6 Surprising Facts About Jeans, Sudahkah Kamu Tau?

10.27.00

Celana jeans pasti udah nggak asing lagi buat kita. Fashion item yang paling banyak digemari ini memang udah populer dari jaman dahulu kala. Coba deh lihat berapa banyak koleksi yang papa mama kamu punya. Apakah lebih dari satu? Jangan heran kalau mereka punya banyak koleksi jeans, karena menurut penelitian rata-rata wanita menyimpan tujuh jeans dalam lemarinya.

Pada awalnya, celana ini hanya dibuat untuk laki-laki aja. Tapi berbeda zaman berbeda juga keperluannya. Kini celana jeans juga dipakai untuk wanita, bahkan telah menjadi salah satu fashion item must have yang bikin tampilan kamu jadi makin fashionable.

Mudah didapat, praktis, dan nggak cepet kotor mungkin jadi salah satu alasan tersendiri mengapa kamu suka dengan jeans. Tapi karena saking seringnya pakai jeans, kita jadi nggak sadar ada beberapa hal unik dari celana jeans yang belum diketahui. Seperti yang berikut ini.

Jeans dan Denim, Apa Bedanya?
Jeans dan denim itu sama nggak sih? Kadang penyebutan jeans dan denim sering disamakan. Namun pada kenyataanya, celana jeans pertama kali dipopulerkan di Nimes, Perancis dan Genoa, Italia pada perkiraan abad ke-16. De Nimes yang berasal dari bahasa Perancis ini akhirnya menjadi asal kata yang kita kenal saat ini dengan denim. Kemudian istilah jeans baru muncul pada tahun 1873 setelah Levi Strauss dan Co memproduksi celana jeans yang sama.

Kenapa Kebanyakan Jeans Berwarna Biru?
Mulanya, biru menjadi satu-satunya warna untuk pembuatan jeans. Pemilihan warna ini bukan berdasarkan filosofi warna biru yang berkesan “menenangkan” lho, melainkan karena bahan pewarna yang terbaik pada saat itu hanyalah warna biru dari tumbuhan yakni indigo. Pewarna biru indigo dianggap sebagai pewarna terbaik karena saat dipanaskan dapat mengikat serat kain dari luar, sedangkan kalau warna lain langsung masuk menyerap ke dalam serat kain.

Selain fakta pewarna indigo biru adalah pewarna terbaik saat itu, ternyata warna biru juga menjadi warna yang cocok untuk tujuan awal jeans dibuat. Yakni untuk para pekerja seperti pelaut, penambang, petani dan mekanik yang memiliki waktu kerja di luar ruangan dan membutuhkan celana berbahan kuat dan awet.

Kenapa Ada Kantong Kecil di Saku Celana?
Mungkin kamu sering bertanya apa sih kegunaan kantong kecil di saku celana. Sebenarnya saku kecil yang terdapat di bagian kanan atau kiri celana jeans awalnya dibuat bukan untuk kebutuhan fashion. Melainkan untuk kebutuhan penyimpanan emas. Yup, sesuai dengan peruntukkan awal pembuatannya, di zaman itu para penambang emas di California biasanya akan meyimpan emas berukuran kecil di dalam saku mini tersebut. 

Posisi Ritsleting pada Wanita dan Pria Berbeda
Coba cek lagi, apakah posisi ritsleting celana kamu ada di sebelah kanan atau kiri. Pada zaman Perang Dunia II, ada perbedaan antara celana jeans wanita dan pria. Pada jeans pria, ritsleting berada di depan, sementara itu jeans wanita berada di samping kanan. Tapi sekarang semua ritsleting ditempatkan di depan.

Sekitar Tahun 50, Sempat Ada Larangan Memakai Celana Jeans
Pada abad ke-19, jeans digunakan sebagai pakaian sehari-hari, sementara denim dikenal sebagai pakaian untuk kerja. Namun di tahun 1950-an, jeans dianggap sebagai simbol protes pemerintahan AS. Celana jeans jadi dilarang digunakan di beberapa tempat, seperti sekolah, kantor, sampai restoran. Larangan tersebut ada karena pemerintah menganggap jeans adalah simbol protes dan urakan. Larangan ini pun kembali terjadi di tahun 2001, yakni Presiden George W. Bush yang melarang staf maupun tamunya memakai celana jeans

Meski Dibuat Pertama Kali di Amerika, 
Kini Produksi Terbesar Terletak di Asia
Data statistik menunjukkan bahwa Benua Asia menguasai 50% total produksi celana jeans dari seluruh dunia. Negara yang memproduksi celana jeans terbanyak yaitu India, Cina, dan Bangladesh. Kok Indonesia nggak masuk ya?

Sampai sekarang, berbagai model dan bahan jeans laku sekitar 450 juta potong di Amerika Serikat setiap tahunnya. Itu baru di Amerika aja lho, gimana kalau dijumlahkan dengan negara lainnya? Memang ya, jeans telah menjadi favorit dan bahkan mungkin selalu menjadi favorit hingga sepanjang masa.
But, your life is too short to wear boring jeans! Suka bosen nggak sih pakai outfit jeans yang itu-itu aja? Coba deh padupadankan jeans dengan mix and match yang seru biar penampilan kamu makin fashionable. Cari outfit untuk sempurnakan penampilanmu dengan jeans yuk! Klik www.gatsuone.com dan temukan berbagai pilihan outfit kawaii untuk hari-harimu. Dari pakaian, tas, sepatu, hingga outfit pria pun lengkap di sini. Jangan lupa follow juga instagram Gatsuone juga ya, supaya kamu dapat update dan promo setiap harinya. Have a good day oneesan.. Cha!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook