Hati-Hati! Mitos Tentang Jerawat Ini Nggak Selamanya Benar

09.57.00

Ada jerawat setitik rusak percaya diri sebelanga. Ya itu kayaknya cocok jadi peribahasa yang mencerminkan kegusaran banyak orang ketika wajah mulusnya “dihiasi” oleh si musuh bebuyutan, alias jerawat. Nggak hanya cewek yang pasti rempong banget kalau lagi jerawatan, ternyata cowok pun nggak kalah pusingnya kalau mukanya lagi dihinggapi jerawat. Nah, kalau lagi jerawatan gitu biasanya mereka rela melakukan apa aja, menggunakan produk apa aja dimulai dari yang tradisional sampai yang berbahan kimia, demi menghilangkan si musuh besar itu. Tapi ternyata banyak mitos yang selama ini dipercaya malah nggak selalu benar lho. Yuk perhatikan hal-hal berikut ini.

Sering Cuci Muka
Salah satu cara merawat wajah kita adalah dengan membersihkannya menggunakan facial wash secara rutin setiap habis beraktifitas, terutama ketika berkegiatan di luar rumah. Mitosnya, semakin sering mencuci muka adalah kunci sukses bebas dari jerawat. Tapi ternyata hal itu nggak sepenuhnya benar. Memang dengan mencuci wajah dengan benar dan teliti, wajah kita akan bersih dari kotoran. Tapi kita sebenarnya nggak boleh mencuci wajah lebih dari 2 kali sehari karena hal itu justru bisa bikin permukaan kulit kita menipis dan menghilangkan minyak alami yang dimiliki wajah kita yang sangat berguna dalam menjaga kelembaban wajah. Jadi jangan terlalu sering cuci muka ya, cukup 2 kali sehari aja.

Kulit Berminyak Lebih Gampang Berjerawat?
Ini juga mitos yang sebenarnya nggak terlalu benar. Jenis kulit apapun bisa terserang jerawat kok. Mau yang berminyak, normal sampai yang kering sekalipun bisa berjerawat kalau nggak memerhatikan kebersihan kulit wajahnya. Jerawat itu kan muncul karena pori-pori kulit wajah kita tersumbat yang berkombinasi dengan bakteri dan hormon. Jadi nggak bener kalau orang yang jenis kulitnya berminyak akan lebih mudah berjerawat. Selama kulit wajah bersih, jenis kulit apapun aman dari jerawat. Sebaliknya, ketika kulit wajah kotor dan bercambur bakteri serta hormon, pastinya bakal bikin jerawat gampang banget untuk mampir di wajah kamu.

Jerawat Boleh Dipecahkan?
Hush! Itu adalah hal yang betul-betul terlarang! Jangan pernah pencet jerawat kamu, apapun itu bentuk jerawatnya. Terkadang kita memang suka gatel banget buat mencetin jerawat yang ada di wajah, apalagi kalau jerawatnya udah kering atau kelihatan udah mateng. Hmm itu sih rasanya jari udah pengen banget mecahin. Tapi, kamu harus tahan untuk nggak mencetin jerawat itu ya karena kalau kamu lakuin itu malah bisa bikin jaringan kulit wajah kamu jadi iritasi dan justru bakalan perlu waktu lebih lama lagi untuk menyembuhkannya. So, keep calm and wait until it’s gone!

Pasta Gigi Obat Jerawat?
Ini juga mitos tentang jerawat yang salah banget. Ternyata pasta gigi alias odol malah bisa semakin memperburuk jerawat kamu. Kita kan tahu ya pasta gigi itu mengandung flouride, dan ternyata zat tersebut nggak aman lho untuk kulit. Flouride justru bisa menyebabkan alergi pada kulit. Jadi mulai sekarang jangan coba-coba deh oleskan pasta gigi ke jerawat yang lagi mampir di wajah kamu. Pakailah pasta gigi untuk mencerahkan gigimu, bukan untuk mengusir jerawatmu. Lebih baik pakai perawatan untuk mengobati jerawat yang mengandung salicylic acid yang tentunya berguna banget untuk mengembalikan kecantikan kulit kamu.

Hayoooo, kamu pasti pernah percaya atau melakukan hal-hal di atas ya? Sekarang kan kamu udah tahu ya kebenarannya seperti apa, so jangan diikuti lagi ya. Rawatlah kulitmu dari jerawat dengan perawatan yang benar supaya wajahmu tetap bersih dan cantik. Akan lebih cantik lagi kalau kamu menggunakan pakaian yang fashionable. Bingung cari di mana? Buruan deh cek www.gatsuone.com untuk lihat koleksi fashion keren dan up to date. Follow juga Instagram @gatsuone supaya kamu nggak ketinggalan info fashion terkini. Happy shopping!

You Might Also Like

1 komentar

  1. Selalu ngikutin blog GatsuOne, selain info yang diberikan bermanfaat buat aku, ternyata setelah lihat websitenya juga keren keren sampe sampe aku beli productnya. Selain tulisannya yang Kece badai ternyata barangnya juga bagus bagus...Pokoknya ga nyesel berkunjung ke website nya..Thanks GatsuOne :)

    BalasHapus

Like us on Facebook