Pasangan Berubah Setelah Menikah? Ini Penjelasan Ilmiahnya

11.06.00

Kenapa dia sekarang suka uring-uringan ya, padahal dulu dia sabar banget!

Pernahkah kamu bertanya-tanya tentang perubahan pasangan setelah menempuh beberapa tahun hubungan yang serius? Baik kamu yang masih dalam fase pacaran maupun sudah menikah, perbincangan seperti ini nggak pernah luput dari perhatian.

Setelah melewati masa-masa indah pacaran dan bulan madu, baik kamu maupun pasangan tiba-tiba merasa terjebak dalam keadaan karena masing-masing mulai menyadari bahwa ada yang “berubah” dalam hubunganmu.

Si pria merasa nggak bisa mengerti wanita karena merasa kaum perempuan itu “sulit ditebak”, sedangkan wanita menganggap kaum pria itu “membingungkan”. Gara-gara perkara ini, kamu jadi bertanya-tanya, “kenapa dulu aku bisa suka sama ni orang? Ternyata orangnya nyebelin banget!”

Kenapa dia bisa berubah? Ternyata ada penjelasan ilmiah di balik pertanyaanmu ini.

Saat Baru Jatuh Cinta, Semua Hal Jadi Terasa Manis 
Karena Otak Melewati Batas Normalnya
Ketika kamu sedang baru-barunya mendapat cinta, apapun yang ada di dunia ini akan berasa manis dan romantis. Rasanya ingin selalu bersama si dia karena khawatir kalau dia jauh. Perasaan ini ternyata dikendalikan oleh otak.

Ketika seseorang jatuh cinta, otak akan secara otomatis teraktivasi untuk menghasilkan dopamine. Dopamine tersebut berfungsi untuk membuat seseorang menjadi lebih semangat dan termotivasi. Hal ini bahkan bisa seperti drugs! Jadi, seperti sedang kecanduan obat-obat terlarang, otak yang sedang jatuh cinta akan meningkatkan kadar dopamine di dalam otaknya. Karena hal inilah kamu selalu ingin bersama dengan dia, bingung pilih-pilih baju terbaik karena selalu ingin berpenampilan mempesona di hadapan dia.

Sementara dopamine dalam otak meningkat, kadar serotonim akan menurun. Hal ini akan mengakibatkan seseorang yang sedang jatuh cinta justru merasa depresi. Nggak heran kalau orang yang sedang jatuh cinta akan merasa lebih mudah khawatir, cemas, dan gelisah akan hal-hal buruk yang bisa menimpa pasangannya. Coba ingat-ingat lagi, satu hari aja nggak ada kabar kamu bisa cemasnya setengah mati, kan?

Satu hal lagi nih yang terjadi pada otak kita ketika sedang jatuh cinta, yakni lumpuhnya “the social assesment mediator”. Akibat dari lumpuhnya bagian ini, orang yang sedang dimabuk cinta nggak akan bisa berpikir secara objektif. Ia cenderung menolak perkataan negatif yang mengarah pada pasangannya. Pokoknya nggak terima segala bentuk judgement yang tertuju pada hubunganmu. Nggak heran kalau banyak nasihat dari orang tua, sahabat dan orang-orang terdekat yang nggak setuju sama hubungan kalian akan kamu abaikan gitu aja.

Nah, itulah yang terjadi pada otak kita ketika sedang baru jatuh cinta. Semua keadaan otak yang tadinya normal jadi nggak normal karena kadar dopamine, serotonim, dan social assesment mediator berubah.

Setelah Hubungan Sudah Jauh Dilewati,
Otak Akan Kembali Dalam Kadar Normalnya
Setelah melewati masa-masa lucu, sweet, dan agak nggak waras XD, tibalah kamu dan dia untuk memasukki hubungan serius pernikahan. Setelah melewati hari demi hari, hingga tahun-tahun berlalu otak akan kembali pada kondisi normalnya.

Nggak ada rasa deg-degan lagi saat kamu bersama dengan dia. Hal itu dikarenakan dopamine sudah  mulai berkurang, serotonim mulai meningkat dan perasaan khawatir pun nggak se-obsesif dulu. Karena keadaan ini, kamu mulai bisa melihat segala hal secara objektif.

Inilah yang menjadi penyebab utama ada anggapan kalau dia “berubah” setelah menjalani hubungan yang cukup lama. Padahal yang mengalami perubahan adalah otak kita sendiri. Jadi jelas sekarang bahwa perubahan itu ada bukan karena ia ingin berubah, namun karena kerja otak yang secara alamiah mengalami perubahan-perubahan itu.

Setiap orang yang sedang jatuh cinta akan mengalami perubahan dalam otaknya, dan setelah menikah barulah otak berubah kembali menjadi normal. Jadi jangan salahkan dia ketika cinta mulai berubah. Karena bukan cinta yang hilang, namun produksi dopamine dalam otaklah yang mengalami penurunan. Semangat bangkitkan lagi gairah cintamu dengan si dia!

Banyak hal yang bisa membuat semangat api cintamu dengan dia kembali menyala. Salah satunya adalah dengan mengenakan pakaian yang bisa membuat kamu tampil mempesona dan menawan di hadapan si dia. Pakai outfit dari GatsuOne biar bikin penampilanmu semakin trendy dan catchy setiap harinya yuk! Buka www.gatsuone.com sekarang untuk dapatkan item favorit Japanese fashion essentials. Jangan lupa follow instagram dan facebook GatsuOne untuk temukan berbagai promo menarik setiap harinya. Cha!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook