Daripada bikin stres, lebih baik jauhi 7 sifat orang negatif ini

15.35.00


Siapa sih orang yang nggak punya masalah dalam hidup? Semua orang pasti memilikinya, karena kita masih hidup, di situlah ada masalah. Eits, tapi bukan berarti hidup itu adalah masalah lho! Hidup yang bisa kita nikmati ini adalah anugerah dari Tuhan yang Maha Kuasa, namun Ia pasti mengijinkan setiap manusia untuk mengalami berbagai masalah.

But the problem is, ada aja orang yang selalu mengeluh dengan hidupnya. Ia merasa masalahnya itu adalah yang paling berat di dunia ini. Sebentar-sebentar mengeluh, iri hati, dan akhirnya jadi negative thinking terus sama orang lain. Ugh, nggak nyaman banget kan kalau kita dihinggapi dengan orang-orang seperti ini? Ya, meski kita harus saling menguatkan teman, tapi lingkungan yang nggak baik ini justru lama-lama akan bikin kita menjadi pribadi yang negatif juga. Nah, biar nggak ikut-ikutan jadi orang nyebelin, cari tahu dulu yuk tanda-tanda orang yang beraura negatif ini!

Dia yang selalu berpikir berlebihan
Misalnya begini, ketika mau berangkat kuliah, kamu baru keinget kemaren ada cicak jatoh dan nemplok ke paha kamu. Kalau dari ilmu per-mitos-an sih kejatuhan cicak di paha akan ketimpa sial selama perjalanan. Di lain hal, kamu melihat di luar rumah langit udah mendung pertanda hampir hujan. Dan yang nggak kalah pentingnya adalah dosen kamu itu killer banget sama mahasiswa yang telat masuk kelas. Nah lo, apakah kamu akan tetap berangkat kuliah?

Kalo orang yang berpikir positif pasti nggak akan memikirkan si cicak itu, karena cicak yang jatuh adalah sebuah kebetulan aja dan nggak akan ada hubungannya dengan kesialan. Dia akan tetap berangkat kuliah bahkan mungkin akan berangkat lebih pagi karena “takut keburu hujan”. Iya nggak sih?

Beda halnya dengan orang negatif. Cicak, hujan, dan dosen killer adalah 3 hal kekhawatiran yang hinggap di kepalanya. Jadi, daripada dimarahin dosen karena telat macet kehujanan, ya mending nggak usah masuk sekalian. Pikirnya.

Nggak bisa menyembunyikan kabar buruk
Orang negatif biasanya suka mengumbar kabar buruk yang menimpa orang lain, “eh lu dah denger belom kalau si ini...” setelah itu ia bisa menjelaskan secara detail berita itu sejelas-jelasnya. Tapi yang bikin sebel dari orang negatif ini adalah bukan cuma suka membongkar aib orang aja, tapi dia juga suka menambah bumbu-bumbu kebencian dari opininya. Padahal ya kan kita nggak tau apakah yang dia ceritakan itu benar adanya atau enggak.

Hatinya sensitif banget seperti putri malu
Orang-orang yang berpikiran negatif biasanya punya hati yang super amat sangat sensitif pada kritikan. Jangankan kritikan, pujian yang diucapkan secara tulus aja bisa mereka terima dengan cara yang salah lho. Baginya apapun yang orang katakan adalah untuk merendahkan dirinya. Ini sama halnya ketika kamu dan teman-temanmu berkumpul dan tertawa, tapi dia dari kejauhan melihatmu tertawa seperti itu tanpa mengajaknya. Hal itu akan menyakiti hatinya dan mengira bahwa kamu sedang menertawakannya.


via GIPHY
Sekalinya ngomong, pasti cuma ngasih keluhan
Orang yang negatif selalu banyak mengeluh. Mungkin dalam pikirnya, seluruh dunia ini nggak menginginkan dia kali ya. Sehingga ia merasa ditolak dimanapun dia berada. Sering dimarahin bos lah, kehujanan lah, tidur kemaleman lah, orang tuanya nggak mengasihi dia lah, diselingkuhi pacar lah, semua hal-hal seperti itu akan selalu membekas di dalam hati dan pikirannya. Jadi ya nggak heran kalau pas dia ngobrol, yang ia utarakan hanya keluhan-keluhannya aja.

Andai aja dia tau bahwa masih ada yang lebih bernasib buruk darinya, mungkin ia nggak akan mengeluh seperti itu.

Hidupnya di situ-situ aja, nggak bergerak dari zona nyamannya
Bagai hidup di tempurung kura-kura, ia merasa nggak akan nyaman jika harus keluar melihat kehidupan luar. Baginya sesuatu hal yang baru adalah ancaman. Ia nggak bisa menghadapi ketakutan, nggak nyaman, tantangan, dan kegagalan. Karena itulah, hidupnya ya di situ-situ aja. Nggak pernah mau mencoba pengalaman baru dan nggak punya mimpi untuk dikejar.

Orang yang positif tentu memiliki impian. Apapun itu, kamu punya alasan untuk selalu bekerja keras dan meraih goals dengan caramu sendiri. Tapi bagi orang negatif, impian orang lain nggak akan membuatnya termotivasi, malah yang ada jadi timbul rasa iri.


via GIPHY
Kalau salah, nggak mau dibilang salah
Udah ada buktinya dan udah ada saksinya, tapi ketika si bos menegurnya ia malah melempar kesalahannya pada orang lain. Bikin kesel nggak sih?


via GIPHY
Mereka menghisap energi positifmu
Ini nggak bohong, karena faktanya jika kamu terus menerus meladeni orang seperti ini kamu akan menjadi pribadi yang negatif juga. Berbicara sama orang negatif akan sangat melelahkan, bahkan mungkin kamu akan mengalami kelelahan mental lho untuk beberapa jam. Tapi kalau misalnya kamu harus banget nih ngobrol sama dia, kamu bisa mengajak orang lain untuk ikut ngobrol juga. Jadi aura negatifnya bisa kalian bagi-bagi (lol). Bukan itu sih, tapi biasanya kalau ada orang lain, pembicaraan akan lebih terasa cair karena ditengahi dengan sudut pandang yang berbeda.

Itulah ciri-ciri orang yang punya aura negatif. Susah-susah gampang untuk menghadapi orang seperti ini, karena kita yang tadinya punya mood bagus, lalu jadi down karena bertemu dengan orang ini. Mungkin kamu sempat berpikir untuk menolong mereka, ya gapapa.. itu tandanya kamu adalah sahabat sejati! Tapi kalau kehadirannya benar-benar mengganggu kamu untuk bekerja, bersosialisasi, dan menjalani hidup, lebih baik kurangi kontak dengan mereka dan jauhkan mereka dari hidupmu. Berkumpulah lebih sering dengan teman-teman positif. Have a great day!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook