DIY: Kartu Ucapan Ramadhan yang Seru

11.42.00


Memasuki bulan puasa, tradisi memberi ucapan Ramadhan pasti sering dilakukan. Bisa melalui SMS, WhatsApp, dalam bentuk gambar, dan sebagainya. Tradisi ini sebenarnya sebagai penanda bahwa kita siap untuk meminta maaf dan memaafkan orang lain, khususnya kerabat terdekat.

Pastinya, tradisi ini bakal lebih berkesan kalau kita bisa langsung berjumpa dengan mereka yang udah lama nggak ketemu. Saking kangennya, pengen banget bisa sekalian datang dan bersilaturahim. Kalau rumahnya dekat sih oke, mungkin kamu bisa langsung cuss mampir ke rumahnya. Tapi sayangnya nggak semua kerabat kamu bisa dijangkau dengan mudah.

Memang sih kemudahan berkomunikasi saat ini nggak bikin kita repot lagi untuk menghubungi saudara dan kerabat kita yang kampuangnya nan jauh di mato. Modal pulsa dan kuota, beres! Tapi tetep aja, kreasi ucapan dan desain kartu ucapan Ramadan menjadi  satu hal yang bisa bikin sangat berkesan.

Bukan hanya berkesan karena ucapannya aja, tapi niat dan usaha maksimal kamu dalam membuat ucapan Ramadhan pasti bikin mereka nggak lupa sama ketulusan hati kamu. Yaa, lebih berkesan lagi kalau kamu bisa sekalian mengirim parcel, uang, dan hadiah buat mereka, hihi.

Nah, untuk membuat kartu ucapan Ramadhan yang berkesan banyak bahan yang bisa kamu gunakan sebagai hiasannya. Dari mute, kacang, barang bekas, foto kenangan, atau apapun bisa kamu pakai untuk membuat kartu ucapan Ramadhan. Biar kamu semakin terinspirasi bikin sendiri kartu ucapan Ramadhan, berikut ini ada beberapa ide kartu ucapan Ramadhan yang bisa kamu bikin sendiri di rumah.

Siapkan kata-kata manis yang akan kamu tulis di dalam kartu ucapan

Namanya juga kartu ucapan, pastinya harus ada ucapannya ya kan. Ucapan di dalam kartu biasanya diisi dengan satu atau dua kalimat yang puitis. Nggak perlu banyak kata-kata untuk mengungkapkan ucapan selamat atau permohonan maaf. Nanti malah jadi surat cinta.



Buat dasar kartu menggunakan karton tebal dengan ukuran 12 cm x 16 cm

Sebagai dasar untuk menghias, buat potongan kartu menggunakan karton yang tebalnya 3mm. Biar leluasa membuat hiasannya, kamu bisa pakai ukuran 12 x 16 cm. Tapi semua ukuran kartu terserah sama kamu kok.

Gunting gambar dari beberapa kertas kado yang berbeda motif dan warna

Pilih beberapa kertas kado yang unik dan variatif untuk menghiasi kartu ucapan Ramadhan kamu. Bisa dengan motif garis-garis yang simple, atau gambar-gambar lucu. Semuanya tergantung dari gaya dan mood kamu dalam menghias kartu ucapan.

Buatlah gambar yang diwarnai dengan cat air, spidol, atau pensil warna

Kalau kamu suka menggambar, buatlah gambar-gambar yang menarik yang berhubungan dengan suasana Ramadhan. Misalnya, ketupat, masjid, dan sebagainya. Biar lebih berseni, gunakan cat air, spidol, atau pensil warna ya.

Selain gambar sendiri, pakai juga kertas warna, biji-bijian, bunga kering, kain flanel, dan lain-lain

Kalau kamu merasa gambar sendiri bakal merusak mood, bisa juga gunakan bahan-bahan pendukung yang bagus. Misalnya seperti kertas warna, biji-bijian, kancing, bunga kering, kain flanel, dan sebagainya. Print out foto kenangan kamu juga bisa sebagai hiasan dalam kartu ucapan Ramadhan.


Itulah beberapa hal yang bisa kamu pakai dalam membuat kartu ucapan Ramadhan. Jangan takut untuk menuangkan kreasimu. Bahan apa saja yang ada di sekitar rumah bisa disulap menjadi hiasan kartu lebaran yang indah kok. Yang penting jangan batasi kreatifitas kamu. Intip tips seru lainnya di instagram @gatsuone. Selamat mencoba!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook