10 Cara Hadapi Si Penyebar Gosip Negatif

15.30.00


Dalam lingkungan sekolah, kuliah, kerja, atau dimanapun kita berada nggak lepas deh dari yang namanya masalah rumor atau gosip nggak jelas tentang diri kita. Tidak peduli mau kita populer atau enggak, ada kalanya orang-orang yang ngomongin kita di belakang. Hal ini pasti dialami oleh semua orang, bahkan orang baik-baik yang nggak pernah buat masalah pun juga nggak luput dari rumor negatif.

Memang digosipin itu rasanya nggak enak, bikin kuping panas, dan jadi pengen remes-remes si biang gosip, terus teriak ke semua orang “gue nggak gitu!” Tapi daripada jadi rendah diri dan jadi benci sama kehidupan sosial karena terlalu sering dengerin gosip nggak bener, lebih baik kita hadapi kondisi sulit ini dengan cara yang dewasa. GatsuOne punya 10 tips hadapin orang-orang yang suka bikin gosip tentang kamu.

Abaikan berita itu sekuat yang kamu bisa
Saat kamu nggak sengaja mendengar rumor tentang dirimu, satu langkah penting yang harus kamu coba adalah mengabaikannya. Kadang, kalau kamu mengabaikan hal-hal kayak gini rumor itu akan hilang sendiri. Kalau kamu bisa mengabaikan rumor semacam itu, berarti juga membuktikan bahwa kamu udah menang dari gosip nggak jelas. Ketika kamu bisa menunjukkan bahwa kamu nggak peduli, orang lain juga akan berhenti peduliin gosip itu.

Nggak perlu menyangkal terlalu keras
Mau rumornya benar atau salah, biasanya manusia bakal menggunakan instingnya untuk mempertahankan diri lebih dulu. Caranya ya berusaha menyangkal semua orang yang nanya ke kita tentang gosip itu Akhirnya kamu jadi ceritain segala macam yang memungkinkan kenapa rumor itu bisa tercipta. Yang bikin bahaya kalau kamu malah jadi membeberkan cerita yang mengandung aib. Oh NO!

Dengan cara ini bisa aja kamu meyakinkan mereka tapi sebenarnya usaha ini malah bikin kamu terlihat lemah. Daripada kamu capek jelasin ini-itu ke semua orang atau nulis curhatan ke sosial media, mendingan abaikan aja. Atau kalau teman-teman kamu masih nanya tentang rumornya, jawab aja, “Nggak. Itu nggak bener.” Terus tinggalin deh.

Buat orang-orang merasa bahwa rumor itu adalah berita yang bodoh
Untuk langkah selanjutnya, kamu bisa lho bikin orang-orang merasa bodoh ngomongin berita bodoh ini. Lakukan sambil ketawa dan akting bahwa berita ini adalah rumor yang bener-bener bodoh dan nggak kamu peduliin sama sekali. Misalnya kalau ada yang nanya tentang rumor itu, ketawa aja santai sambil putar bola mata ke atas dan bilang, “Heuh, enggak. Itu nggak bener.” Setelah itu cari topik lain dan buat mereka nggak ingat sama rumor itu. Just blowing it off.

Tetap tenang dan jangan biarkan mereka liat reaksi kamu
Mengabaikan rumor berarti juga nggak membiarkan mereka melihat betapa marahnya kamu sama berita itu. Minchan ingetin lagi ya, ketika kamu berusaha banget menyangkal dan marah-marah justru akan bikin kamu terlihat lemah. Menangis juga nggak akan bikin mereka menyesal, justru bisa-bisa malah memancing mereka bikin berita baru. Mereka sebenarnya sangat tertarik sama respon kamu, karena mereka ingin liat drama. Karena itu jangan penuhi keinginan mereka dengan memperlihatkan reaksi yang dramaable.

Temui si dia yang bikin rumor
Kalau kamu menemukan siapa dalang di balik rumor nggak jelas ini, bicara langsung aja sama dia. Mungkin bakal lebih baik kalau bicara secara private aja daripada di depan publik. Temui orangnya dengan manner yang kalem dan tanyakan, “kenapa kamu mengatakan hal-hal seperti itu?” Bikin pembicaraan ini se-clear mungkin dan tunjukkan bahwa kamu adalah orang yang dewasa di sini. Jadi nggak perlu marah-marah dan berantem ya.

Cari sahabat terbaikmu
Ngadepin rumor yang negatif itu susah lho. Jangan pernah berpikir kalau kamu harus menghadapi masalah ini sendirian. Karena itu, kamu boleh kok ungkapkan semua masalahmu ke sahabat untuk menenangkan diri. Ada kalanya bicara sama orang tua atau keluarga itu nggak nyaman, karena itu menemui sahabat adalah pilihan terbaik. Mereka bakal jadi pendengar yang baik buat kamu kok, mau kamu nangis-nangis atau marah-marah mereka bisa bikin kamu merasa lebih baik.

Jangan atur balas dendam
Memang sih kadang kita tergoda untuk membalas api dengan api, dengan membalas rumor dengan rumor baru. Tapi jangan lakukan ini ya, karena balas dendam adalah tindakan yang kekanak-kanakan. Balas dendam terbaik adalah dengan ngelanjutin hidup dan bertindak seolah rumor itu nggak mengganggu kamu. Percaya deh.

Berdiri tegap saat diperlukan
Meski cara utama adalah “abaikan aja”, tapi kadang kamu perlu berani buat menghadapi hal-hal yang udah keterlaluan. Kalau keadaan udah nggak bisa terkontrol lagi jangan takut untuk pasang badan dan mempertahankan diri. Tapi jangan lakukan ini dengan merengek atau nangis sambil teriak, ini nggak bener! *drama ya* Tapi lakukan dengan tegas.

Laporkan ke orang yang punya otoritas kalau memang diperlukan
Kalau keadaan ini bener-bener udah di luar batas kontrol, kamu kayaknya harus konsultasi sama orang yang punya otoritas seperti guru, konselor, atau orang tua. Katakan bahwa kamu udah nggak tahan menerima perkataan yang kasar dari orang sekitar dan kamu butuh rasa aman untuk saat ini. Jangan takut untuk membiarkan orang lain masuk dalam masalahmu karena mungkin mereka punya power lebih untuk menghentikan ini.

Introspeksi diri adalah yang paling penting
Nggak ada asap kalau nggak ada api kan? Makanya daripada sibuk membela diri atau menyerang orang lain, lebih baik introspeksi diri. Sebenarnya apa sih sisi buruk kita yang bisa membuat rumor ini terjadi. Atau pikirkan kenapa mereka nggak suka sama kita, karena bisa jadi dulu kita pernah menyakiti mereka. Atau bisa juga karena dulunya kamu seorang tukang gosip, makanya sekarang lagi kena batunya? Well, introspeksi adalah hal yang paling pertama.

Gimana, udah ngerti kan gimana caranya menghadapi orang yang suka membual rumor dan gosip negatif? Daripada mikirin rumor yang nggak jelas itu, lebih baik hadapi harimu dengan lakukan hal-hal yang bisa bikin mood kamu naik lagi! Klik www.gatsuone.com yuk, tempat belanja yang bisa bikin semangat balik lagi, di sini kamu bisa temuin fashion kawaii terbaru dengan style ala Jepang, happy shopping Oneesan! Have a great day!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook