Jaket Kulit yang Kaku Bisa Kamu Lenturkan dengan Cara Ini!

14.02.00

Di antara sekian banyak fashion item, jaket kulit menjadi salah satu outerwear yang wajib dimiliki oleh para pecinta fashion. Karena bukan hanya memberi efek kehangatan, jaket kulit juga memberi kesan modis dengan berbagai variasi yang ditawarkan.

Kalau kamu baru aja membeli jaket kulit, biasanya ada rasa kaku dan sedikit nggak nyaman ketika dipakai. Ini bukan karena kamu salah pakai ukuran kok. Kondisi ini merupakan hal yang biasa karena bahan kulit dari si jaket yang belum lentur.

Terus harus nunggu sampai kapan supaya jaket kulit bisa nyaman dipakai?
Tenang aja, nggak perlu waktu lama kok untuk melenturkan jaket kulit supaya enak dipakai. Cukup lakukan beberapa langkah ini oneesan.

Pakai Jaketmu Sesering Mungkin
Cara yang paling ampuh untuk melenturkan jaket kulitmu adalah dengan mengenakan jaket itu setiap hari. Secara alami jaket kulit akan lentur karena mengalami tekanan ketika dipakai setiap hari. Jaket kulit akan semakin cepat lentur kalau kamu memiliki banyak aktivitas. Dengan bergerak, kamu bisa memberi tekanan yang lembut pada jaket sehingga membuatnya lebih lentur.

Pakai Jaket saat Sedang Gerimis
Jaket kulit akan lebih elastis ketika basah, asalkan nggak terlalu dibiarkan basah secara berlebihan. Karena mengenakan jaket kulit saat hujan deras akan membuat jaket kulitmu menjadi rusak dan mengerut secara permanen. Kamu juga bisa kena flu kalau terlalu lama kehujanan..

Alternatif biar kamu nggak hujan-hujanan dan akhirnya sakit karena masuk angin, kamu bisa menggunakan semprotan untuk membasahi jaket kulitmu. Setelah itu, gunakan waslap dan seka seluruh bagian jaketmu.

Lenturkan dengan Cara yang Nggak Biasa
Selain memakainya sesering mungkin, kamu bisa melenturkan jaket kulit dengan cara yang nggak biasa. Seperti menggulung dan menggunakan jaket sebagai sandaran punggung atau bantal. Membalutkan jaket pada tubuh untuk digunakan sebagai selimut. Menggulung-gulung jaket seperti bola. Juga menggunakan jaket ketika meregangkan kaki dan lengan.

Gunakan Penggosok yang Halus
Beberapa jaket kulit bisa menggunakan cara ini. Kalau kamu ingin mencoba cara ini, lakukan dengan perlahan dan sering-sering memeriksa hasilnya. Jaket kulit akan lebih sulit diperbaiki daripada kain, jadi saat ada lubang, sobekan, atau kerusakan apapun pada kulit maka akan meninggalkan bekas permanen.

Nah tips untuk memilih penggosok yang lembut, kamu bisa mememakai sabut baja (steel wool) yang halus, atau ampelas dengan grit yang tinggi. Setelah itu gosok pada bagian persendian (bahu, siku) dan di sekitar jahitan. Harus benar-benar cermati cara ini karena kalau nggak hati-hati justru malah membuat jaket kulit kamu mengelupas.

Gunakan Kondisioner Khusus Kulit
Pastikan kondisioner yang kamu pakai adalah produk yang sesuai dengan jenis kulit pada jaketmu ya. Karena setiap jaket kulit membutuhkan perawatan yang berbeda. Misalnya aja, losion bisa digunakan untuk jenis jaket kulit kambing dan domba yang lembut. Sedangkan kondisioner yang lebih berat bisa digunakan untuk jenis jaket kulit kuda dan sapi.

Jangan Abaikan Label Perawatan Jaketmu
Setiap jaket memerlukan perawatan yang berbeda. Beberapa jaket mungkin dibuat sedemikian rupa sehingga petunjuk di atas nggak boleh diterapkan pada jaketmu. Karena itu, pastikan kamu melihat label petunjuk perawatan pada jaket sebelum melakukan beberapa tips di atas.



Cari outerwar terbaik hanya di GatsuOne がつおね ! Klik www.gatsuone.com dan temukan berbagai outfit pilihan Japanese fashion essentials untuk office look dan penampilan santai yang fashionable. Buka www.gatsuone.com dan jangan lupa follow juga instagram GatsuOne untuk dapatkan promo dan update setiap harinya. Seize your day Oneesan.. Cha!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook