Percaya Diri Tanpa Membandingkan Diri dengan Orang Lain, Gimana Caranya?

11.48.00

Sulit rasanya menghilangkan kebiasaan untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Meski merupakan sebuah hal yang sangat wajar, lama-kelamaan kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain ini justru bisa menjadi fokus yang keliru dalam kehidupan kita. Alih-alih menjadi motivasi, kebiasaan membandingkan ini justru membuat kita semakin putus asa dan sulit mengembangkan diri dan mengeluarkan potensi.

Keadaan ini bisa aja menjadi sebuah ancaman yang serius bagi kamu yang nggak bisa move on dari kata “iri” pada orang lain. Mengapa? Karena kebiasaan untuk membandingkan bisa membuat kamu nggak bisa menerima diri sendiri, nggak memiliki identitas, bahkan cenderung hanya mengikuti tren yang sedang happening. Nggak mau kan hidup di bawah bayang-bayang gaya orang lain?

Ada berbagai hal yang bisa aja membuat kamu nggak puas dengan diri sendiri dan cenderung membandingkan diri dengan orang lain. Mulai dari yang terdekat dan termudah aja, misalnya saudara dalam rumahmu, temanmu yang lebih cantik, atau bahkan tetangga yang baru memiliki mobil. Pokoknya apa aja bisa menjadi bahan yang membuat kamu iri dan nggak berpuas diri.

Lalu bagaimana caranya untuk mengatasi perilaku membandingkan diri sendiri dengan orang lain? Sebenarnya salah satu cara terbaik yang bisa mengubah perilaku ini adalah dengan mengenali dan mengakui apa yang kamu miliki dalam hidup serta beberapa langkah ini.

Kurangi dan Batasi Akses Media Sosial
Dengan semakin mudahnya media diakses dan dipublikasikan oleh siapapun, banyak hal-hal populer yang ditampilkan semakin terkesan terlalu ideal. Orang-orang yang memiliki kehidupan mewah dan hidup enak dengan mudah tersekspose di media sosial. Ternyata, terlalu sering memperhatikan medsos akan berdampak negatif pada harga dirimu lho.

Karena itu jangan sering-sering melihat dan mengakses media sosial. Batasi waktu untuk surfing hal-hal yang terlalu menawarkan hidup mewah atau berhenti follow mereka. Kalau kamu nggak ingin menonaktifkan atau menghapusnya, batasi waktu untuk mengecek medsos setiap harinya atau dalam satu minggu. Misalnya, 10 menit sehari. Selain bisa mengurungkan rasa minder, kamu juga bisa menghemat kuota internet. Hehe..

Hindari Media yang Menyuguhkan Gambar-gambar yang Terlalu Ideal
Akan lebih baik kalau kamu mulai jarang melihat majalah mode, acara TV yang menampilkan kehidupan glamour kaum selebritas dan media lainnya. Karena melihat media yang menyuguhkan gambar-gambar ideal terbukti bisa berdampak negatif pada harga diri dan citra diri seseorang. Hal ini bahkan bisa membuatmu selalu berpikir negatif dan mengalami gejala depresi.

Berpikir Realistis
Cobalah berpikir bahwa nggak semua yang terlihat di depan kamera adalah hal yang apa adanya. Ada hal-hal tak tearlihat di balik suksesnya orang-orang yang membuatmu iri. Misalnya, ketika kamu melihat temanmu memiliki hubungan yang kelihatannya sempurna kamu harus ingat bahwa ia pun sebenarnya nggak mudah untuk mencapai hubungan yang demikian. Akan lebih baik jika rasa irimu diganti dengan ide untuk bagaimana caranya mencapai keinginan supaya bisa mencapai apa yang kamu inginkan.

Bersainglah dengan Diri Sendiri
Orang sukses akan selalu mengatakan bahwa saingan terberat bagi mereka adalah diri mereka sendiri. Dengan kemampuan yang mereka miliki, mereka selalu berusaha untuk meningkatkan dan mengembangkan apa yang terbaik bagi mereka. Kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk mencapai target dan untuk meningkatkan harga diri. Tuntutlah diri sendiri agar kamu bisa berlari lebih cepat mencapai kesuksesan.

Kamu Adalah Pengendali atas Hidupmu Sendiri,
Bukan dari Bayang-bayang Orang Lain
Mengidolakan orang sukses memang perlu, namun jangan sampai kita jadi nggak bisa menahan keinginan untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kamu adalah pemilik hidupmu sendiri, dan setiap keputusan yang kamu buat akan menentukan kehidupanmu selanjutnya. Karena itu, buatlah keputusan yang terbaik bagi dirimu sendiri, nggak perlu mengurusi apa yang orang lain lakukan.

Terbukti kan, menjadi diri sendiri itu selalu berujung pada hasil yang lebih baik daripada ikut budaya tiru-tiru atau imitasi karena iri pada orang lain. Ganti rasa iri menjadi empati yang tulus, dan terus lihat apa yang belum kamu syukuri dari apa yang kamu miliki. Semoga beberapa cara tadi bisa membuat kamu lebih percaya pada dirimu sendiri. Semangat!

Menunjukkan sisi kepercayaan diri bisa kamu tampilkan dengan menjadi pribadi yang ceria dan mengenakan pakaian yang “ini gue banget!”. Beruntungnya, GatsuOne がつおね punya banyak produk fashion pilihan yang bisa membuat kamu tampil PD setiap saat! Buka www.gatsuone.com dan temukan berbagai pilihan item favoritmu. Mulai dari atasan, sepatu, tas, hingga asesoris untuk pria dan wanita semua ada di sini. Buka www.gatsuone.com dan follow instagram GatsuOne untuk dapatkan promo menarik setiap harinya. Cha!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook