Lupa Hapus Make Up Sebelum Tidur? Ini yang Harus Kamu Lakukan Setelah Bangun

15.39.00


Saat lagi kecapekan atau nggak sempat mengurus wajah, pasti pernah deh ketiduran saat muka masih full make up. “Besok aja lah bersihinnya... Zzz...” terus tidur pules. Padahal selain lengket, make up yang nempel di muka terlalu lama juga bahaya bagi kulit wajah lho. Wajah akan mengalami penyumbatan pori-pori serta iritasi. Dari penyumbatan pori-pori itulah, muncul banyak masalah yang bisa melanda muka kamu. Seperti timbul flek hitam, pori-pori membesar, jerawat, kulit kering, dan timbul garis-garis halus kerutan.

Nggak mau kan kena efek kayak gitu? Nah, sekarang kamu bisa pakai cara ini kalau masih kelupaan pakai make up saat tidur.

Setelah bangun pagi, segera bersihkan wajah
Setelah bangun dan sadar kalau make up kemarin masih ada di wajah, yang pertama harus dilakukan adalah membersihkan wajah. Mulai dari bagian mata dulu ya, karena mata paling rentan terhadap bakteri dari luar. Baru setelah itu bersihkan wajahmu agar kulit dapat bernafas.

Lalu pakai cleanser wajah yang lebih banyak dari biasanya. Pijat otot-otot wajah dengan gerakan lembut untuk mengangkat kotoran dan minyak berlebihan di wajah. Selanjutnya, cuci muka dengan sabun pembersih wajah hingga wajah benar-benar bersih.

Lancarkan peredaran darah pada kulit wajah
Agar peredaran darah wajah kembali normal, kamu bisa menggunakan handuk yang direndam air hangat. Peras airnya terus tempelkan pada wajah selama kurang lebih 3 menit. Kulitmu akan terasa lembap dan pori-pori pada kulit wajah akan lebih terbuka.

Manjakan kulit dengan masker wajah
Gunakan masker wajah dalam keadaan pori-pori kulit wajah yang masih terbuka. Dengan begini kandungan serum dalam masker dapat diserap oleh lapisan kulit yang lebih dalam. Setelah itu, gunakan moisturizer atau cream khusus yang dapat menjaga kadar kelembapan di dalam kulit.

Jangan pakai make up setelah membersihkan wajah
Hindari menggunakan make up setelah membersihkan wajah ya, untuk mengistirahatkan kulitmu. Jika terpaksa harus menggunakan make up karena tuntutan kerja, gunakan make up secara natural aja.

Atur jadwal tidur yang tepat
Kalau kamu sering kelupaan hapus make up karena aktivitas yang padat, coba deh atur ulang jam tidurmu di keesokan harinya. Usahakan tidur sebelum jam 10 malam agar sel kulit dapat beregenerasi secara optimal (jam 10 malam-2 pagi).

Pakai masker sebelum tidur untuk kencangkan pori-pori
Jika kamu merasa ukuran pori-pori terlihat semakin melebar akibat kebiasaan burukmu, gunakan masker alami berbahan putih telur di malam hari. Kandungan albumin di dalam putih telur dapat mengencangkan pori-pori dan enzim lisozim di dalamnya dapat menekan iritasi pada kulit. Tapi jangan sampai ketiduran lagi ya..

Memang sih lupa hapus make up nggak secara signifikan bikin wajah kita jadi jelek dalam semalam, tapi jangan biasakan tidur tanpa membersihkan make up ya. Segera lakukan langkah-langkah di atas untuk menghindarkan kamu dari berbagai masalah wajah lainnya. Selamat mencoba!


You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook