Inilah 5 Desainer Fashion Jepang yang Harus Kamu Tau

13.59.00


Ternyata nggak hanya Paris dan Italia aja yang bisa menampilkan deretan nama desainer terkenal dan mendunia. Jepang sebagai salah satu kota mode juga memiliki beberapa nama desainer yang terkenal. Bahkan menembus industri fashion di kancah internasional.

Seperti Rei Kawakubo dan Yohji Yamamoto, yang kini namanya telah masuk dalam jajaran desainer avant-garde. Berkat mereka, nama fashion Jepang mendapat reputasi mengesankan dengan karya-karya yang radikal dan ekstrim. Seperti perpaduan inspirasi Timur dan Barat, tradisional dan ultra-modern, telah membuat warisan Jepang berdampak besar bagi industri fashion dunia.

Buat kamu yang nggak mau ketinggalan perkembangan fashion Jepang, yuk intip nama-nama desainer yang kini sedang melambung berkat karyanya yang keren!


Limi Feu

Limi Feu pertama kali debut pada tahun 2000. Saat itu ia menampilkan hasil rancangannya di Tokyo Fashion Week selama beberapa tahun berturut-turut sebelum tembus dalam Paris Fashion Week pada tahun 2007.

Hasil rancangan Limi Feu sering dibanding-bandingkan dengan karya ayahnya yang telah terkenal lebih dulu, Yohji Yamamoto. Kalau karya mereka disandingkan, akan ada beberapa kesamaan dari sisi asymmetrical hemming, layering, dan palettes yang warna gelap. Tapi kalau diperhatikan lebih jauh, sebenarnya desain Feu mengambil punk rock dan street style. Sementara itu desain Yamamoto lebih romantis dibandingkan dengan karya Feu yang bisa masuk ke dalam semua tipe wanita.

Jika dilihat dari beberapa karyanya, desainer yang satu ini benar-benar menampilkan sebuah dimensi yang nggak konvensional. Seperti desain khusus untuk wanita hamil dan wanita bertato. Pokoknya ia selalu konsisten untuk selalu menunjukkan sisi cantik wanita dari banyak sisi.


Tae Ashida

Putri dari seorang desainer lengendaris Jun Ashida ini sangat dipersiapkan untuk mewarisi perusahaan ayahnya. Nggak heran kalau ia telah memantapkan dirinya untuk menjadi seorang desainer yang berbakat dalam karakternya sendiri.

Ashida dengan karyanya yang ready to wear untuk wanita ini sangat kontemporer dan elegan. Desainnya yang ramping dengan desain fungsional, sering menggabungkan material yang cross gender seperti tweed. Sebagai seorang desainer, Ashida juga membuat item fashion yang original dengan nama Leather pats, yakni aksesoris yang terbuat dari French stretch leather dan dapat digunakan sebagai perhiasan kaki atau tangan.


Nicola Formichetti

Nama Nicola Formichetti emang udah dikenal sebagai stylist-nya Lady Gaga. Desain terakhirnya untuk Mugler tentu bisa mengingatkan kamu pada style Lady Gaga, dengan banyak menggunakan latex dan off-beat pada bahu.

Formichetti juga merupakan artisctic director Diesel, serta fashion director untuk Uniqlo dan Vogue Hommes Japan. Pastinya nggak asing lagi kan dengan majalah fashion terlaris di dunia ini? Style-nya yang terkenal eclectic ini sebenarnya merupakan hasil gabungan dari pengalamannya belajar dari berbagai negeri, yakni di Jepang, Itali, Inggris, serta latar belakangnya sebagai seorang stylist.


Toshikazu Iwaya

Toshikazu Iwaya berhasil mendapatkan reputasi terbaiknya untuk menjadi yang terdepan dalam tren desain eksotis dan glamor. Desainer yang juga pendiri Dress Camp ini, lulus dari Bunka Fashion College di Tokyo. Setelah itu ia mulai bekerja di At One Printing Textile pada 1996.  Dengan latar belakangnya ini, ia berhasil debut di Tokyo Fashion Week di tahun 2003.

Karya hasil desainnya bisa dikenal dari style-nya yang flair dan couture-style yang bertemakan era jadul. Namun koleksi terbarunya kini, ia lebih suka dengan pencampuran gaya street wear dengan detail jahit dan bold prints.


Yoki Torii

Desainer ini dikenal dengan desain klasiknya yang berwarna bold. Filosofinya yang selalu ingin membuat pakaian nyaman saat dikenakan membuat koleksinya terlihat imajinatif namun dapat digunakan dalam keseharian.


Yoki Torii pindah ke Paris pada 1973, melaunching karya pertamanya dua tahun kemudian di Paris Collection. Karya-karyanya terinspirasi dari tradisional kimono, dengan rok berpotongan lebar dan blouse dengan flowers dan simbol grafis. Karakter style-nya lebih banyak mencampurkan kain dengan pola, seperti kulit yang dipasangkan dengan gold lame. Selain mengembangkan brand-nya sendiri, ia juga menciptakan banyak kostum untuk drama dan film, serta perhiasan dan pakaian pria.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook