Gaji Cepat Habis? Ini Cara Menabung Yang Efektif

13.02.00



Bulan puasa memang bulan yang penuh berkah buat kebanyakan orang, salah satunya adalah ketika para pekerja mendapatkan Tunjangan Hari Raya atau THR. Tunjangan berupa uang tersebut tentu berguna banget buat semua orang misalnya buat bagi-bagi rejeki ke keluarga ataupun hanya untuk menyenangkan diri sendiri. Ketika lebaran tiba memang kayaknya jadi waktu yang sangat pas untuk dapetin THR, secara kebutuhan lebaran kan banyak banget ya. Alhasil uang THR itu pun ludes juga. Biasanya yang ditakutin orang ketika abis lebaran adalah kehabisan uang. Ya memang itu kayaknya jadi penyakit buat sebagian orang karena terlalu menghabiskan uang yang ada tanpa berpikir panjang. Nah, untuk mengantisipasi kanker alias kantong kering alias bokek salah satunya adalah menabung dan mengatur keuangan dengan baik. Ini dia cara-cara menabung yang efektif supaya kita nggak pusing setelah lebaran, yang tentunya bisa membuat keuangan kita stabil dan terselamatkan.

Rekening Khusus
Hari gini sih kayaknya udah jarang ya yang simpan uang di bawah bantal, iya nggak Oneesan? Ya walaupun mungkin masih ada sih yang pakai cara tradisional kayak gitu tapi pasti sedikit banget. Jaman sekarang hampir semua orang pasti punya rekening di bank, mulai dari bank daerah atau provinsi, bank nasional sampai bank internasional. Sebenarnya punya tabungan di bank itu positif banget efeknya, karena dengan begitu kita cenderung nggak terlalu banyak pegang uang cash jadi paling nggak bisa mengurangi daya belanja kita. Lebih bagus lagi kalau kamu punya rekening yang berbeda untuk pengeluaran sehari-hari dan tabungan. Jadi, satu tabungan untuk pengeluaran sehari-hari yang sudah kamu sisihkan nominalnya sesuai dengan perhitungamu. Dan satu rekening lagi khusu untuk tabungan kamu yang nggak boleh diusik. Usahakan buat tabungan di bank yang atm nya jarang ditemui jadi kecenderungan untuk mengambil uang di tabungan akan semakin kecil.

Konsisten
Dalam menabung yang terpenting adalah konsistensi. Kamu harus punya tekad untuk selalu mengalokasikan pendapatanmu tiap bulan untuk ditabung di rekening khusus tabungan yang jumlahnya selalu konsisten atau bahkan progresif. Jadi jangan nabung pakai uang sisa setelah kamu berbelanja. Justru kamu harus menabung tepat sesaat setelah kamu memperoleh gaji atau pendapatan setiap bulannya. Setelah menabung baru deh kamu boleh menggunakan uang gajimu untuk hal-hal yang lain. Kalau kamu menabung dari uang sisa, dijamin deh target tabungan kamu pasti akan susah banget buat tercapai. So, kalo gajian langsung transfer ke rekening khusus tabungan ya!

No Credit Card
Punya kartu kredit memang kesannya menyenangkan, yang nggak enak adalah ketika harus bayar cicilan. Kalau kamu nggak perlu-perlu banget kartu kredit lebih baik nggak usah bikin deh. Dengan punya kartu kredit maka kamu akan merasa mudah untuk membeli segala sesuatunya yang akhirnya bikin kamu boros dan pengeluaran menjadi membengkak. Lebih baik menabung untuk membeli sesuatu daripada beli sesuatu dicicil kemudian, setuju?

Target
Hal yang cukup penting juga dalam menabung adalah punya target. Di saat punya target kamu tentu akan lebih termotivasi untuk mendapatkan hal tersebut. Dengan begitu kamu pun akan lebih bersemangat lagi untuk menabung. Tapi target itu pun harus bisa kamu tentukan waktunya. Jangan beli barang dalam bulan yang sama, belilah secara bergiliran. Jadi targetkan satu macam barang saja untuk kamu punyai dalam setiap bulannya. Dengan begitu keuanganmu pun akan lebih stabil dan terjaga.

Jangan Pinjam Uang
Ketika kamu menginginkan suatu hal lebih baik tunggu sampai kamu mampu mendapatkannya. Jangan memaksakan diri untuk meminjam uang demi memenuhi hasrat belanjamu, kecuali memang sudah sangat urgent. Karena kalau sekali kamu meminjam uang maka bisa jadi kebiasaan. Dan kalau udah jadi kebiasaan tentunya butuh usaha yang keras untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. Dengan kamu sering meminjam uang maka budget untuk menabung pun akan semakin sedikit. Sampai akhirnya kamu susah banget buat mencapai target.

Simpan Koin
Jangan anggap remeh koin-koin yang kamu temukan di tas atau saku celanamu. Siapkan satu buah celengan untuk menyimpan uang recehan tersebut. Daripada uang itu hilang tanpa jejak karena kamu anggap nggak berharga, lebih baik simpan di dalam celengan yang bisa bermanfaat di kemudian hari. Terkadang kita memang suka nggak menghiraukan uang koin pecahan 100, 200, 500 dan 1000. Padahal kalau kamu simpan koin-koin itu tentunya nggak akan merugikan kamu melainkan menguntungkan. Ya walaupun memang mungkin butuh waktu yang lama untuk mengumpulkan sampai jumlah uangnya banyak, tapi ya namanya juga iseng-iseng berhadiah, jangan ditunggu dan dijadiin beban. Yuk coba cari uang koin di sudut-sudut kamarmu, siapa tau bisa jadi berkah di kemudian hari.

Yuk coba praktekan 6 cara di atas mulai akhir bulan ini. Hasil tentu nggak akan mengkhianati prosesnya. Ingatlah peribahasa, “berakit-rakit dahulu berenang-renang ketepian”. Berusahalah bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Salah satu cara bersenang-senang adalah dengan berbelanja, betul dong? Untuk memenuhi hasrat belanjamu yuk cek koleksi fashion Jepang terkini hanya di www.gatsuone.com dan follow Instagram @gatsuone supaya kamu nggak ketinggalan update terbaru!

You Might Also Like

2 komentar

  1. wah thanks banget nih artikelnya sangat membantu buat referensi saya..
    Nah ini saya pengin sharing artikel yang membantu mengubah hidup saya juga, silahkan di baca dan resapi :
    Menabung di peer to peer lending

    BalasHapus

Like us on Facebook