Kesalahan Yang Biasa Terjadi Ketika Berkegiatan Outdoor

12.01.00


Liburan akhirnya telah usai buat sebagian orang. Kamu libur lebaran ke mana aja nih Oneesan? Silaturahmi bersama keluarga tentunya menjadi suatu momen liburan terbaikmu ya. Walaupun sudah banyak yang memulai kembali rutinitas seperti biasa tapi ternyata banyak juga lho yang masih menikmati waktu liburan bersama keluarga, teman atau sahabat. Saat libur lebaran kayak gini biasanya tempat rekreasi menjadi tujuan utama selain silaturahmi ke rumah saudara. Yang paling ramai biasanya tempat wisata outdoor yang dekat dengan alam, salah satu yang menjadi destinasi utama adalah pantai. Bermain di pantai memang menyenangkan, tapi kamu tentunya harus menjaga tubuhmu dari teriknya sinar matahari. Tapi terkadang hal itu sering dilupakan. Inilah kesalahan-kesalahan yang biasa kamu lakukan ketika liburan outdoor.

Merasa Aman Setelah Pakai Sunscreen Dengan SPF Tinggi
SPF atau sun protective factor berfungsi sebagai sunscreen yang bisa menjaga kulitmu dari paparan sinar matahari. Lotion yang mengandung SPF memang bisa melindungi kulitmu namun sesuai dengan kadar SPF yang ada di dalamnya. Misalnya kulitmu secara normal akan terbakar akibat pancaran sinar matahari jika kamu berada di outdoor selama 20 menit, lotion dengan kandungan SPF 15 bisa menghambat hal itu 15 kali dari waktu normal tersebut. Maka lotion dengan kandungan SPF 15 dapat melindungi kulitmu selama 300 menit atau 6 jam. Namun ternyata hal tersebut bukan jaminan bahwa indera perabamu bisa terhindar dari segala macam bahaya paparan sinar matahari. Karena menurut Skin Cancer Foundation Amerika formula itu seiring waktu akan hilang dan harus diaplikasikan kembali ke kulitmu setelah 2 jam kamu berkegiatan di luar ruangan. Banyak orang yang sudah merasa aman ketika bermain di pantai yang terik dengan dibalut lotion berSPF tinggi. Padahal hal itu ternyata nggak selamanya bisa aman karena harus dipakai ulang dalam kurun jam tertentu.

T-shirt Tidak Cukup Menutupi Tubuh
Bermain di pantai memang paling nyaman pakai kaus tipis dengan bahan yang menyerap keringat. Banyak orang berpikir dengan memakai kaus sudah cukup menutupi sebagian tubuh dan melindungi dari pancaran sinar matahari langsung. Padahal cahaya matahari bisa menembus kausmu lho. Menurut pakar kesehatan kulit, dianjurkan untuk menggunakan kaus yang sedikit tebal, tapi bukan berarti harus pakai yang bisa bikin kamu super kegerahan ya Oneesan.

Tidak Menggunakan Sunscreen Yang Cukup
Sebenarnya kalau kita mau berkegiatan di luar rumah yang terkena paparan sinar matahari yang cukup terik seharusnya kita menggunakan lotion atau sunscreen sebanyak satu botol. Masa sih? Ternyata kalau kita mau menutupi seluruh tubuh dengan sunscreen secara benar, bisa jadi akan habis satu botol. Nah yang biasanya dilakukan justru satu botol itu bisa sangat lama terpakai sampai berkali-kali. Jadi sebenarnya penggunaan sunscreen yang sangat sedikit tidak akan melindungi kulitmu secara optimal.

Melupakan Perlindungan Pada Bibir
Inilah yang sangat sering dilupakan oleh banyak orang. Mereka akan lebih fokus kepada perlindungan kulit tubuhnya namun melupakan kesehatan bibir mereka. Padahal bibir juga perlu dilindungi dengan sunscreen lho. Jadi ketika selesai bermain di pantai memang kulit mereka akan cukup terlindungi namun paparan cahaya matahari akan memberikan dampak kurang baik pada bibir mereka. Maka sebaiknya gunakan lipbalm dengan SPF yang tinggi dan pakai ulang kembali ketika sudah lama berkegiatan.

Terlambat Memakai Sunscreen
Di setiap lotion pelindung kulit biasanya terpampang instruksi pemakaian yang benar, yaitu aplikasikan lotion di kulit sekitar 15 sampai 30 menit sebelum berkegiatan outdoor. Namun terkadang hal tersebut nggak terlalu diperhatikan. Banyak orang yang pakai sunscreen hanya sesaat sebelum ke luar rumah, it means sunscreen nggak akan bekerja secara optimal karena butuh waktu beberapa menit untuk bereaksi pada kulit. Jadi kalau kamu mau kulitmu tetap oke setelah bermain di pantai, pakailah lotion 30 menit sebelum berkegiatan, seperti yang sudah dianjurkan di tiap-tiap kemasan lotion yang kamu beli.

Itulah hal-hal yang bisa menjadi kesalahan ketika kamu akan berlibur di bawah teriknya sinar matahari. Jadi sekarang sudah tahu deh harus bagaimana sebelum berlibur agar kesehatand dan keindahan kulitmu tetap terjaga dengan baik. Untuk semakin mempercantik penampilanmu saat liburan, yuk cek koleksi GatsuOne がつおね di www.gatsuone.com dan follow juga Instagramnya @gatsuone. Karena ada promo yang menarik banget nih buat kamu. Setiap pembelanjaan sebesar IDR 100.000 kamu akan mendapatkan aksesoris cantik secara gratis, dan yang lebih istimewanya lagi promo ini berlaku kelipatan lho! Yuk belanja sebanyak-banyaknya dan dapatkan aksesoris cantiknya sesuai pilihan kamu!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook