Kebiasaan Yang Membuat Kamu Terlihat Tidak Profesional

15.53.00


Dunia kerja adalah dunia yang penuh dengan kejutan, apalagi untuk lulusan baru yang belum punya pengalaman bekerja sebelumnya. Kalau dulu kuliahnya nggak serius, jangan sampai kenggak-seriusan itu dibawa-bawa ke fase kerja yang baru mau kamu mulai ya. Dunia perkuliahan mungkin masih bisa sambil main-main, tapi kalau udah masuk ke profesional kerja tentu kamu nggak bisa dong masih punya sifat main-main yang kamu punya pas kuliah. Bukan berarti kamu harus selalu serius pas kerja, kamu harus tetap bisa membagi waktu dan situasi dengan tepat. Work hard, play hard. Jangan lakuin kebiasaan-kebiasaan  ini ya Oneesan, karena hal-hal ini bisa bikin kamu terlihat jadi nggak profesional di mata rekan kerja dan si bos. Yuk disimak baik-baik ya.

Sering Telat
Terkenal di kantor bisa jadi keuntungan buat kamu, tapi kalau terkenalnya karena hal negatif sih nggak banget ya, misalnya karena sering telat datang ke kantor. Jangan pernah jadiin terlambat sebagai kebiasaan kamu. Apalagi kalau alasannya adalah macet, yang ada kamu nanti diketawain. Sekarang ini macet udah bukan alasan lagi, karena di mana-mana pasti macet. Kalau udah tahu macet ya datanglah lebih pagi supaya nggak terjebak kemacetan itu. Biasakan datang tepat waktu ya, selain untuk menghargai rekan kerja kamu tentu untuk menghargai diri kamu sendiri.

Salah Kostum
First impression itu penting banget lho, tapi bukan berarti impresi-impresi selanjutnya nggak penting ya. Jadi penampilan kamu harus selalu oke kalau ke kantor atau ketemu klien di luar kantor. Sesuaikan pakaian kamu dengan acara, waktu dan tempat yang kamu datangi, jangan sampe salah kostum. Kalau kamu sering salah dalam berpakaian, bisa bikin kamu terkesan nggak profesional lho. Makanya jaga penampilan kamu karena hal itu memang penting banget.

Nggak Fokus
Hari gini kayaknya hampir semua orang punya social media deh. Terkadang hal tersebut bisa bikin kita terhanyut sama nikmatnya internet surfing dan main social media. Sampai ada istilah “autis” buat orang-orang yang selalu menunduk dan terpaku sama smartphonenya. Jangan sampe kalau di kantor keganggu sama suara notifikasi media sosial dari handphone kamu. Prioritaskan pekerjaan dan lebih baik kurang-kurangin deh main social media saat jam kerja. Apalagi pas meeting, jangan sampe kamu kelihatan nggak fokus ke pembicaraan dan malah lebih fokus internetan di bawah meja. Nggak banget deh!

Terus Bicara Jarang Mendengar
Kamu boleh jadi orang yang banyak bicara tapi jangan sampai apapun yang keluar dari mulut kamu itu nggak berisi, alias tong kosong nyaring bunyinya. Terkadang banyak orang yang mau menunjukkan kemampuan berbicaranya dengan segala pengetahuan yang dimilikinya tapi bukan berarti harus terus berbicara dan nggak pernah mendengar orang lain dong? Kamu tentu perlu juga belajar dari pengalaman dan pengetahuan orang lain. Terlebih ketika di kantor, saat kamu mendengarkan dengan cermat pembicaraan rekan kerja atau atasan kamu tentu akan membuat mereka merasa dihargai dan akan menunjukan bahwa kamu adalah orang yang profesional.

Nggak Mau Menerima dan Memberi Kritik
Setiap orang nggak mungkin memiliki kesempurnaan. Di dunia kerja tentu kamu bisa melakukan kesalahan. Jadi diberikan kritikan adalah hal yang sangat wajar di lingkungan kerja. Hal itu bisa datang dari rekan kerja atau atasan kamu. Ketika diberikan kritikan kamu harus bisa menerimanya, karena kalau yang nggak mau menerima kritikan kerja tentu justru menunjukkan sikap yang nggak profesional. Makanya kalau kamu dapet kritikan harus bisa diterima dengan lapang dada ya. Selain harus menerima kritikan, kamu juga harus bisa memberikan kritikan kepada rekan kerja. Jadi kamu harus pintar-pintar membagi antara hubungan pertemanan dan profesional kerja.

Itulah kebiasaan-kebiasaan yang bisa bikin kamu terlihat nggak profesional di dunia kerja. Kalau kamu sering melakukan hal-hal di atas, yuk ubah kebiasaan itu dan jadilah pribadi yang lebih baik. Nah supaya kamu nggak salah kostum, yuk cek www.gatsuone.com dan dapatkan kostum kerja favoritmu sesuai dengan acara yang kamu datangi. Jangan lupa juga follow Instagram @gatsuone. Semangat bekerja, Oneesan!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook