Tips Hadapi Haters di Social Media

15.24.00

Ketika kita memilih untuk menjadi seseorang yang mengikuti perkembangan social media sudah seharusnya kita pun siap dengan apapun yang dapat terjadi di media sosial itu sendiri. Dengan luasnya jaringan internet yang tanpa batas, kita pun dapat bertemu dengan banyak orang. Mulai dari keluarga, sahabat, teman, bahkan orang lain yang tidak kita kenal. Mereka dapat dengan mudah mengikuti apapun yang kita lakukan di media sosial, salah satunya di Instagram. Ada yang memberikan respon positif seperti menyukai dan memberikan komentar positif di foto atau video yang kita unggah. Namun, tidak sedikit pula yang merespon negatif seperti menulis komentar buruk dengan kata-kata yang dapat menyakiti hati, sudah tidak asing bahwa merekalah yang disebut dengan haters. Itu adalah salah satu konsekuensi dari social media yang bisa saja menerpa siapapun yang menggunakan social media khususnya instagram. Bingung bagaimana cara menghadapi haters di akun Instagrammu? Ini dia tipsnya.

 
Hate ≠ Kritik 
Jangan samakan hinaan dengan kritik karena dua hal tersebut berbeda. Hinaan adalah kata-kata yang ditujukan untuk menyerang atau mengancam seseorang/kelompok dalam berbagai aspek, misalnya suku, etnis, ras, agama, gender dan lain-lain. Sedangkan kritik adalah evaluasi terhadap seseorang/kelompok dengan tujuan untuk membangun dan meningkatkan kualitas mereka dalam berbagai hal. Dengan mengetahui perbadaan dari hinaan dan kritik, tentu kita dapat mengklasifikasikan tanggapan orang lain apakah termasuk hinaan atau kritik.

Jangan Membalas
Ketika ada orang yang memberikan komentar negatif di Instagram yang mengarah kepada hinaan, jangan pernah membalas. Ketika kita membalas maka nggak ada bedanya kita dengan orang itu. Selain itu, ketika kita membalas orang tersebut justru akan senang dan justru semakin bersemangat untuk menghina kita. Jadi, jangan pernah membalas.

 
Stay Calm 
Jangan pernah ada kata balas dendam di kamus kamu. Ketika membaca komentar hinaan di Instagram, abaikan. Masih banyak hal yang lebih penting untuk kamu pikirkan. Dengan kamu mengabaikan komentar-komentar jahat dari haters, kamu akan lebih fokus terhadap apa yang kamu lakukan. Tentu hal itu lebih positif. So, stay calm and keep awesome!

 Confront 
Ketika kamu memperhatikan sering sekali ada tanggapan dan komentar yang selalu menyerang dari orang yang sama, maka tidak diragukan dia bukanlah orang yang sedang mengkritik kamu melainkan haters yang selalu menghina. Meskipun kamu tidak boleh membalas dengan hinaan, sebaiknya kamu bertanya langsung kepada dia secara personal misalnya melalui email. Kamu patut bertanya kenapa dia selalu menulis komentar buruk di akun Instagrammu, kenapa dia selalu menghina. Kemungkinan besar dia tidak akan membalas, tapi kemungkinan besar pula dia tidak akan menuliskan komentar negatif di akun Instagrammu.

Kita memang tidak mungkin membuat semua orang menyukai kita, karena haters akan selalu ada. Seperti kata Taylor Swift, “And the haters gonna hate, hate, hate.” Itulah hidup. Begitu pula social media. Gunakan Instagrammu dengan bijak ya, Oneesan! By the way, sudah follow Instagram GatsuOne がつおね belum? Yuk follow @gatsuone dan cek websitenya hanya di www.gatsuone.com.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook