Tips Penampilan Buat Kamu yang Mau Interview Kerja

15.39.00

Baru pertama kali interview kerja? Atau udah sering interview tapi belum pernah lolos? Beberapa faktor mungkin sudah kamu renungkan, dari segi kecocokan pekerjaan, kepribadian, atau mungkin dalam hal penampilan. Masalah ini biasanya sering terjadi pada orang yang baru lulus kuliah dan mulai mencari pekerjaan. Yang biasanya suka pakai jeans dan kaos saat ke kampus, tentunya perkara penampilan formal adalah sebuah hal yang cukup bikin kesulitan, iya kan?

Nah, kali ini cari tahu yuk gimana caranya meningkatkan penampilan saat kamu mau interview kerja.

Saat pertama kali diemail atau dihubungi oleh HRD, perhatikan baik-baik jangan sampai ada informasi yang terlewat
Kenapa? Karena baik di email maupun ditelpon, HRD akan memberi informasi penting seputar jadwal interview kamu. Ini bakal kacau banget kalau kamu cuma jawab iya-iya aja sambil ngunyah kacang tanpa perhatiin apa yang dikatakan HRD di telepon. Apalagi kalo HRD nya suka bikin jadwal mendadak, misalnya interviewnya entar sore, hehe. Kelabakan kan?

Maka dari itu, setiap kamu dapat panggilan interview usahakan perhatikan baik-baik bahkan kalau perlu ambil catatan khusus. Kalau sekiranya kamu merasa jadwalnya terlalu mepet, kamu berhak lho menawar hari interview. Asalkan jangan sampai seminggu atau sebulan nawarnya, untuk meminta mundur satu hari masih bisa diterima kok sama HRD. Dalam waktu yang tersisa ini, kamu bisa belajar dan pilih-pilih pakaian yang akan dipakai nanti.

Nah, biasanya di akhir pembicaraan telepon HRD akan bertanya “ada yang ingin ditanyakan?” Di situlah kesempatan kamu untuk bertanya dan mengonfirmasi jadwal. Tanyakan apa berkas yang harus dibawa dan apakah kamu harus berpakaian formal dengan jas/blazer atau enggak.

Selanjutnya kepo-in tentang perusahaannya
Biasanya, dress code akan menyesuaikan bidang perusahaannya. Misalnya di Bank, berarti kamu harus rapi, berpakaian formal dengan blazer, rok sepan, dan sepatu pantofel. Tapi beda cerita kalau perusahaannya bidang startup. Kebanyakan kantor startup memiliki budaya yang lebih santai dibanding korporasi. Tapi tetep aja, jangan pernah pakai sandal saat mau interview ya.

Pakailah pakaian yang warna dan motifnya tidak mencolok
Jangan salah, warna baju juga mempengaruhi impresi orang-orang ketika melihat kita. Bahkan ada yang bilang kalau masing-masing warna dasar memiliki arti sendiri. Misalnya warna putih bisa menunjukan bahwa kamu orangnya well organized, warna abu-abu menunjukkan kemampuan analisis dan logis yang baik. Warna coklat dapat memberi arti bahwa kamu adalah orang yang bisa selalu diandalkan, sementara merah menunjukkan keberanian, semangat dan energi yang kuat. Banyak yang bilang sih warna biru dapat menunjukkan bahwa kamu percaya diri. Sehingga biru menjadi salah satu warna terbaik yang bisa digunakan.

Untuk motifnya, sebaiknya nggak perlu yang rame dengan renda, ruffle atau lipatan. Pilihlah yang minim motif, sehingga kamu bisa tetap resmi dan berkelas.

Sebelum hari H, coba dulu baju yang bakal kamu pakai
Jangankan sebelum hari H, pas baju baju sampai di rumah aja pasti langsung dicobain, ya kan? Ahaha. Tapi jangan cuma dicoba-coba asal aja, pastikan kamu merasa nyaman mengenakan pakaian tersebut. Cobalah duduk dan berjalan dengan pakaian itu dan jangan ragu meminta pendapat orang lain yang lebih mengerti tentang style dan fashion.

Jangan berpenampilan lebay
Lebih baik jangan memakai terlalu banyak perhiasan, terutama yang terlalu mencolok dan distracting. Jam tangan simpel dan klasik aja cukup kok menjadi pilihan aksesoris yang pas baik untuk laki-laki maupun perempuan. Tambahan lagi, untuk perempuan, avoid wearing too much make-up.

Terakhir, jangan lupa perhatikan kebersihan hingga ke kuku
Selain pakaian, hal penting yang menjadi perhatian adalah kebersihanmu. Jangan sampai kamu dateng ke sana masih ada sisa busa sabun di kepala atau cabe nyelip di gigi ehww. Pastikan kamu datang dengan rambut rapi dan kuku yang bersih. Jangan lupa pakai parfum juga!


Selain cara berpakaian tentu ada hal-hal lain yang lebih penting ketika interview berlangsung. Misalnya, cara kamu menjawab pertanyaan, jabat tangan, kontak mata, dan lain sebagainya. Tapi jangan pula sepelekan masalah penampilan. Biar nggak bingung pilih-pilih, kamu bisa langsung order di www.gatsuone.com, di sana ada banyak pilhan koleksi fashion terbaik untuk penampilan natural dan formal kamu. Selamat berjuang ya!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook