Menikah dengan Tabungan Pas-pasan, Bisa Kok

08.44.00

Menikah mungkin jadi salah satu impian kamu dalam waktu dekat ini. Sekalipun kamu belum merencanakannya, memikirkan bagaimana mempersiapkan pernikahan itu perlu lho. Karena untuk menuju sebuah pernikahan nggak hanya restu orang tua saja yang harus dipikirkan, banyak hal lain yang perlu dipersiapkan. Mulai dari konsep pernikahan, gaun pernikahan beserta periasnya,  dekorasi serta catering pun nggak luput dari perhitungan.

Tentu nggak sedikit biaya yang harus dikeluarkan apalagi dengan kondisi penghasilan yang pas-pasan. Belajar mandiri dan berusaha nggak merepotkan orang tua dalam pernikahan juga diharapkan oleh sebagian besar pasangan sebab akan menjadi kebanggaan tersendiri. Tapi gimana kalau penghasilan masih pas-pasan sementara keluarga pun kurang mampu menggelar pesta pernikahan? Kayaknya susah sih. Tapi meski terasa berat, yakin deh kamu bisa melewati masa-masa ini. Menikah dengan tabungan pribadi nggak mustahil kok untuk dilakukan.

Hal paling pertama yang harus dicatat adalah, S A B A R
Kenapa harus sabar? Pernikahan itu nggak semudah menyatukan gula sama kopi, pasti ada intervensi dan ego dari semua orang yang terlibat dalam pernikahanmu. Menyatukan keinginan kamu dan pasangan aja sulit, gimana kalau digabung dengan pemikiran keluarga besar? Hmm, biasanya hal yang paling susah dilakukan adalah kontrol emosi. Dari yang udah berpengalaman pasti bakal bilang, “kesabaran kita pasti sangat diuji hari-hari menjelang hari H!” Jadi, mesti siapin kesabaran untuk menghadapi masa-masa berat kedepan ya.

Terbuka tentang kondisi keuangan masing-masing
Kan udah mau hidup bersama, yuk jujur mengenai kondisi keuangan masing-masing. Sebagai sepasang yang akan menjalani hidup bersama, perlu banget lho  adanya kejujuran mengenai masalah keuangan. Seperti pendapatan, hutang, dan tanggungan biaya hidup anggota keluarga. Ini berguna agar ke depannya, kamu dan pasangan sama-sama saling memahami dan dapat menyesuaikan antara jumlah pendapatan dan pengeluaran biaya pernikahan.

Sepakati, apakah keluarga boleh ikut campur dalam persiapanmu
Sepele tapi nggak boleh disepelein juga sih. Sepakatin dulu apakah urusan ini hanya boleh diurus berdua atau bisa fleksibel aja. Kebanyakan yang sudah terjadi, kita lupa memberi tau sebatas mana orang lain boleh intervensi dalam macam-macam urusan. Kita maunya ini, tapi orang tua maunya begitu. Jadinya, malah budgeting nggak terkontrol deh.

Buat budgeting
Kenapa sih harus membuat budgeting di awal? Ya, supaya tergetmu terarah dan tujuan menabung pun juga lebih jelas. Jangan sampai karena ingin pernikahan yang mewah, pendapatanmu jadi terkuras untuk biaya yang sebenarnya bisa kamu tekan. Hitung tabungan yang sudah kalian persiapkan untuk acara ini, dan mulai mencari darimana sumber dana yang bisa kamu dapatkan. Mungkin bisa dengan cari usaha sampingan.

Setelah membuat budgeting, atur dalam pos-posnya masing-masing
Untuk mengatur budget pernikahan, harus konsisten! Pertama, masukkan dulu budget dalam setiap posnya baik untuk gedung, catering, undangan, dan lain-lainnya. Jangan lupa, harus konsisten dalam mengelolanya ya, karena kalau salah satu pos melebihi budget pasti akan mengganggu pengeluaran pos lainnya.

Hemat dalam berkencan
Untuk nambah-nambah tabungan pernikahan, perlu banget untuk mengepres biaya yang nggak perlu-perlu banget dibutuhkan, seperti kencan. Nggak perlu deh harus ke restoran mahal untuk sekadar makan, mendingan masak berdua di rumah. Selain lebih romantis, kamu juga bisa pendekatan dengan keluarga masing-masing.

Buang gengsi
Memang sih, acara pernikahan maunya hanya digelar sekali seumur hidup. Mungkin sebagian menginginkan acara yang mewah dan ingin mengundang banyak kerabat. Tapi apa mau dikata kalau budget nggak sanggup memenuhi keinginanmu. Sabar-sabar aja, acara yang sederhana pun jika kamu bisa mensyukurinya pasti bisa menjadi acara yang indah kok.

Hidup bahagia dan jangan utamakan emosi
Ingat ya, acara pernikahan merupakan momen yang bisa kamu alami sekali seumur hidup. Dan alasan kenapa kamu ingin mengadakan pesta adalah ingin mengajak semua temanmu merasakan kebahagiaanmu. Karena itu tunjukkanlah bahwa kamu adalah orang yang paling bahagia meski terbatas dengan budget yang nggak banyak. Wish you happy, Oneesan!

You Might Also Like

1 komentar

  1. terimakasih infonya sangat membantu, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2PQ5HiL

    BalasHapus

Like us on Facebook