5 Hal Yang Dibutuhkan Para Pejuang Skripsi

11.09.00




Skripsi atau yang biasa disebut skripsweet/skrips**t  adalah fase hidup yang harus dilewati oleh sebagian besar orang. Nggak semua orang yang memilih untuk menjadi mahasiswa tahu apa yang harus dilakukan di dunia perkuliahan. Kehidupan kampus dan kehidupan di sekolah tentu berbeda. Ketika di sekolah guru pengajar cenderung lebih “menyuapi” siswa. Sedangkan di bangku kuliah dosen akan berlaku lebih cuek dan memandirikan mahasiswa. Agan yang udah melewati itu pasti merasakan itu kan? Perbedaan lain yang paling besar adalah waktu kelulusan. Kalau sewaktu SMA 99,99% kamu dan teman-teman seangkatan pasti akan lulus bersama di tahun yang sama. 0,1% sisanya adalah hanya ketika ada teman Agan yang kurang beruntung saat pengumuman kelulusan. Tapi dengan sistem pendidikan sekarang sih sepertinya sangat mengurangi tingkat ketidaklulusan karena kelulusan saat ini nggak hanya ditentukan oleh Ujian Akhir Nasional tapi penilaian selama 3 tahun kamu sekolah. Beda sama sekolah, di saat kuliah 99% orang pasti akan lebih mandiri dan mikirin diri sendiri dalam urusan kuliah. Walaupun di saat kuliah mungkin tali pertemanan dan persahabatan semakin erat, tapi kalau udah urusan skripsi ya masing-masing. Kenapa? Yang pasti karena skripsi itu susah buat sebagian besar orang. Istilahnya skripsi sendiri aja udah susah gimana mau bantuin skripsi orang. Itulah sebabnya kenapa kelulusan mahasiswa, sedekat apapun persahabatan kamu dengan teman sesama jurusan, kalau fase ngerjain skripsinya beda ya pasti beda juga waktu lulusnya. Memang tiap skripsi pasti ada aja kendalanya, terus kira-kira sebenarnya apa sih yang dibutuhkan orang yang lagi berjuang sama skripsinya? Mungkin hal-hal berikut ini nih....


Semangat

Di saat kamu punya teman yang sedang berjuang menempuh tugas akhirnya dan kamu nggak punya waktu, tenaga atau pikiran untuk bantuin dia, satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan ya cuma kasih semangat. Dengan kamu kasih semangat secara verbal ataupun non verbal, kamu udah memotivasi dia ya walaupun kadarnya cuma 10%. Nggak susah kok kasih semangatnya, yang penting jangan ada judgement di kata-katamu ya. Jangan sampe semangatmu malah bikin dia nge-down dan makin lama ngerjain skripsinya.


Pendamping Skripsi

Pendamping skripsi di sini bukan berarti hanya pasangan tapi bisa teman atau sahabat. Terkadang yang dibutuhkan mahasiswa yang susah menyelesaikan skripsi adalah orang yang bisa mendampingi dalam segala hal, yaitu waktu, tenaga dan pikiran. Waktu jelas dibutuhkan dari seorang pendamping skripsi ketika memberikan tenaganya ataupun pikirannya. Nggak semua orang bisa memberikan tenaga dan pikirannya buat teman atau sahabat yang skripsian. Ada orang yang hanya bisa memberikan waktu dan tenaganya karena kemampuan berpikirnya terbatas, terlebih ketika pembahasan skripsinya jauh berbeda. Ada juga yang hanya bisa memberikan waktu dan pikirannya tapi nggak bisa kasih tenaga karena keterbatasan yang dimiliki. Tapi ketika kamu bisa kasih ketiganya, temanmu akan merasa terbantu banget dengan kehadiranmu.



Pasangan Yang Bekerja

Ini sih mungkin lebih kepada cowok ya. Buat kamu wanita yang udah kerja tapi punya pacar masih sibuk skripsi tenyata kamu bisa jadi motivasi loh. Ketika cowok yang belum lulus kuliah tapi pacarnya udah lulus bahkan bekerja, ternyata ada rasa minder yang mendorongnya untuk semangat meraih kelulusan. Karena memang sudah selayaknya seorang laki-laki yang bekerja, wanita hanya menjadi penunjang kesuksesan laki-laki.


Tuntutan Calon Mertua

Ketika cowok punya pasangan yang sudah bekerja tapi dirinya sendiri belum lulus kuliah pasti ada penilaian tersendiri dari orang tua si cewek. Tapi hal ini justru bisa jadi motivasi buat cowok untuk semakin giat ngerjain skripsi demi mendapatkan restu dar calon mertua. Karena si cowok nggak mau dong si doi dijodohin sama orang lain yang udah lulus dan mapan


Doa

Last but not least, doa. Jangan sering-sering tanyain, “Gimana skripsinya? Udah sampe mana? Udah BAB berapa? Kok belum lulus sih?” karena sebenarnya pertanyaan-pertanyaan itu bakalan cuma bikin mereka sebel bukannya malah termotivasi. Mereka tuh bosen terus-terusan ditanya kayak gitu, daripada kamu bikin mereka tambah pusing lebih baik kamu doain. Karena doa akan lebih bermanfaat buat mereka ketimbang kata-katamu yang menurut mereka nggak penting.



Buat para pejuang skripsi, percayalah setiap skripsi itu pasti ada aja kendalanya, jangan menyerah karena Tuhan nggak akan kasih cobaan melebihi kemampuan makhluknya.


Buat yang punya teman yang masih berjuang, kamu bisa nih lakuin hal-hal di atas. Atau kalau mau kasih tas dan sepatu gratis biar dia senang tinggal follow aja Instagram @gatsuone untuk ikutan giveawaynya! Ini nih hadiahnya...
Yuk buruan ikutan siapa tau kamu yang beruntung menangin hadiahnya! Atau mau punya koleksi tas dan sepatu yang lain? Langsung aja klik www.gatsuone.com!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook