Pakaian dan Aksesoris Ini Diklaim Tertua di Dunia!

13.46.00

Ketika kini pakaian memiliki beragam jenis dan motif yang modern, seperti apa ya tren pakaian pada manusia 100.000 tahun yang lalu? Emang di masa itu mereka udah berpakaian? Eiits, jangan salah! Meski mereka hidup di jaman ratusan ribu lalu, mereka sudah mengenal beberapa cara membuat pakaian sendiri. Bahkan manusia jaman dulu sudah menggunakan pakaian dan akesoris untuk mempercantik penampilan.

Bra dan panties
Pakaian dalam wanita tertua di dunia ditemukan di bawah papan lantai dari sebuah kastil Austria pada tahun 2008. Bra yang bentuknya menyerupai bra seperti sekarang ini justru dihiasi dengan renda. Bra ini ditemukan di tumpukan lebih dari 2700 fragmen tekstil yang berbeda. Untuk celana dalam ini, nampaknya dulu dikenakan untuk laki-laki jika dilihat dari kebutuhannya.

Sweater
Pada tahun 2013 terdapat sebuah penemuan yang diyakini merupakan sweater tertua di wilayah Gletser Norwegia. Sweater dengan warna coklat kehijauan ini terbuat dari bulu domba yang ditenun menjadi kain kepar dan diperkirakan digunakan oleh pria dengan tinggi 5-9 kaki. Berdasarkan penelitian, sweater tua ini telah berumur sekitar 1.700 tahun.

Sweater ini nampaknya sangat dirawat dengan baik oleh pemiliknya dan telah ditambal sebanyak dua kali. Ini juga merupakan salah satu contoh modifikasi tertua yang pernah ditemukan di dunia. Pasalnya beberapa peneliti percaya bahwa awalnya sweater tersebut merupakan tunik tanpa lengan yang baru ditambahkan lengan.

Tas
Pada tahun 2012, para arkeolog yang tengah melakukan penggalian di kuburan dekat Leipzig, Jerman menemukan benda yang diduga sebagai tas tertua yang pernah ditemukan. Para peneliti menyebutnya dengan nama “houndstooth” asli. Tas yang terbuat dari kulit itu terlihat sudah hancur dan memiliki ornamen berupa ratusan gigi anjing. Para peneliti menganggap aksesoris gigi anjing tersebut kemungkinan menjadi sebuah tren di jaman itu karena di dekat penemuan tas, ditemukan pula kuburan wanita dengan sekitar satu pound perhiasan emas.

Celana
Celana tertua di dunia ini ditemukan di makam Yanghai Cina pada tahun 2014 dan masih dalam keadaan cukup baik. Celana ini memiliki desain geometris yang rumit dan terbuat dari 3 potong kain yang terpisah, 2 pada kakinya dan 1 pada selangkangannya dijahit dengan menggunakan benang. Menurut para ahli, celana ini merupakan milik suku berkuda 4.000 tahun lalu karena desain kakinya yang lurus dan bagian selangkangannya yang lebar, sehingga diduga celana ini digunakan saat berkuda. Hal ini juga didukung dengan peralatan berkuda yang ditemukan juga di dekat makam tersebut.

Baju
Pakaian ini ditemukan di sebuah kuburan Mesir kuno sekitar 30 mil dari Kairo dan dinamai gaun Tarkhan. Gaun ini terbuat dari linen serta dilengkapi dengan lengan erat lipit dan kuk dijahit ke rok. 60 tahun sejak ditemukannya gaun ini, barulah ditemukan bahwa pakaian tersebut merupakan gaun yang sudah berusia sekitar 5.000 tahun. Kemungkinan baju ini dipakai sehari-hari oleh orang jaman dulu karena di bagian siku dan ketiak lebih memiliki tingkat kekusutan dibanding dengan area lainnya.

Sepatu
Di tahun 1938 di Fort Rock Basin Oregon, ditemukan sepasang alas yang diklaim sebagai alas kaki tertua di dunia. Alas kaki ini terbuat dari pintalan kulit semak-semak sebagai benangnya dengan tapak kaki yang datar lengkap dengan pembungkus kaki. Kemungkinan tali pada sandal dililitkan ke pergelangan kaki dan kemudian diikat ke sisi lain. Para peneliti yakin bahwa alas kaki ini sudah berusia sekitar 9.300 tahun.

Perhiasan
Di Kroasia, tepatnya di situs purbakala Neanderthal ditemukan benda menyerupai perhiasan. Benda tersebut terbuat dari 8 cakar burung elang berekor putih yang diambil dari 3 ekor burung yang memiliki beberapa tanda bekas dipotong, takik untuk dirangkai, dan pelitur. Hadirnya penemuan ini membuktikan bahwa Neanderthal merupakan bagian masyarakat cerdas yang sudah terpengaruh dengan keberadaan agama dan seni. Para peneliti mengatakan bahwa dipilihnya cakar elang untuk tujuan seremonial menunjukkan pemahaman Neanderthal akan simbolisme ketuhanan. Diperkirakan perhiasan ini sudah berusia 130.000 tahun yang lalu.

Jangan mau ketinggalan trend fashion setiap tahunnya! Di GatsuOne がつおね, kamu bisa temukan berbagai pilihan outfit terkini yang bisa kamu padankan dengan gayamu sendiri. Klik www.gatsuone.com sekarang dan follow juga instagram GatsuOne untuk dapatkan promo update setiap harinya. Have a good day oneesan.. Cha!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook