Kulit jadi Kering saat Puasa? Atasi Pakai Cara Ini Aja

15.45.00


Hari Lebaran tinggal menghitung hari, dan puasa terus berjalan setiap hari. Sabar, keikhlasan kita dalam menjalani ibadah pasti nggak akan berakhir sia-sia. Mesti sabar dong, karena tantangan akan selalu datang menghadang langkah kita berbuat kebaikan. Tantangan berpuasa nggak cuma datang dari rasa haus dan lapar aja, tapi juga masalah kulit yang semakin kering karena kurang mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang cukup.

Masalah kulit kering sering dialami oleh kita yang lagi menjalankan ibadah puasa. Nggak cuma wanita aja, pria juga bisa kena masalah ini. Pastinya sebagian dari kita khususnya wanita jadi nggak percaya diri karena kulit kering yang terjadi di wajah maupun kaki. Apalagi hari lebaran udah mendekat, bakal banyak ketemu orang yang udah lama nggak bersilaturahmi, duuhh nggak pede!

Banyak lho faktor penyebab terjadinya kulit kering. Selain dipengaruhi kurang asupan air, pengaruh kurangnya vitamin E dan B2, terlalu sering terkena paparan sinar matahari, dan efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi juga menjadi faktornya.

Nah, kalau kamu mengalami masalah kulit kering, bisa coba nih cara mudah atasi kulit kering saat berpuasa. Gampang kok!

 
Maksimalin minum air putih saat waktu berbuka dan sahur

Untuk kamu yang sering kerja di ruangan ber-AC, perlu banget nih untuk mengonsumsi banyak-banyak air putih. Bayangin aja, hari-hari biasa aja kita membutuhkan sekitar delapan gelas sehari gimana saat kita puasa, kan lebih capek? Tapi puasa harusnya nggak menghalangi kita untuk kekurangan asupan mineral dan air putih. Nah, biar kulit kita nggak kering dan terhindar dari dehidrasi perlu banget untuk maksimalin minum air putih saat berbuka dan sahur.

Hindari mandi air panas

Setelah capek pulang kerja dan lelah kena macet di jalan, biasanya kita maunya mandi pakai air panas, tul ga? Memang mandi pakai air panas bisa membuat tubuh kita terelaksasi setelah penat seharian beraktivitas di luar. Tapi taukah kamu, mandi pakai air panas terlalu sering ternyata nggak baik untuk kesehatan lho. Karena air panas dapat meluruhkan minyak alami dari sel kulit sehingga dapat mengurangi kelembapan kulitmu. Jadi mulai sekarang hindari kebiasaan mandi pakai air panas ya.

Pilih pelembab yang tepat

Setelah membersihkan tubuh, jangan lupa pakai pelembab. Produk pelembab kulit ini bisa kamu temukan dengan mudah di toko kecantikan kok. Kalau kamu udah mencoba salah satu produk tapi tetap masih kering, maka coba ganti dengan produk merk lainnya. Biar nggak salah pilih, cermati lagi produk yang harus kamu ambil, karena produk yang memiliki kandungan antioksidan, minyak biji anggur bisa menolong dehidrasi kulit. Jangan lupa pakai juga uv protection untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Paling tidak, pilih yang mengandung SPF 30 ya.

Buat maskermu sendiri dari buah pisang

Pisang nggak cuma enak dan mengenyangkan perut aja, buah kuning ini ternyata mengandung vitamin plethora yang bisa mencerahkan wajah. Kamu juga bisa menyulap pisang menjadi masker. Cukup siapkan setengah buah pisang matang, haluskan dan berikan 2-3 tetes minyak zaitun. Kalau udah tercampur rata, oleskan pada wajah kamu. Diamkan beberapa saat sampai mengering, lalu bilas sampai bersih.

Buah alpukat juga bisa digunakan untuk masker wajah


Alpukat punya kandungan lemak nabati yang tinggi jadi cocok untuk dijadikan sebagai bahan dasar masker wajah untuk kulit kering dan kusam. Kamu hanya perlu pilih buah alpukat mentega yang matang, lalu lumatkan sampai halus. Campurkan juga dengan satu sendok makan madu murni. Oleskan pada wajahh selama 15-3 menit, lalu bilas wajah sampai bersih. Ingat, jangan dijilat lho ya..

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook