FlashBack : Situs Jejaring Sosial Ini Membuktikan Bahwa Kamu Juga Pernah Alay

07.00.00

Siapa sih hari gini yang ga kenal sosial media? Kamu tentu udah gak asing lagi kan sama yang namanya facebook, twitter, instagram, path, tumblr dan teman – temannya? Gimana nggak, mereka udah menjadi teman curhat dan berbagi ke-galau-an karena kita bisa meluapkan isi hati dan perasaan kita. Mungkin itu lah salah satu kegunaan sosmed yang membuat penggunanya nggak bisa lepas.

Kalau saja akun Friendstermu masih bisa dibuka sekarang, mungkin kamu akan melongo di depan komputer, pasang wajah hening sambil geleng-geleng kepala, lalu mulai bertanya pada dirimu sendiri Bener nggak sih ini dulu gue yang nulis?
Tenang aja, kamu nggak sendirian.Semua orang pasti pernah alay pada waktunya.hehe  Nggak perlu malu karena alay adalah salah satu tahap dalam proses pencarian jati diri kita.
Ingat nggak sih dulu kamu pernah main di warnet berjam-jam? Mulai dari chatting nggak penting sama orang asing, sampai serius banget desain profil Friendster kamu biar keren? Apa aja sih yang kamu lakukan untuk menjadi anak gaul nan alay pada masa itu? Nah, ayo coba buka lagi memorimu.

Untuk membantumu mengingat, berikut daftar akun sosial media yang  –in banget pada masanya. Yuk simak langsung!

Berbagai Aplikasi Roomchat ini tentu selalu menghiasi harimu

Jauh sebelum ada BBM, LINE, WhatsApp, Kakao, dan sebagainya, kamu sudah akrab dengan berbagai situs chat. Bedanya, kalau LINE dan Whatsapp biasanya kamu gunakan untuk komunikasi dengan teman yang lebih irit pulsa, aplikasi-aplikasi chat di bawah ini juga kamu pakai untuk mencari teman-teman baru di dunia maya.
Mungkin kamu dulu pakai salah satu dari aplikasi di bawah ini:


mIRC
Media sosial yang satu ini bisa disebut sebagai buyut dari dunia per-chatting-an, karena sudah didirikan sejak tahun 1995 lho. Mau chat tapi males nge-share informasi pribadi? mIRC jadi pilihan. Hari ini kamu bisa bernama Sang Arjuna’ dan besok kamu bisa ganti jadi ‘Pangeran Kodox’. Kamu bisa chat dengan banyak orang, baik private ataupun di chatroom bareng-bareng. Jangan kaget kalau teman chatmu ternyata temanmu di dunia nyata yang menyamar dengan nama samaran. Bahkan sosial media ini sempat memiliki pengguna terbanyak dalam kategori chatting, dengan diunduh sebanyak 9.129.578 kali dari CNET pada Oktober 2007.
Yang punya akun mIRC pasti tau maksudnya dari singkatan lol, ppl, dan asl plz yang akan dijawab dengan 17/F/Cianjur.
Lupa? Inget-inget dong ah..

Mig33
Nah, ini gebrakan untuk handphone kita yang kian canggih! Setelah hadirnya HP java dan sinyal GPRS, kamu nggak cuma bisa chat via PC, tapi ada aplikasinya di handphone. Mig33 yang berupa layanan aplikasi untuk mengirim pesan instan lewat telepon seluler dan merupakan komunitas telepon seluler terbesar pertama di dunia. Bahkan sudah memiliki pengguna lebih dari 50 juta dan kebanyakan setengah dari penggunanya berasal dari Indonesia. Dulu kalau chat di group mig33, kalau nggak suka sama orang, tinggal bawa bala tentara, terus kick deh itu orang yang menyebalkan. Atau kamu dulu flooder yang hobi ngepos banyak chat sampai roomnya nge-lag? Hayo, ngaku!

Nimbuzz
Orang jaman baheula kalau lihat warna orange pasti ingetnya nimbuzz. Aplikasi chatting satu ini sih memiliki fitur yang sama dengan aplikasi chat yang lain. Bedanya nimbuzz memiliki layanan free call untuk telepon gratis layaknya aplikasi modern jaman sekarang.

Mxit
Sosial media yang populer ditahun 2007 ini adalah generasi instant messenger mobile dan jaringan sosial perangkat lunak aplikasi yang memungkinkan seseorang untuk chatting lewat ponsel ataupun PC. Karena dulu biaya SMS bisa Rp 350/sms, kehadiran mxit ini bagaikan surga. Kamu bisa ngobrol dengan teman hanya dengan biaya super 1.00/chat . Layaknya Whatsapp dan Line, di sini kamu bisa chat rame-rame se-RT dengan biaya murah. Lewat sosial media ini kita dapat terhubung dengan pengguna Yahoo! Messenger, Google Talk, AIM, ICQ dan Windows Live Messenger yang akan memudahkan kita untuk berkomunikasi. Kamu yang nggak suka cari temen baru di dunia maya, pasti lebih memilih mxit.
Ebuddy
Selain beberapa jejaring sosial di atas, ada juga Ebuddy, yaitu sebuah aplikasi pengirim pesan instan melalui jaringan internet berbasiskan website dan telepon seluler yang didirikan pada tahun 2003. Sama halnya seperti MXit, sosmed ini juga mendukung beragam layanan pengiriman pesan instan seperti Yahoo! Messenger, Google Talk, AIM, ICQ, Windows Live Messenger, Myspace IM dan Facebook. Untuk menggunakan Ebuddy lewat komputer, kita nggak perlu lagi repot mengunduh atau menginstal aplikasi apapun di komputer. Pengguna hanya perlu terkoneksi dengan internet dan menggunakan web browsernya untuk menjalankan Ebuddy. Berbeda dengan versi web, pada aplikasi yang berbasiskan telepon seluler, pengguna harus menginstal aplikasi Ebuddy dahulu.

Yahoo Messenger
Jangan lupakan juga aplikasi kawakan yang masih ada hingga kini, Yahoo! Messenger. Ada yang masih pakai? Yahoo! Messenger adalah program aplikasi komunikasi yang berguna untuk mengirimkan pesan secara instan, yang memungkinkan penggunanya berinteraksi atau chatting secara langsung di internet. Yahoo! Messenger atau sering disingkat YM ini juga bisa digunakan untuk berkomunikasi melalui suara dan tatap muka melalui webcam. Fitur terbarunya juga memungkinkan pengguna YM untuk berinteraksi dengan pengguna di layanan dan jaringan lain, seperti Windows Live (MSN) dan Facebook. Komunikasi bisa dilakukan secara individual melalui Private Message (PM), maupun secara massal melalui Conference dan Chat Room. Aplikasi ini juga sangat melindungi privasi penggunanya, di mana komunikasi hanya bisa dilakukan oleh sesama pengguna yang sudah saling kenal dan terkoneksi dalam daftar kontak.

MySpace
Kamu pecinta musik atau anak band mungkin gak asing lagi dengan jejaring sosial yang satu ini. Myspace (dahulu MySpace) memiliki jaringan terbesar di dunia, diproduksi oleh perusahaan News Digital Media milik News Corporation pada tahun 2004. Salah satu keunggulan menggunakan MySpace adalah kita dapat mempromosikan hasil karya musik kita ke seluruh dunia, bahkan sosmed ini sempat mencoba untuk menyaingi Youtube dengan menampilkan berbagai macam dan beragam bentuk video. Maka dari itu, MySpace sering digunakan para musisi untuk memamerkan hasil karya mereka ke seluruh pengguna internet.

Bing
Bing adalah aplikasi instant messsage berbasis Java mobile (untuk HP JAVA dan SYMBIAN) yang pada jamannya bisa dikatakan keren. Kenapa keren? Karena kita bisa mengirim foto langsung dari kamera handphone kita kapanpun dan dimanapun tanpa edit. Kita juga bisa saling bertukar foto dengan lawan chatting. Disamping itu kita juga bisa masuk ke chat room teman-teman kita , nge-add teman baru yang belum kita kenal sebelumnya, jadi bisa nambah teman baru . Asik kan?


Ingatkah dengan plasa.com dan telkom.net, tempat kamu bikin email pertamamu?
Mungkin sekarang kamu lebih akrab dengan Gmail atau Yahoo. Tapi jangan pernah lupakan plasa.com dan telkom.net. Bagaimanapun mereka adalah awal dari eksistensimu di dunia internet yang maha luar biasa ini. Coba ingat-ingat, mungkin dulu kamu punya alamat email namasaya(taruh nama kerenmu di sini)@plasa.com. Kemanakah situs ini sekarang?

Kamu yang punya Friendster tentu merasa paling 94UL pada masanya
Siapa yang nggak kenal friendster. Di Indonesia, Friendster ibarat ibu dari segala media social, salah satu sosmed yang populer pada tahun 2004-2005 sebelum kemunculan Facebook, dengan logo smile yang menjadi ciri khasnya. Kebanyakan penggunanya berasal dari Asia yang mencapai hingga 90% lho! Berbeda dengan sosmed saat ini, Friendster dapat mengubah tampilan template sesuka hati kita, banyak blog atau web yang menyediakan pilihan template Friendster secara gratis. Friendster juga bisa melatih daya kreatifmu. Mulai dari bagus-bagusan background dan aneh-anehan nama, sampai bikin teks warna-warna yang bisa jalan-jalan dan ada lagunya. Fotomu nggak boleh kalah gaul. Kalau bisa angel foto dari atas, atau foto yang cuma kelihatan separo wajah aja. Ah, ribet. Lebih simple ambil foto di google cowok/cewek yang punya postur paling mirip sama kamu, dan lagi membelakangi kamera. Ceritanya tampak belakang, gitu lho. Kita juga bisa mengirimkan komentar atau wall dengan gambar animasi. Sebelum facebook muncul, kamu hanya resmi gaul kalau punya friendster dengan ribuan teman. Nggak kenal nggak apa-apa, yang penting banyak yang nge-add as friend.

Thx 4 add. Capa d sana?
Alay? Nggak juga. Nggak ada alay di friendster, karena istilah itu dulu nggak ada dan kelakuan yang sekarang khusus dilakukan para alay dulu dilakukan kita semua.

liveconnector.com, Friendster produksi dalam negeri

Nggak mau kalah sama Friendster yang bikinan luar negeri, Indonesia juga punya situs media sosial sendiri lho. Di liveconnector  atau biasa disebut LC, kamu nggak cuma bisa balas-balasan post di wall, tapi juga bisa chat pribadi. Jadi, kalau kamu lagi modusin banyak orang, nggak bakal ketahuan kok.

Multiply.com, chat dan ngeblog jalan terus
Kamu yang merasa gaul di tahun 2006-2008 pasti punya akun Multiply juga. Sebelum jadi platform e-commerce seperti sekarang, Multiply juga platform jejaring sosial. Sama kayak Friendster. Bisa add teman, ngobrol, main games, dan lain-lain. Kamu juga bisa unggah foto alay-mu di sini lalu nunggu oleh teman-temanmu. Bedanya, di multiply, kamu nggak bisa bagus-bagusan tema background. Sebagai multiplayers, kamu harus cukup puas dengan default yang disediakan mereka. Tapi jangan sedih, meski nggak bisa mengeksplor kreativitas, kamu masih bisa ngeblog juga di sana. Curhat kejadian sehari-hari sampai posting lirik lagu yang lagi menggambarkan hatimu cukup membantumu eksis kok.
Sampai sekarang multiply.com masih ada. Yang ngeblog di sana juga masih banyak. Meski berselang-seling digempur Facebook, Twitter, Path, masih banyak kok pengguna Multiply yang setia. Kamu berminat main Multiply lagi nggak?

Mailing List alias Milis, dulu belum ada group chat, kalau mau diskusi yaa… pake email
Dulu belum ada yang namanya group chat. Kalau mau diskusi ya lewat mailing list, atau milis. Jadi, milis ini semacam group chat, tapi chatnya masuk ke email. Semakin banyak milis yang kamu ikuti, semakin banyak email yang akan masuk ke emailmu. Kan keren gitu kalau banyak yang email.
Kalau kamu ikut milis, pasti inget deh jengkelnya gimana kalau udah buka email, eh isi pesannya cuma “bagus ya…”, atau tiba-tiba ada yang jualan ini itu. Atau jangan-jangan kamu pelakunya?


Karena jodoh itu adalah misteri, jangan lupa cek jodohmu di primbon.com
Namanya juga primbon. Pasti hubungannya sama ramal-ramalan. Mulai dari ramalan zodiak, karir, kesehatan, semua ada. Kalau kamu punya pacar, kamu pasti buru-buru ngecek kalian jodoh apa nggak di sini. Kalau kamu masih jomblo, pasti penasaran kan jodohmu nanti kayak gimana.
Nggak cuma itu. Primbon.com juga bisa memfasilitasi rasa penasaranmu pada dunia gaib. Kalau kamu hobi lihat foto-foto penampakan kuntilanak, tuyul, genderuwo, dan teman-temannya, kamu pasti suka nongkrongin situs ini.

waptrick.com, nggak gaul kalau HPmu nggak dihiasi tema-tema yang lucu
Masih ingat jaman-jaman HP symbian? Sebelum android merajai pasaran, dulu ada HP yang pakai sistem symbian. Jangan ngaku gaul kalau HPmu polos tanpa tema-tema dan wallpaper lucu.
Waptrick.com adalah situs yang kamu pakai untuk download tema HP. Mulai dari tema yang natural, mobil-mobilan, dark, emo, sampai hello kity pun ada. Download tema pastinya jadi hal yang wajib kamu lakukan pas di warnet. Ibaratnya kalau memori HPmu 512MB, 200MBnya kamu alokasikan buat tema. Biar bisa ganti tema tiap hari gitu.


Meski sekarang mereka sudah nggak lagi ada, atau ada tapi berubah guna, jangan lupakan keberadaan mereka di hidupmu. Ingat, bagaimanapun mereka ambil bagian dari eksistensimu di dunia maya. Bisa jadi malah ambil bagian dari kisah percintaanmu.


Sosial media manakah yang pernah kamu gunakan pada jaman dulu? Apapun sosial media yang kamu gunakan, disarankan agar kita bisa lebih pintar dan bijak dalam menggunakan sosial media. Lebih baik pergunakan untuk hal -hal yang positif dan bermanfaat buat kita semua dan jangan sampai merugikan orang lain ya..

Nah jaman sekarang internet dan sosial media gak hanya digunakan sebagai alat komunikasi atau pertemanan dan curhat-curhat tapi bisa juga dijadikan sebagai peluang bisnis online. Salah satunya GatsuOneがつおね.
Yuk upgrade look kamu dengan fashion item dari GatsuOneがつおね . Cek koleksinya di www.gatsuone.com atau download aplikasinya dismartphonemu!
Jangan lupa juga untuk follow instagram @gatsuone untuk info promo & Product terbaru:)

Orang bijak tentu selalu meninggalkan jejak, yuk comment:) Dan jika kamu beruntung kamu bisa dapet voucher belanja lho.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook