Tipe LDR Yang Sulit Diperjuangkan

11.58.00


Kayaknya jalanan udah mulai dipenuhi dengan kendaraan yang pada mau mudik ya. Mungkin termasuk kamu juga nih Oneesan? Katanya sih diberitakan kalau puncak arus mudik itu akan terjadi pada hari Sabtu 2 Juli 2016 besok. Tapi ternyata hari ini di jalanan juga udah kelihatan antrean mobil dan bus tujuan kota-kota luar Jakarta. Hal ini ternyata berdampak pada hubungan antara dua anak Adam dan Hawa. Apa sih maksudnya? Pasangan yang tadinya selalu ketemu dan menghabiskan waktu bersama bisa jadi berubah jadi menghadapi long distance relationship alias LDR. Karena mereka pulang ke kampung halaman masing-masing ketika menjelang libur lebaran. Ya walaupun cuma sebentar sih tapi tetap aja lho buat mereka yang lagi baru-barunya pacaran bakalan berasa terpisah banget. Tapi di jaman yang udah modern dan canggihnya teknologi sekarang ini membuat segalanya terasa lebih mudah. Kalau jaman dulu hubungan jarak jauh itu hanya bisa terobati dengan sepucuk surat dari kekasih yang kemudian berkembang jadi telepon dan sms. Sekarang udah lebih gampang lagi karena bisa chatting sampai video call dengan mudah, yang penting didukung sinyal internetnya. Tapi ternyata ada loh tipe LDR yang nggak bisa terselamatkan dengan canggihnya teknologi informasi dan komunikasi. Apakah itu?

LDR Beda Suku
Entah kenapa di zaman yang udah modern banget gini tapi masih berkembang larangan menikah antarsuku tertentu. Banyak keluarga yang masih percaya stereotip kalau suku ini begitu dan suku itu begini. Pasti kamu sering denger kan ada yang bilang kalau orang suku A mah pelit, suku B doyan nikah, suku C pemalas, suku D galaklah dan masih banyak lagi. Nggak jarang juga orangtua yang ngasih wejangan atau titipan untuk cari jodoh orang dari suku ini aja suku itu aja, jangan suku ini jangan suku itu, bener nggak? Terkadang diri kita pribadi sih nggak pernah mikirin hal-hal semacam itu, tapi justru orangtua dan orang-orang terdekat kita lah yang suka masih punya pemikiran kayak gitu. Ya walaupun nggak semua orangtua berpikir kayak gini sih, tapi kita emang nggak bisa pungkiri kalau hal-hal kayak gini tuh masih terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Jadi kalau keluarga kamu masih punya pemikiran kayak gitu, kayaknya bisa jadi kamu dilanda LDR beda suku dengan seseorang pilihan kamu yang mungkin sulit untuk diperjuangkan.

LDR Beda Kasta
Sistem kasta sih kayaknya udah nggak ada ya di Indonesia. Tapi bisa dibilang maksud kasta di sini adalah perbedaan tingkat ekonomi. Ini nih sering terjadi juga di tengah-tengah masyarakat pada umumnya. Banyak pasangan yang nggak direstui karena orangtua salah satu pihak merasa tingkat ekonomi atau kastanya nggak setara sama mereka. kira-kira kenapa orang tua bisa begitu? Bisa jadi karena mereka nggak mau anak mereka hidupnya susah. Bisa juga karena mereka malu dengan kerabat atau teman kalau dapet menantu dan besan yang nggak sesuai sama kalangan mereka. Mereka juga bisa jadi punya pikiran buruk yaitu takut menantunya itu cuma mau harta anaknya dan mereka. Ujung-ujungnya si orangtua cariin jodoh yang menurut mereka kastanya setara deh. Padahal yang namanya kesuksesan bukannya bisa dibangun sama-sama ya sembari membina rumah tangga?

LDR Beda Agama
Mungkin kamu yang lagi baca ini adalah salah satu orang yang sedang menjalani LDR beda agama. Sebenarnya kalau urusan agama sih emang sensitif banget ya, tapi ternyata hal ini tuh emang nyata banget terjadi di lingkungan sekitar kamu. Karena pada dasarnya hampir nggak ada agama yang memperbolehkan umatnya menikah dengan pasangan dari agama lain, ini adalah tipe LDR nomor 2 yang paling sulit diperjuangkan. Banyak orang yang nggak sanggup untuk menghadapi masalah-masalah sehingga akhirnya memutuskan untuk berpisah karena perbedaan agama. Nggak sedikit juga orang yang akhirnya mengalah untuk meninggalkan agamanya dan memilih untuk pindah ke agama pasangannya. Semuanya memang butu keyakinan dan pengorbanan, selain pada hati diri sendiri juga untuk keluarga dan orang-orang terdekat. Kalau yang keluarganya mengutamakan kebebasan sih biasanya santai aja kalau anak, adik atau kakaknya pindah agama, tapi banyak juga yang menghadapi masalah dengan keluarga setelah memilih pindah agama. Makanya hal ini rasanya sulit banget untuk dijalani. Tapi ya namanya juga pilihan hidup, semua orang pasti punya alasan kuat untuk melakukan apapun.

LDR Beda Dunia
Ini adalah LDR nomor 1 yang paling nggak bisa diperjuangkan dan diselamatkan karena ya memang sudah beda dunia. Mungkin kamu juga sedang merasakan hal ini. Ditinggal pacar atau suami/istri pergi kembali ke Yang Maha Kuasa. Hal ini tentu susah banget untuk dijalani hingga akhirnya sulit untuk mencari pengganti. Atau bahkan banyak orang yang memiliki prinsip untuk nggak mau cari pengganti. Seperti B.J Habibie yang ditinggal Ainun, wanita yang sangat dicintainya. Kalau melihat rasa cinta Habibie kayaknya juara banget ya. Yang nggak kalah romantis adalah kisah cinta aktris Widyawati dan aktor Sophan Sophian. Mereka adalah contoh orang-orang yang menjalani LDR beda dunia. Satu-satunya alat komunikasi yang paling ampuh kalau menjalani LDR ini adalah doa. Yuk kirim doa untuk teman, sahabat, pasangan atau keluargamu yang udah mendahului kita kembali ke Yang Maha Kuasa. Semoga kita bertemu lagi di surga nanti, aamiin.

Selamat berjuang ya Oneesan untukmu yang sedang menjalani LDR di atas. Sambil berjuang yuk cek koleksi fashion terbaik di www.gatsuone.com dan follow Instagram @gatsuone karena ada FRIDAY SALE! Dapatkan Lazely 9 – Orange dengan DISKON 70% menjadi hanya IDR 92.940 (harga normal IDR 309.800). Order sekarang HANYA via website www.gatsuone.com dengan kode voucher: LAZELY9, karena kesempatanmu terbatas hanya sampai jam 15.00 WIB. Yuk beli sekarang juga!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook