Kesalahan Keuangan Yang Bisa Sebabkan Masa Sulit Di Hari Tua

10.51.00


Bekerja di sebuah perusahaan adalah salah satu cara mainstream untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah, dollar, euro, poundsterling atau mata uang lainnya. Tapi kalau yang nggak suka diperintah dan punya jiwa leadership yang tinggi biasanya akan lebih cenderung membuat perusahaan sendiri, yaitu menjadi seorang entrepreneur. Ya apapun caranya, sebaiknya kamu bisa mengatur keuanganmu dengan sebaik-baiknya. Karena kalau nggak, masa tua kamu bisa-bisa nggak terselamatkan lho. Jadi kalau kamu mau masa tua kamu nanti bahagia menikmati hidup dari hasil kerja di masa muda, yuk hindari hal-hal berikut ini yang bisa membuatmu kesulitan ketika tua nanti.

NO Tabungan Pensiun?
Nggak semua pekerjaan itu bisa memberikan dana pensiun untuk karyawannya. Paling yang bekerja di pemerintahan atau perusahaan BUMN yang bisa dapetin dana pensiunan. Kalau kamu bekerjanya di perusahaan non BUMN kemungkinan besar sih nggak akan dapet dana pensiun. Tapi sekalipun kamu dapet uang pensiunan nantinya, sebaiknya kamu harus punya tabungan untuk masa tua kamu. Kamu nggak mau dong bahagia di masa muda tapi sulit ketika tua? Jangan sampe kayak gitu ya. Jadi kamu harus selalu sisihkan sebagian gaji atau pendapatanmu di satu rekening tabungan yang nggak boleh kamu utak atik. Nggak harus banyak banget kok, paling nggak 30% dari gaji kamu deh kamu tabung di rekening tersebut setiap bulannya. Toh kamu masih punya 70% sisa gaji untuk membayar cicilan, kebutuhan bulanan, hiburan dan yang pasti jangan pernah lupa untuk selalu kasih ke orang tua. Dengan sistem ini, kamu bisa menikmati hidupmu di 20 sampai 30 tahun yang akan datang. Jadi kamu penting banget buat punya tabungan untuk hari tua.

Sepelekan Tagihan?
Membeli barang dengan sistem kredit atau cicilan nggak ada salahnya. Yang salah itu kalau kamu mengulur-ngulur waktu sampai melebihi batas tempo cicilannya. Ketika kamu terlambat membayar cicilan kan pasti ada konsekuensinya yaitu denda yang harus dibayar. Semakin lama kamu terlambat membayar dari waktu yang ditentukan maka semakin besar pula denda yang harus kamu bayar. Nah kalau kamu terus-terusan menyepelekan tagihan tiap bulannya, kebayang dong betapa besarnya denda yang harus terus-terusan kamu bayar. Jadi uang yang seharusnya bisa kamu tabung malah terbuang sia-sia karena sifat kamu yang suka sepelekan tagihan. Selain itu, nama baik kamu pun akan tercoreng di sistem BI checking yang bisa membatmu sulit melakukan kredit lagi. So, jangan pernah sepelekan tagihan karena itu bisa membuahkan masalah di masa tua nanti.

Hedonisme
Terkadang ketika kamu baru mulai bekerja dan memiliki pendapatan, biasanya yang suka menjadi ‘penyakit’ adalah hedonisme yang artinya adalah pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam hidup. Uang kamu biasanya habis cuma ke perut sama ke penampilan. Dikit-dikit jajanlah, makan di luarlah, makan di restoran mahal. Apalagi di era social media ini, kalau nggak update di tempat yang lagi happening tuh kayaknya nggak gaul banget. Alhasil uang tuh habis buat ke perut yang akhirnya cuma jadi kotoran yang terbuang. Rasanya uang tuh bisa nggak laku besok jadi harus cepat-cepat dihabisin. Sebenarnya nggak ada salahnya kok kalau mau membuat perut kamu senang dan bahagia tapi harus sesuai budget juga. Kamu boleh makan di restoran mahal, tapi ya sebaiknya sih dijadwalin dan nggak terlalu sering supaya dompet kamu tetap aman, seaman dan senyaman masa tua kamu nanti.

Karir Panjang?
Kadang kalau udah jadi pegawai tetap di suatu perusahaan atau udah punya usaha yang stabil dan progresif, manusia itu suka mudah puas yang bisa memunculkan pikiran bahwa perjalanan karirnya masih panjang. Padahal roda itu berputar, benar dong? Bisa jadi sekarang kamu sedang berada di puncak karir tapi tiba-tiba besok kamu jatuh di lubang yang dalam, kita nggak ada yang tahu. Karena kamu terlalu puas dengan masa emasmu, kamu melupakan masa tuamu. Jadinya kamu selalu menghambur-hamburkan uang yang kamu miliki sekarang karena merasa hidup dan karir masih panjang. Mending buang jauh-jauh deh perasaan kayak gitu supaya hidupmu bahagia ketika muda maupun tua nanti.

Nggak ada salahnya menikmati hidup ketika muda, tapi jangan sampe kamu nggak bisa bahagia ketika tua. Jadi kamu harus banget pinter-pinter mengatur keuanganmu sedemikian rupa. Bukan berarti kamu harus jadi orang yang terlalu pelit untuk dirimu dan orang-orang di sekitarmu lho, yang penting manajemen keuangannya yang harus bagus. Nah supaya dompet dan penampilan kamu tetap aman, coba deh cek www.gatsuone.com dan follow Instagram @gatsuone. Dijamin deh bisa bikin kamu makin kece dan fashionable tapi tetap bisa membuat dompetmu tersenyum. Apalagi ditambah bonus aksesoris cantik yang bisa kamu dapatkan dengan GRATIS! Yuk nikmati masa muda dan tuamu bersama GatsuOne がつおね. Selamat berbelanja hemat Oneesan! 

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook