Tips Membersihkan Tas Berbahan Kulit

09.22.00

Cara membersihkan bahan kulit tentu berbeda dari cara membersihkan kulit manusia. Sebagian besar di antara kita paham bahwa bahan kulit tahan lama. Tetapi, ini bukan berarti bahan kulit nggak perlu dirawat dan dibersihkan. Baik tampak ataupun nggak, noda, bercak, lapisan debu, dan kotoran sehari-hari tetap saja mungkin menempel di barang-barang berbahan kulit. Mengingat karakteristik bahan kulit, menggunakan metode pembersihan yang sama dengan cara membersihkan kain tentu akan merusaknya. Ketika menangani bahan kulit, selalu tes produk pembersih yang akan digunakan di area kecil dan nggak terlalu terlihat serta ikuti petunjuk pemakaiannya.
Kebanyakan orang menggunakan sabun atau deterjen biasa untuk menghilangkan noda pada bahan kulit, tetapi ini bukan cara yang cocok. Residu sabun biasa dapat menutup pori-porinya sehingga menyebabkan bagian yang dicuci menjadi kering dan pecah-pecah.

Berikut ini beberapa tips cara merawat kulit agar barang-barang berbahan kulit kamu tetap terlihat seperti baru
  1. Poin pertama, Sebelum mulai membersihkan tas ada baiknya kamu membaca label perawatan tas agar kamu nggak salah dalam penanganan.
  2. Campur air bersih atau air mineral dan sabun berbahan lembut, seperti sabun cuci muka atau deterjen untuk pakaian halus, dengan perbandingan 8:1. Tuangkan campuran tersebut ke dalam botol semprot.
  3. Semprotkan pada kain atau spons bersih, akan lebih baik lagi kalau kamu menggunakan kain mikrofiber. Hindari menyemprotkannya langsung pada noda karena bisa membuat areanya terlalu basah.
  4. Lap nodanya secara perlahan-lahan searah alur serat bahan kulitnya. Hindari menabraknya!
  5. Setelah nodanya hilang, biarkan tas atau dompet mengering secara alami, jauh dari paparan langsung sinar matahari.
  6. Setelah kering, poles memakai pelembap bahan kulit untuk melindunginya.


Beberapa bahan dapur efektif dan juga aman untuk membersihkan bahan kulit, tetapi coba terlebih dulu bahan-bahan dapur tersebut di area kecil yang tersembunyi. Perasan jeruk lemon baik untuk mengangkat noda, sedangkan cuka bisa dipakai untuk menjaga bahan kulit tetap terlihat prima. Minyak alami, seperti minyak zaitun dan minyak kelapa, juga bagus untuk membantu mempertahankan kilau dan kelembapan bahan kulit.

Nah itu dia tipsnya, poin-poin kunci dari tips diatas adalah :
  • Pada saat membersihkan noda pada tas atau dompet kulit, lap mengikuti alur serat bahannya
  • Jangan menggunakan kertas tisu untuk membersihkan sofa kulit karena serpihan-serpihan seratnya dapat menempel ke bahan kulit
  • Bahan alami seperti cuka, perasan jeruk lemon, dan minyak zaitun dapat membantu membersihkan bahan kulit


 Yap, selamat mencoba Oneesan. Gak mau kan kalau tas kesayangan kamu jadi rusak?
Mau koleksi tas terbaru? Cek koleksi dari GatsuOneがつおね yuk! Cek koleksinya di www.gatsuone.com

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook