Dibully di Kantor? Ini Cara Menghadapinya

14.19.00

Ketika masuk ke lingkungan baru tentu harus beradaptasi dengan orang-orang yang berada di dalamnya. Sekolah baru, tetangga baru, kantor baru adalah fase hidup yang hampir setiap orang merasakannya. Ada yang memiliki rasa percaya diri yang kuat dan merasa mudah untuk beradaptasi, namun ada juga yang sulit untuk mengenal bahkan dekat dengan lingkungan baru tersebut. Terlebih ketika memperoleh perlakuan yang tidak menyenangkan misalnya dari rekan kerja di kantor barumu. Terkadang nggak jarang kantor yang masih sering memperlakukan anak baru dengan sistem senioritas, membully, menyindir atau bahkan mengasingkan. Tapi nggak semua kantor begitu kok, masih ada orang-orang yang menjunjung rasa kekeluargaan terhadap anak barunya. Semua tergantung di mana dan dengan orang seperti apa kamu bekerja. Tapi kalau kamu sekarang udah atau hampir jadi korban bully di kantor, cara-cara ini bisa kamu terapkan untuk membantumu menghadapi orang-orang yang jahat terhadap kamu.

Tidak Semua Orang Suka Dengan Kamu
Dalam hidup ini pasti akan selalu ada orang-orang yang nggak suka sama kita. Tapi ingat, di balik itu semua akan selalu lebih banyak orang yang suka dengan kita dibanding dengan yang nggak suka. Jadi nggak usah khawatir kalau ada yang membully. Terkadang mereka adalah hanya orang-orang sulit mencari kebahagiaan dan nggak punya kerjaan.

Don’t Think About It
Ketika ada orang yang memperlakukanmu dengan kurang menyenangkan atau sudah masuk dalam perlakuan bullying, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah cuek. Jangan pernah memikirkan hal tersebut. Poinnya ada pada dirimu sendiri, ketika kamu mempedulikan apa yang mereka lakukan maka kamu akan semakin stres dan tidak nyaman di lingkungan itu. Anggaplah kamu nggak mendengar semuanya. Dengan begitu paling nggak kamu bisa sedikit menguatkan dirimu. Pada akhirnya mereka pun akan berhenti melakukannya.
Berani Katakan Tidak
Bullying pun bukan hanya dari sindiran atau perkataan, nggak jarang senior yang udah lama kerja di kantor melimpahkan pekerjaan mereka ke tangan anak baru. Kamu harus bisa mengatakan tidak kepada mereka. Selain karena itu bukanlah tugasmu di kantor, kamu pun memiliki pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Jangan sampai kamu mengerjakan tugas orang lain tapi tugasmu sendiri malah terbengkalai.


Jalin Pertemanan 
Ini merupakan cara pencegahan bullying, khususnya di kantor. Ketika kamu memiliki cukup banyak teman kemungkinan untukmu dibully tentu akan berkurang seiring dengan jalinan pertemanan dengan kerja yang bertambah dan menguat.
Tegas
Kalau tindakan bullying sudah menimpa kamu dengan sangat keterlaluan, kamu boleh dan harus tegas. Berikan ketegasan kepada mereka bahwa kamu nggak terima diperlakukan seperti itu. Kamu harus memiliki keberanian lebih yang kamu siapkan ketika ingin menegaskan semua kesalahannya. Jangan pernah takut kalau kamu memang benar. Kalau kamu tidak segera bertindak, mereka akan semakin senang membully kamu. So, be tough and show your move!

Tetap semangat ya Oneesan. Dalam lingkungan apapun kamu akan selalu menemukan orang-orang yang nggak suka sama kamu, karena kita nggak akan bisa bikin semua orang seneng. Tapi apakah kita hidup untuk menyenangkan semua orang? Nggak perlu. Selama hidup kita benar dan baik-baik aja, kita nggak perlu memikirkan untuk menyenangkan semua orang. Kalau kamu terkena bullying, stop it ass soon as you can. But don’t stop to shop at www.gatsuone.com to show that you’re a fashionable person.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook