Atasi Sendiri Ritsleting Celana yang Macet, Mudah Kok!

15.46.00

Ada beberapa permasalahan yang biasa terjadi pada ritsleting pakaian, tas, celana, maupun dompet.  Penyebabnya tentu bermacam-macam. Bisa karena kotoran yang menumpuk pada gigi ritsleting, bisa juga karena gigi ritsleting yang bengkok. Hal tersebut bisa menjadi masalah ketika ritsleting celana sering turun atau bisa juga karena mengalami kemacetan.

Ketika masalah ini terjadi, akan lebih baik jika oneesan dapat memperbaikinya terlebih dahulu sebelum membawanya pada ahli jahit. Dengan peralatan yang mudah, kamu bisa memperbaiki sendiri ritsleting macet sebelum diganti atau dibuang. Lumayan kan kalau dapat menghemat biaya.. 

Berikut ini beberapa tips mudah untuk membereskkan masalah ritsleting yang macet dan patah.

Pensil
Saat ritsleting tidak mau bergerak, cara yang paling ampuh untuk membuatnya bergerak kembali adalah dengan mengoleskan pelumas. Terus apa hubungannya pelumas dengan pensil?

Pensil yang biasa kita gunakan untuk menulis memiliki ujung yang disebut sebagai grafit. Grafit itulah yang dapat dijadikan pelumas karena mengandung minyak alami. Dengan menggosokkan atau menggoreskan grafit pada gigi ritsleting akan melumaskan jalur ritsleting yang macet.

Sabun Cuci
Ketika grafit nggak berhasil melancarkan jalan ritsleting, cobalah oleskan sabun cuci pada ritsleting yang macet. Caranya, tuangkan sedikit sabun cuci ke dalam piring kecil, lalu tuangkan sedikit air ke dalam piring dan siapkan beberapa bola kapas. Setelah semua bahan siap, oleskan bola kapas pada sabun cuci lalu celupkan ke sedikit air. Gosokkan kapas tersebut pada gigi ritsleting dan cobalah untuk membuka ritsleting secara perlahan. Dengan menggunakan cara ini, sabun cuci juga bisa digunakan untuk membersihkan kotoran yang menumpuk pada gigi ritsleting seperti benang-benang kain.

Lilin
Sama seperti menggunakan grafit pada pensil, lilin juga dapat digunakan untuk melancarkan ritsleting. Gosokkan lilin pada bagian gigi ritsleting dan coba geser dengan perlahan ke arah atas dan bawah. Jika ritsleting bisa menutup dengan baik, ulang kembali gerakan membuka dan menutup untuk mengecek apakah ritsleting sudah kembali normal atau belum.

Tang
Beberapa kasus mungkin tampak sulit untuk diperbaiki sendiri, namun bukan berarti kamu jadi putus asa untuk mencoba memperbaiki ritsleting rusak sendiri. Salah satu alat yang penting untuk digunakan dalam memperbaiki ritsleting adalah tang. Gunakan tang untuk jika kamu sulit menjepit kepala ritsleting yang rusak. Lakukanlah dengan tenaga yang sesuai karena biasanya ujung ritsleting sangat mudah patah. Jepit pada bagian sisi kanan dan kiri kepala ritsleting sambil coba tutup ritsletingnya sampai ritsletingnya bisa tertutup rapat.

Gelang kunci
Adakalanya penarik ritsleting hilang karena terlepas dari kepala ritsletingnya. Ketika hal ini terjadi jangan dulu ganti kepala ritsleting dengan yang baru karena kamu bisa menggunakan gelang kunci sebagai alternatifnya. Masukkan gelang kunci pada kepala ritsletingnya.

Memasang gelang kunci pada ritsleting juga dapat menjadi solusi saat ritsleting celanamu suka turun sendiri lho. Caranya, kaitkan gelang kunci pada mata kancing ketika kamu memakai celana yang retsletingnya sering turun.

Uang
Kalau kelima cara tadi nggak bisa memperbaiki ritsletingmu yang rusak, cara terakhir yang bisa kamu tempuh adalah dengan membawanya ke tukang permak levis atau ke orang yang lebih ahli untuk memperbaikinya. Memang tidak semua permasalahan dapat ditangani seorang diri, karena itu jangan ragu bertanya dan meminta bantuan pada ahlinya. Hihi..

Itulah beberapa cara mudah untuk mengatasi ritsleting yang rusak kerena macet dan sering turun. Untuk memperbaiki permasalahan ritsleting, hal penting yang harus diingat adalah bersabar dan jangan ragu mencoba lebih dari satu cara.



Cari koleksi outfit terbaru dari GatsuOne di sini! Temukan Japanese fashion essentials yang kamu inginkan di www.gatsuone.com untuk selalu tampil trendy dan fashionable dalam setiap kesempatan spesial. Klik www.gatsuone.com dan follow instagram GatsuOne untuk dapatkan update promo setiap harinya. Temui kami juga di Line @gatsuone untuk order mudah. Have a great day oneesan.. Cha!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook