Yuk Bikin Udon, Mie Lezat Khas Jepang

11.30.00

Hi Oneesan, selamat hari Selasa! Bingung mau makan apa siang ini? Yuk cobain mie lezat khas Jepang yang terkenal banget ini, udon. Kamu pasti udah tau dong udon adalah salah satu jenis mie yang berasal dari Jepang yang terbuat dari tepung terigu dan bentuknya agak tebal dan lebar. Menurut standar yang digunakan di Jepang, udon yang berbentuk bulan harus memiliki diameter di atas 1,7 mm, sedangkan untuk udon yang berbentuk pipih harus memiliki lebar di atas 1,7 mm. Di negara asalnya, udon adalah makanan masyarakat kecil yang berharga murah dan banyak dimakan sebagai pengganti nasi. Makanan sejenis mie ini biasa dimakan secara bersama-sama ketika ada sebuah perayaan.
Walaupun hampir sama, kuah udon yang disajikan ternyata berbeda, tergantung dari tiap-tiap daerahnya. Misalnya di daerah Kanto, kuah yang dibuat berwarna gelap dan terasa lebih asin. Sedangkan di daerah Kansai, kuah dibuat hampir bening dan nggak asin. Jenis-jenis udon pun beragam, ada udon tebal yang disebut futo udon, udon tipis yang disebut hoso udon dan udon kecil-kecil yang disebut himokawa udon.
Berdasarkan cara pembuatannya, udon dibagi menjadi 3 yaitu teuchi, kikaiuchi dan tenobe. Teuchi adalah udon yang dibuat dengan tangan. Cara membuatnya yaitu dengan menggilas tipis adonan udon, kemudian dipotong secara manual menggunakan pisau. Kikaiuchi adalah udon yang dibuat di pabrik dengan mesin otomatis sehingga harganya lebih murah dibanding tang dibuat dengan tangan. Yang terakhir adalah tenobe yaitu udon yang dilebarkan dengan tangan yaitu dengan cara menarik-narik adonan yang dilipat berkali-kali dengan menggunakan sumpit. Udon jenis ini sudah cukup langka karena sebagian besar udon yang dijual di Jepang adalah produksi pabrik.
Nah untuk menikmati udon yang enak banget ini kamu bisa membuatnya sendiri di rumah lho. GatsuOne がつおね mau kasih resepnya untuk kamu. Yuk disimak Oneesan!
Bahan-bahan:
*500 gram udon basah/segar
*50 gram daun sawi hijau, kemudian potong 3 cm
*3 buah jamur shitake, kemudian potong-potong
*200 gram labu kuning/kobucha, kemudian kukus, potong-potong
*150 gram wortel, kemudian iris serong tipis
*1 butir telur ayam, kemudian kocok lepas 

Bumbu:
*1 sdm minyak sayur
*2 siung bawang putih, kemudian cincang halus
*1/2 cm jahe, kemudian cincang halus
*750 ml air
*500 gram kerang putih, kemudian cuci bersih
*2 sdm kecap manis
*1/2 sendok teh merica bubuk
*1 sendok teh garam
*1 sendok teh  tepung kanji, kemudian larutkan dengan sedikit air 

Cara memasak udon:
*Langkah membuat pertama tumis terlebih dahulu bawang putih dengan jahe hingga mengeluarkan aroma harum 
*Kemudian tuangi air, biarkan hingga air mendidih
*Selanjutnya masukan kerang, biarkan kerang terbuka
*Lalu masukan bumbu dan didihkan,biarkan hingga mengeluarkan aroma bumbu
*Lalu masukan sawi, wortel, labu dan jamur didihkan hingga semua sayuran lunak
*Selanjutnya tuangi telur dan larutan kanju sambil diaduk mengental dan mendidih 
*Kemudian masukan udon dan didihkan kembali, angkat lalu sajikan

 

Jadi deh udon home made ala kamu sendiri. Buat kamu yang suka udon nih boleh banget mencoba resep ini di rumah. Atau bisa juga lho kamu berikan udon buatan kamu ke orang yang kamu sayang. Tapi sebelum kamu bertemu dengan si dia, yuk tampilkan outfit terbaikmu dari GatsuOne がつおね. Cek koleksi terbarunya di www.gatsuone.com dan follow Instagram @gatsuone untuk terus tahu update fashion terbaru! Selamat memasak dan selamat makan siang Oneesan!
 

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook