Fakta Uniknya Seragam Siswi di Jepang yang Mungkin Belum Kamu Tau

13.58.00

Melihat gaya seragam siswi Jepang dari berbagai anime, drama dan film membuat kita terkagum-kagum dengan selera fashion mereka yang lucu dan modis. Selalu aja ada kesan kawaii dari seragam sekolah yang mereka kenakan. Karena gaya yang sangat kental dengan nuansa negerinya, gaya seragam murid sekolah di Jepang ini menjadi daya tarik tersendiri yang kuat di mata dunia.

Fakta apa saja yang melekat pada gaya seragam siswi Jepang? Berikut ini ada beberapa fakta menarik tentang gaya seragam sekolah di Jepang yang perlu oneesan ketahui.

Rok di atas 15cm
Di Jepang, ada beberapa sekolah yang menuntut siswanya untuk tampil modis dan fashionable ketika mengenakan seragam. Hal ini dimaksudkan agar penampilan mereka terlihat lebih menarik. Untuk memakai rok seragam, mereka harus mengenakan rok mini yang tingginya 15 cm di atas lutut. Peraturan ini terbilang ketat, karena kalau tidak ditaati maka siswa yang bersangkutan akan dipulangkan. Demi menaati peraturan tersebut, tak jarang para siswa di sana melipat roknya agar tampak lebih tinggi.

Seragam Se-ra Fuku yang disebut seragam pelaut
Se-ra fuku atau seragam pelaut ini mulai digunakan sejak tahun 1921. Ide seragam ala pelaut dengan rok rempel yang mudah tertiup angin ini sebenarnya dibuat dengan tujuan agar para siswa perempuan nggak mengalami kesulitan saat berolahraga. Waahh, olahraga buat jadi istrinya pelaut sepertinya.. Hihi

Blazer modis
Setelah ngetrend dengan seragam pelaut, di pertengahan abad ke-19 mulai dibuatlah seragam baru yang lebih modern, yakni blazer. Seragam blazer ini memperlihatkan sisi yang lebih hangat, modis, dan berkarisma saat digunakan oleh para siswi Jepang. Jadi berkesan lebih dewasa, ya kan?

Sweater dan Vest
Ketika bosan mengenakan blazer, mereka bisa memakai sweater atau vest yang warnanya senada. Sayangnya  hanya ada beberapa sekolah di Jepang yang memiliki peraturan ini. Kebanyakan dari siswi ini akan memilih warna-warna cerah dan sweet supaya penampilannya tetap kawaii dan lucu.  

Seragam One Peace
Model seragam onepeace sebenarnya adalah berbentuk dress. Biasanya seragam ini hanya dipakai oleh sekolah khusus wanita saja, jadi nggak heran kalau kita masih jarang melihat siswi Jepang mengenakan seragam model ini. Taukah oneesan, para otaku sangat menyukai seragam model ini karena para siswinya akan terlihat manis ketika mengenakannya, apalagi ditambah dengan rambut yang diikat dua.

Dasi Kupu-kupu
Nggak diwajibkan bagi siswi Jepang untuk memakai dasi, namun tetap saja dasi banyak digunakan sebagai pemanis ketika mengenakan seragam. Banyak motif yang diperbolehkan untuk dipakai, bisa motif kupu-kupu dan motif bunga misalnya.

Kaus Kaki Panjang
Para siswi di sana akan menyeimbangkan rok mereka yang pendek dengan memakai kaus kaki panjang, bahkan sampai 10 cm di bawah lutut. Warna yang biasa digunakan adalah warna hitam atau warna putih, tergantung dari seragam apa yang mereka kenakan setiap harinya.

Sepatu Pantopel
Para siswi Jepang diharuskan untuk menggunakan separu indoor khusus selama jam sekolah. Jadi nggak banyak variasi untuk sepatu yang mereka kenakan. Sepatu tersebut bermodel pantopel dengan warna hitam.

Not just a simple Bag
Satu hal lagi yang unik dari perlengkapan seragam untuk siswi di Jepang, yaitu tas. Kebiasaan yang dilakukan oleh mereka adalah menempelkan segala hal yang berbau kegemarannya di tas, baik itu pin, gantungan kunci, maupun stiker dan coretan tangan.

Itulah macam-macam seragam dan perlengkapan yang biasa dikenakan oleh siswa wanita di Jepang. Lucu dan kawaii kaann? Sayangnya seragam tersebut nggak bisa diterapkan di negeri kita karena perbedaan budaya. Meski nggak bisa diterapkan sebagai seragam sekolah, kamu masih bisa mengenakan fashion ala Jepang saat sedang berada dalam suasana santai lho...

Mau tau outfit trendy apa yang bisa kamu pakai ala esensi Jepang? GatsuOne menyediakan apa yang kamu inginkan! Yuk buka www.gatsuone.com dan temukan berbagai pilihan outfitmu dengan mudah. Follow juga instagram GatsuOne supaya nggak ketinggalan promo dan update setiap harinya.. Cha!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook