Kenapa Kancing Kemeja Wanita Berbeda dengan Pria?

14.23.00

Mungkin banyak yang belum tau bahwa ada perbedaan kancing kemeja wanita dengan pria. Kalau diperhatikan lagi, kancing kemeja wanita akan selalu ada di sisi kiri, sedangkan pria di sisi kanan.

Kok gitu? Apa alasannya?

Ternyata tradisi perbedaan kancing pria dengan wanita ini sudah ada sejak tahun 1850-an. Tidak ada alasan pasti mengapa tradisi ini bisa terus terjaga sampai sekarang. Tapi banyak yang memberi alasan dan opini di balik perbedaan pola ini dari tukang jahit hingga ke pabrik pakaian ternama. Berikut ini 7 alasan yang mungkin bisa menjawab pertanyaanmu.

Karena wanita bangsawan selalu dibantu dalam berpakaian
Alasan ini cukup masuk akal. Karena wanita bangsawan pada masa Renaissance dan Victorian di Eropa ketika itu selalu memiliki pembantu yang memakaikan mereka baju. Dengan dibuatkannya kancing di sisi kiri kemeja, maka orang yang membantu memakaikan baju akan lebih dimudahkan.

Sementara itu alasan mengapa kemeja pria memiliki kancing di sisi kanan karena pria akan mengancingkan bajunya sendiri. Sehingga akan lebih mudah dalam mengancingkan baju mereka sendiri.

Tradisi kebangsawanan yang diikuti oleh rakyat biasa
Dengan adanya kebiasaan wanita bangsawan yang dipakaikan baju, akhirnya banyak penjahit dan pembuat pakaian yang mengikuti pola pakaian ini. Maka dari itu tersebarlah pola kemeja wanita dengan kancing di sebelah kiri.

Untuk memudahkan pria dalam memenangkan peperangan
Di zaman pertengahan, model pakaian pria mengikuti bentuk pakaian perang dan mode adu senjata yang masih menggunakan pertarungan jarak dekat dengan pedang. Karena mode ini, kaum pria merasa kesulitan dalam menghunus pedangnya yang tergantung pada pinggang sebelah kiri. Hal ini karena tangan kanannya harus membuka kancing baju terlebih dulu. Akibatnya gerakan mencabut pedang jadi lama. Karena itulah akhirnya kancing baju dibuat di sebeleah kanan supaya tangan kirinya dapat membuka baju dan tangan kanannya tetap dapat mengangkat senjata.

Karena tangan kiri wanita digunakan untuk menggendong bayinya
Karena kebanyakan orang terbiasa menggunakan tangan kanannya, maka wanita akan lebih mudah menggendong bayi dengan tangan kirinya. Dan untuk menyusui bayi yang digendong di tangan kiri, wanita tentu akan lebih dimudahkan membuka kancing yang berada di sisi kiri dengan tangan kanannya.

Pastinya untuk memudahkan proses garmen
Untuk memudahkan proses kerja industri garmen, maka dibuatlah perbedaan letak kancing agar kemeja wanita dan pria tidak tertukar saat proses pembuatannya serta distribusinya.

Itulah 5 alasan mengapa kancing wanita memiliki sisi yang berbeda dengan kemeja pria. Just a simple thing, tapi kalau dipikir-pikir lagi memang pebedaan sisi kancing pada kemeja memberikan suatu kemudahan bagi kita.

Temukan kemeja, blouse, dan aksesoris yang melengkapi office look kamu di GatsuOne! Belanja online nggak susah kok, klik www.gatsuone.com dan kamu akan dapatkan berbagai pilihan outfit menarik yang bikin kamu tampil lebih stylish dan fashionable. Kunjungi www.gatsuone.com dan follow instagram GatsuOne untuk dapatkan update promo setiap harinya. Have a good day oneesan.. Cha!

You Might Also Like

1 komentar

  1. Thanks for sharing. Mau tahu hal penting apa saja yang harus diperhatikan dalam proses menjahit pakaian?. Anda bisa mendownload tutorial menjahit di Fitinline.

    BalasHapus

Like us on Facebook