10 Tempat Ikonik Yang Nggak Disangka-sangka Ada di Jepang

06.00.00


Ada sebuah kecenderungan unik di biro wisata Jepang dalam mempromosikan destinasi wisata nasional. Mereka kerap membandingkan salah satu objek di sana dengan sebuah tempat terkenal di dunia. Maka jangan heran bila kadang mendengar, “Mampir ke Okinawa deh, itu Hawaii-nya Jepang” atau “Coba main ke Kagoshima, Napoli-nya Timur.” Well, ucapan tersebut ada benarnya juga karena tingkat kemiripan tempat tersebut bisa dibilang hampir mendekati tempat yang dibandingkan. Tidak percaya? Ini dia 10 tempat ikonik di dunia yang ternyata juga dapat ditemukan di Jepang.


Rambling Traveler

Venesia
Negeri Matahari Terbit kerap mendeklarasikan diri sebagai Venesia dari Timur atas dasar banyaknya kanal air yang dimiliki. Mulai dari Kyoto sampai Kurashiki, Osaka, Hiroshima, Kagoshima, Sakai, Matsue dan masih banyak lagi. Bahkan untuk Osaka sendiri, julukan tersebut sudah melekat sebelum Perang Dunia II karena kanal air adalah pusat kekuasaan dalam era Feudal Jepang. Kini sisanya ada di Ine Bay di mana 230 kapal boat duduk berdampingan dengan tenang di permukaan air.



Okinawa : Marriott
Hawaii: Kirby
Hawaii
Kepulauan Indah yang terletak di Pasifiik Utara ini kerap disandingkan dengan pulau Okinawa di Jepang. Terlepas dari adanya pangkalan Amerika di sana, keadaan tropisnya juga sama-sama menyenangkan. Malahan, kemiripan yang ada terletak di masifnya atribut berbau Hawaii yang dijual di sana seperti kaos, pancake, sampai ke lagu pop yang bertema sama.


Huis Ten Bosch: Shibuya246
Utecht : David Liff
Belanda
Jangan heran bila melihat nama Belanda masuk ke dalam daftar. Pasalnya ada satu tempat unik di prefektur Nagasaki yang menyerupai bentuk kota Belanda bernama Huis Ten Bosch. Seperti artinya yaitu Rumah di Hutan, semua replika bangunan Belanda seperti rumah, taman, hotel, kanal dibuat persis dengan aslinya. Semuanya tidak lepas dari sejarah di mana kawasan ini memang diperuntukkan bagi para warga asing seperti orang Belanda dan Portugis untuk tinggal dan menyimpan barang dagangan di sana.


 
Kagoshime : Metropolis.co.jp
Napoli : Dreamstime
Napoli
Untuk deretan klaim yang berada di daftar ini, Kagoshima yang mendeklarasikan diri sebagai Napoli-nya Jepang bisa dikatakan paling mendekati. Letaknya yang persis di pesisir selatan pulau Kyushu di mana iklimnya lebih hangat dari pulau utama, membuat jalanannya dipenuhi pohon palem dan penduduknya bertemperamen cepat panas, serupa dengan sister city-nya. Apalagi ditambah Sakurahima, Vesuvius-nya Kagoshima yang dapat dilihat langsung dari seberang kota.


Ogasawara : Pinterest
Galapagos : Pinterest
Galapagos
Perbandingan antara pulau Ogasawara di Jepang dan Galapagos di Ekuador adalah jelas. Keduanya sama-sama sebuah pulau vulkanik terpisah dari dataran utama, tidak pernah tersambung dengan benua dan hewan yang tinggal di dalamnya memiliki keunikan khas. Sayangnya koleksi Ogasawara tidak setenar dan sebanyak Galapagos. Namun tetap dapat dibanggakan atas dasar penganugerahan UNESCO sebagai Natural World Heritage Site pada 2011.

Kastil Takeda (Photo : Norio Nakayama)
Machu Pichu: WanderingTraveler
Machu Picchu
Dilihat dari tingkat ketinggian dan sisi dramatis, Machu Picchu di Peru jelas lebih unggul daripada Kastil Takeda di Jepang. Namun dari segi sejarah, keduanya memiliki kemiripan yang tidak jauh beda dari tahun pembuatan. Takeda dibangun pada tahun 1441 sedangkan Machu Picchu di 1450. Selang 10 tahun dan nasibnya yang ditinggalkan setelah dihuni lebih dari seadab lamanya membuat kemiripan di antara mereka. Bagaimana dengan ketinggian? Machu Picchu lebih tinggi 2 meter di 2,430 dari permukaan laut, namun tetap mereka berdua ada di puncak bukit yang curam dengan awan sebagai penghias halaman mereka.

Enoshima : Japan-Guide
Miami: Voyage-gentleside

Pantai Miami
Ingin cari pantai yang asyik di Jepang? Datang saja ke pantai Enoshima di prefektur Kanagawa. Banyak penduduk lokal yang menyatakan bila ini Miami-nya Jepang. Ya, pantai pasir putih dengan latar belakang perkotaan. Cocok untuk bersantai di akhir pekan.

Omotesando (Photo: Kakedai)
Champs Elysess (Photo: Josh Hallett)
The Champs Elysees
Setelah puas menikmati guyuran sinar matahari di Enoshima, ambillah perjalanan singkat ke Ibukota, Tokyo untuk menyapa Champs Elysess-nya Jepang, Omotesando. Omotesando yang berarti Pendekatan Depan adalah satu boulevard lurus memanjang dengan kawalan pohon Zelkova di kiri dan kanannya. Pertokoan mewah sepanjang Omotesando hadir dari awal Stasiun Omotesando sampai ke Kuil Meiji. Tatanan inilah yang kerap dibandingkan dengan Champs Elysess yang berujung ke Arc de Triomphe.



Alpen Jepang: akilipolee
Eropa (Photo: Martin Janner)
Alpen
Memanjang seperti tulang punggung di pulau utama Jepang, Honshu, ada tiga pegunungan besar yaitu Hida, Kiso, dan Akaishi yang cukup terkenal. William Gowland, orang asing yang pertama kali mengetahui hal ini menjulukinya sebagai Alpen-nya Jepang dan kemudian dipopulerkan oleh Walter Westoin di abad 19. Kendati lebih rendah, mereka tetap mengagumkan dan menjulang gagah.

Osaka : Japantimes.co.jp
Manchester: Wikipedia
Manchester
Daftar terakhir ditutup oleh Manchester. Para Manchunian yang rindu kampung halaman dapat menemukan substitusi sempurna mereka di Osaka. Dengan predikat sebagai Manchester-nya Timur, Osaka adalah simbol perkasa revolusi industri di Jepang. Bila dibandingkan dengan Manchester yang merupakan kota industri pertama di dunia cukup mirip bukan?


Dikutip dari japanesestation

Nah buat kamu yang suka fashion Jepang wajib kunjungi www.gatsuone.com ! Sekali klik akan banyak item fashion menarik yang kamu temukan.

Jangan lupa juga untuk follow instagram @gatsuone untuk info promo & Product terbaru:)

Orang bijak tentu selalu meninggalkan jejak, yuk comen:) Dan jika kamu beruntung kamu bisa dapet voucher belanja lho.


You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook