, bergandengan tangan, pelukan hangat atau sekadar usapan rambut, pastikan pasangan kamu merasakan ke-’manusia’-an kamu. Orang-orang yang menggunakan bahasa ini sangat menikmati sentuhan yang mesra.  Apalagi ketika mereka sedang mengalami hari yang buruk. Kehadiran dan sentuhanmu bisa menjadi sangat berharga di mata pasanganmu. Bahasa kasih berupa sentuhan juga bakal membuat pasangan kamu merasa lebih aman dan percaya diri, karena tahu dirinya dicintai.

Kejutan, selalu berhasil untuk membuat pasangan merasa spesial.
Pujian dan kata-kata aja nggak cukup untuk penyandang bahasa kasih satu ini. Membuat pasangan merasa spesial dengan tindakan yang nggak diduganya bakal bikin hubungan kalian semakin manis.  Tenang, kamu gak perlu membelikan hadiah mahal, kok. Pasanganmu sudah senang ketika kamu membawakan seikat bunga mawar misalnya. Dia akan kan sangat menghargai usaha dan perhatianmu ketika kamu membawakan hadiah. Pastikan juga kamu gak lupa tanggal ulang tahun atau hari jadi kalian, ya.

Tunjukkan kepedulian pada kegiatan-kegiatannya.
Poin ini lebih identik dengan service atau pelayanan. Biasanya nih yang susah buat mengungkapkan cintanya akan berbicara dengan bahasa ini. Gak cukup dengan hanya menanyakan tentang kabar atau kegiatan yang dilakukan pasanganmu, tapi kamu juga harus ikut dalam bagian kegiatan hidupnya. Contoh, kamu mengantarkannya ke kantor, menyiapkan pakaiannya, membawakan belanjaannya , membuatkan kopi, ataupun contoh-contoh lain yang bersifat membantu atau melayani. Pokoknya pasanganmu akan sangat senang ketika kamu mau membantu meringankan bebannya.


Yap, Gimana Oneesan? Sudah tahu apa bahasa kasihmu dan pasanganmu? Berbeda itu wajar, kok. Bukan berarti kalian nggak cocok. Kamu hanya harus lebih jeli dalam menilai bahasa kasih apa yang bisa dimengerti oleh pasanganmu. Membesarkan hati memerlukan empati dan melihat dunia ini melalui kacamata pasangan kita. Kadang banyak hubungan yang gak sejalan karena nggak tahu bahasa kasih apa yang dimengerti oleh pasangan kita. Percuma saja kalau kamu memberikan hadiah berlimpah pada pasanganmu padahal bahasa kasih yang dia butuhkan adalah ‘waktu’.
Perlu diingat, nggak semua orang memiliki bahasa kasih yang sama, jadi tempatkanlah sesuatu pada tempatnya, cintai pasangamu dengan bahasa kasih yang ia butuhkan. Jangan sampai membuat pasanganmu jadi merasa gak dicintai.


Selamat menerjemahkan cinta!


Nah supaya hubungan kamu makin romantis, bisa juga sesekali menggunakan pakaian couple lho. Gak hanya romantis, kamu juga kelihatan kompak. Kamu bisa cek koleksi pakaian couple yang lucu-lucu hanya di www.gatsuone.com

dan kamu bisa juga ikutan EXPLORE INDONESIA CHALLENGE dan dapatkan hadiah special Action Cam 12 MP untuk mengabadikan moment bahagia kamu. Let's Join now! Selengkapnya kamu bisa cek di >> SINI




Noted :
Tulisan ini hanyalah salah satu bahan pertimbangan di luar konteks agama mana pun.

Sumber foto : google



You Might Also Like

2 komentar

  1. Ulalaaaa....Sepertinya aku butuh kata pujian..Bukan mau dipuji yang lebay juga sih..cukup dengan sedikit kata aja udah bikin meleleh Oalah dramanya hidupku...Kalau si Doi kira kira apa yah? Ok ni info nya thanks GatsuOne love.. you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Princess.

      Hidup itu bukan drama, tapi bagian dari ekspresi diri. Dan merupakan bagian dari karakter kamu. So, be your self ya. Heemm..bisa nih dicari tahu kira-kira apa bahasa kasih pasanganmu. Jangan lupa untuk terus update informasi menarik lainnya dari GatsuOneがつおね

      Hapus

Like us on Facebook