Cara Keluar Dari Zona Nyaman Bagi Fresh Graduate Di Dunia Kerja

11.43.00

Dunia kerja bagi para fresh graduate adalah hal yang paling ditunggu-tunggu. Hampir seluruh mahasiswa yang baru wisuda pasti bertanya-tanya, “Selanjutnya ngapain ya? Kerja di mana ya?”. Tapi di saat sudah terjun langsung ke dunia kerja pasti banyak banget hal-hal baru yang mungkin nggak pernah terbayang. Karena nggak sedikit juga orang yang tercemplung di pekerjaan yang nggak sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Mereka berpikir kalau fresh graduate itu harus cari pengalaman dulu, urusan gaji, jenis pekerjaan, dan yang lainnya biasanya tidak terlalu dipikirkan. Ketika dapet pekerjaan yang nyaman lingkungannya, sesuai dengan background pendidikan, gaji oke, jarak nggak terlalu jauh dari rumah, itu semua hanya jadi bonus dari Tuhan bagi para fresh graduate. Tapi nggak semua orang bisa punya keberuntungan untuk dapetin itu semua. Ketika kita diterima kerja di tempat yang jauh, gaji di bawah ekspektasi, nggak sesuai background pendidikan, lingkungannya nggak nyaman dan yang lebih parahnya adalah nggak ada pilihan pekerjaan yang lain, ya mau nggak mau harus berusaha untuk mencoba. Setelah mencoba, ternyata hati berkata bahwa ini memang bukan pekerjaan yang cocok, lalu harus bagaimana?


Kenali Hambatan

Setiap pekerjaan pasti memiliki tantangannya masing-masing, terlebih kalau pekerjaan itu adalah hal baru yang tidak sesuai dengan apa yang dipelajari di bangku perkuliahan. Ketika ada kesulitan kita harus bisa mengidentifikasi sebenarnya apa yang menjadi hambatan sehingga kita bisa merasa kesulitan dalam pekerjaan ini. Ketika kita sudah tau apa hambatannya maka kita dapat dengan mudah mencari solusi yang sesuai dengan hambatan yang kita hadapi.


Temukan Solusi

Evaluasi diri adalah kelanjutan setelah kita mengenali hambatan. Misalnya seorang lulusan Jurnalistik pertama kali harus bekerja sebagai Admin Operasional, salah satu tantangannya adalah harus mempelajari istilah dan hal-hal terkait administrasi yang menuntut ketelitian sangat tinggi. Maka solusinya adalah dengan berusaha mempelajari bidang administrasi. Dan sebenarnya tidak ada ruginya mempelajari hal baru karena apapun itu pasti suatu saat akan terpakai di kehidupan yang akan datang.


Challange Diri Sendiri

Sepanjang hidup tantangan itu tidak pernah berhenti, dalam hal apapun termasuk pekerjaan. Ketika kita hanya mendapatkan satu kesempatan pekerjaan yang sebenarnya tidak sesuai, maka kita harus menerima itu sebagai tantangan baru yang bisa meningkatkan kualitas diri kita. Ketika kita sudah berhasil keluar dari zona nyaman maka kita adalah orang yang sukses. Karena kesuksesan nggak hanya diukur dari berapa banyak uang yang kita punya tapi ketika kita berhasil keluar dari kesulitan yang kita hadapi.



Lalu apa keuntungan yang kita dapatkan ketika berhasil melalui itu semua?


Semakin Percaya Diri

Mission accomplished! Percaya diri pasti meningkat. Kalau percaya diri sudah meningkat pasti kita akan enjoy melakukan pekerjaan.


Siap Menerima Tantangan Lain

Setelah melalui satu tantangan maka kita akan menanggapi tantangan lain dengan lebih percaya diri. Pikiran pun akan menjadi positif bahwa kita pasti akan berhasil melalui tantangan lain yang akan datang.



Semakin Berkualitas

Di saat kita melakukan hal di luar zona nyaman, maka kemampuan kita akan sesuatu hal pun tentu meningkat. Dengan begitu diri kita akan semakin berkualitas. Dan ketika kita menjadi pribadi berkualitas yang serba bisa dalam banyak hal tentunya akan lebih dipercaya dan dihargi orang lain.

Buat kamu yang sedang merasa ingin menyerah dalam pekerjaan yang tidak sesuai dengan hatimu, cobalah lebih berusaha dan percaya bahwa di balik kesulitan itu ada kemudahan.
Untukmu yang merasa sulit menemukan koleksi fashion favoritmu, kunjungi www.gatsuone.com dan temukan fashion item terbaik untuk meningkatkan kualitas dirimu.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook