Hujan, Enaknya Ngapain Ya?

15.25.00

Hujan adalah proses kondensasi uap air di atmosfer menjadi butir air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan. Seringkali hujan digambarkan berbentuk lonjong lebar di bawah dan menciut, padahal sebenarnya bentuk air hujan adalah kecil dan hampir bulat. Sedangkan air hujan yang besar berbentuk seperti terjung payung yang kecepatannya lebih besar pula jika dibandingkan dengan hujan kecil. Kalau hujan turun biasanya memunculkan bau khas yang dianggap wangi yang menyenangkan bagi sebagian orang. Bau khas hujan ini berasal dari petrichor yaitu minyak atsiri yang bersumber dari tumbuhan yang kemudian diserap oleh batuan dan tanah yang akhirnya dilepas ke udara saat hujan tiba. Nah kalau hujan udah tiba nih biasanya ada yang menarik-narik tubuh manusia jadi males ngapa-ngapain, alias mager. Tapi ternyata hal-hal ini menyenangkan banget untuk dilakukan ketika hujan turun.

Tidur
Ini sih emang nggak ada duanya ya. Tidur pas lagi hujan itu bagaikan surga dunia. Udara dingin alami yang dihasilkan oleh hujan layaknya hipnotis yang bisa bikin tidurmu jadi lelap banget. Kasur, bantal dan selimut yang dingin pasti bikin kamu nggak mau beranjak dari tempat tidur. Mau pagi, siang, sore ataupun malem, tidur ditemani hujan adalah nikmat Tuhan yang nggak mungkin bisa kamu dustakan deh!

Makan
Ada nggak ya orang di dunia ini yang nggak suka makan? Kayaknya hidupnya rugi banget kalau nggak mau menikmati segala hal yang enak-enak. Apalagi pas lagi hujan, pasti bawaannya laper terus deh. Dan yang paling dewa banget nikmatnya adalah makan-makanan yang anget-anget dan berkuah. Wuih mantap banget! Mie rebus pakai telor setengah mateng plus cabe rawit iris emang bener-bener teman terbaik ketika hujan dan nggak punya makanan di rumah, kalaupun ada makanan lain kayaknya tetep deh mie rebus yang paling nampol. Tapi jangan sering-sering makan mie instan ya karena nggak bagus juga kalau dikonsumsi secara terus-menerus. Coba deh makan makanan alternatif lain misalnya jagung rebus atau pisang goreng hangat. Dijamin deh nggak kalah nikmat!

Dengerin Musik
Lagi galau di kamar terus tiba-tiba hujan, kayaknya semesta mendukung banget ya buat menikmati kegalauan. Lebih sempurna lagi kalau sambil dengerin lagu-lagu yang sendu dan sesuai dengan kegalauan yang sedang dialami. Biasanya sih kalau udah kayak gini ujung-ujungnya nangis. Tapi ya itu sih wajar, namanya juga manusia merasakan kesedihan sih biasa. Tapi kamu harus punya deadline untuk melupakan kegalauan itu dan kembali ceria. Mau sampai kapan sedih terus kayak gini?

Ngopi/Ngeteh
Ini juga nggak kalah nikmatnya kalau dilakukan ketika hujan, yaitu ngopi/ngeteh sambil ditemenin kue bolu yang baru mateng. Sadis deh! Bahagia itu memang bisa datang dari mana aja ya, termasuk dari hal-hal sesederhana ngopi dan ngeteh ditemani bolu hangat dan rintik hujan di luar jendela. Lebih menyenangkan lagi kalau ada si dia yang menemani sambil melihat rintik hujan turun ke tanah. Terbaik!

Baca Buku
Baca buku memang bisa dilakukan kapan dan di mana aja. Tapi baca buku sambil selimutan di kamar dan dengerin suara hujan itu indahnya luar biasa. Kalau hujan turun, kayaknya otak kita lebih konsentrasi untuk menyerap isi buku yang dibaca. Apalagi kalau bukunya menceritakan hal-hal yang menyedihkan dan mengharukan. Pasti deh nggak jarang orang yang menitikkan air matanya hanya karena terhanyut dalam kisah dalam buku yang dibaca.

Nulis
Selain baca buku, suasana hujan pun bisa menghipnotis kreatifitas manusia untuk berkreasi. Nulis apapun ketika hujan memang bikin hati dan pikiran tenang, alhasil kita bisa lebih produktif ketika hujan turun. Dan karena suasananya mendukung banget, tentunya tulisan kita pun akan terasa lebih hidup dan bernyawa karena benar-benar fokus dan konsentrasi ketika mengeluarkan seluruh hati dan pikiran kita dalam rangkaian kata-kata. Setuju?

Nonton Drama
Ini sih yang biasanya dilakuin sama cewek-cewek penggemar cerita cinta klise tapi dikemas dengan cerita yang menarik. Sebenarnya kan cerita cinta dalam drama itu intinya sama aja, tapi yang bikin menarik untuk ditonton adalah konsep mereka yang variatif dan nggak monoton. Apalagi kalau ditonton ketika hujan turun, itu rasanya kayak kita yang jadi pemeran utamanya saking terhanyutnya dalam cerita drama itu. Sambil ditemenin cemilan, kayaknya kamu nggak akan mau beranjak dari depan tv deh.

7 hal di atas memang paling mantap dilakuin ketika hujan tiba. Suara dan suasana yang dihasilkan hujan kayaknya nggak akan pernah ada yang nolak deh, sendu tapi menenangkan banget. Oiya satu lagi nih yang paling enak dilakuin pas hujan adalah online shopping! Secara kan kalau hujan pasti mager banget buat keluar rumah, mending belanja online aja. Coba deh cek www.gatsuone.com di situ banyak banget lho fashion item yang bisa jadi koleksi favorit kamu. Yuk klik websitenya sekarang! Selamat belanja sembari menikmati hujan!

You Might Also Like

8 komentar

Like us on Facebook