Bersihkan Sepatu Kanvas dengan Cara Ini

11.53.00


Sepatu kulit kanvas biasanya memiliki model yang lebih santai. Karena saking santainya, sepatu yang banyak hadir dalam wujud sneakers dan flats ini sering dipakai untuk kegiatan sehari-hari. Bukan cuma bikin santai aja, sepatu dengan bahan kanvas kerap lebih sering dicari karena dianggap awet, nyaman di kaki, dan mudah disesuaikan dalam segala penampilan.

Karena sering menemani kamu dalam berbagai kegiatan dan aktivitas, nggak heran kalau sepatu ini jadi lebih cepat kotor. Padahal udah sering dicuci juga masih tetap aja terkesan kotor. Sayang banget kan, kalau sepatu kesayangan kamu tampak kotor terus? Kalau setelah dicuci sepatu kamu tetap terlihat kusam dan kotor, berarti ada yang salah dalam cara mencuci sepatu kanvas kesayangan kamu. Biar nggak salah cara mencuci lagi, kamu bisa lakukan beberapa tips ini. Siapa tau disangka punya sepatu baru, hihi..


Sebelum disabuni, bersihkan dulu dengan sikat lembut

Buat kamu yang sering mencuci sepatu kanvas langsung disiram sabun, sekarang jangan lakukan lagi ya! Jangan terburu-buru membalurinya dengan sabun atau detergen. Karena langkah awal yang harus kamu lakukan adalah menghapus kerak-kerak nodanya terlebih dahulu. Caranya mudah kok, kamu hanya perlu menyikatnya dengan sikat berbahan lembut. Kamu bisa pakai sikat gigi yang nggak terpakai lagi.


Gunakan sabun pencuci piring atau detergen bila perlu

Kalau sepatu kanvas kamu sudah bersih dari kerak-kerak noda, boleh deh membersihkannya dengan sabun. Sabun yang bisa kamu pakai untuk mencuci sepatu adalah sabun cuci piring atau detergen. Penggunaannya kembali tergantung pada seberapa kotornya sepatu kamu. Kalau cuma kotor karena debu, sabun cuci piring cukup ampuh kok untuk membersihkannya. Tapi kalau udah benar-benar kotor, detergen bisa menghilangkan noda dengan lebih mudah. Jangan menggunakan detergen terlalu banyak ya, karena bisa-bisa bukan nodanya aja yang lepas. Warna asli sepatumu bisa lepas alias luntur kalau terlalu banyak menggunakan detergen.

Gunakan sabun dengan tepat

Menggunakan sabun untuk mencuci sepatu nggak sama ketika kita mandi ya. Ingat, jangan lumuri sepatu kamu dengan sabun secara langsung. Karena kalau terlalu sering pakai cara ini, bisa-bisa sepatu kanvas kamu lebih cepat luntur dan berubah warna. Kalau kamu ingin mempertahankan warna sepatu kanvas kamu tetap sama seperti saat kamu beli, pakai cara ini. Tuangkan sabun ke dalam ember, lalu isi dengan air hingga tinggi air bisa merendam sepatu kamu.

Biasanya 3-5 liter air bisa dicampur dengan sabun sekitar 10 ml. Setelah itu, kamu tinggal merendam sepatu kanvasmu sejenak, lalu sikat dengan sikat halus yang tadi sudah dipakai dalam proses penyikatan di awal.


Metode menyikat juga perlu diperhatikan lho

Kadang, ada aja noda membandel yang nggak mau pergi setelah kita berusaha nyikat sampai keringetan. Nah kalau kamu ngalamin masalah ini, coba dulu menyikat dengan arah memutar. Lalu pastikan setiap bagiannya tersikat dengan baik supaya nggak ada lagi noda yang tertinggal.

Percaya atau enggak, gerakan memutar bakal lebih efektif karena menimbulkan gaya yang lebih besar daripada gerakan gosok-gosok asal :P. Lagipula, gerakan memutar juga lebih aman untuk sepatu karena risiko tercerabutnya serabut kulit lebih kecil.

Bersihkan bagian dalamnya juga ya

Kadang, beberapa orang hanya membersihkan bagian luar sepatunya aja tanpa melihat dalamnya juga. Padahal bagian dalam sepatu juga penting untuk dibersihkan. Karena kalau bagian dalam sepatu kotor, bakteri akan banyak berkembang di sana dan akan membuat kamu bau kaki. Euh, nggak mau kan dicap cakep-cakep tapi bau kaki?

Untuk membersihkan bagian dalam sepatu, kamu bisa menggunakan lap tebal. Dalam hal ini sikat sebaiknya nggak digunakan dulu karena bisa merusak dan mengubah bentuk sepatu.

Jangan lupa sikat bagian solnya

Bagian lain yang nggak kalah penting untuk dibersihkan adalah solnya. Kadang bagian ini sering diabaikan nii, padahal bagian sol cukup berpengaruh sama keadaan sepatu kamu. Sol yang masih kinclong alias mengkilat bisa membuat orang lain yakin bahwa sepatu yang kamu pakai adalah sepatu baru. Belum ada bekas tanahnya.

Nah, untuk membersihkan bagian sol, kamu bisa menggunakan detergen biar noda membandel bisa terangkat dengan lebih mudah. Sikat dengan perlahan namun dengan tenaga kuat ya.


Trik yang jarang orang ketahui: Bilas dengan air hangat

Sediakan seember air hangat lalu langsung rendam sepatu kanvasmu di sana. Buang semua busa dan pastikan seluruh busa sabun terangkat sebelum kamu menjemurnya. Air hangat bisa membuka pori-pori sepatu sekaligus membunuh kuman yang masih tersisa di dalamnya. Dengan begitu, selain tampilannya bisa semakin fresh, sepatumu pun akan bebas bau dan lebih nyaman digunakan.

Keringkan di bawah sinar matahari

Setelah selesai dicuci, jemurlah sepatu di bawah sinar matahari. Pastikan mengeringkannya di siang hari dan jangan lupa ambil saat malam tiba. Angin malam dan embun pagi malah akan membuat sepatu kamu lembab lagi. Satu hal lagi, jangan pernah keringkan sepatu di mesin pengering . Karena bisa membuat sepatumu mudah rusak. Pakai yang alami-alami aja. Pengeringan secara alami bisa membuat sepatu kanvasmu lebih mudah bernapas dan tiap bagiannya kering dengan sempurna. Pastikan mengeringkannya di siang hari dan jangan membiarkannya semalaman di luar ruangan. Karena embun pagi malah akan membuat sepatumu kembali lembap dan rentan bau jika dipakai.





Itulah cara membersihkan sepatu kanvas dengan benar. Meskipun sepele, jangan pernah meremehkan aktivitas mencuci sepatu kanvas kesayanganmu. Nggak mau kan sepatu kanvasmu jadi cepat rusak karena dicuci asal-asalan? Jadi, mulai sekarang, cucilah sepatu kanvasmu dengan tepat ya. Mau tau tips lainnya? Follow ig @gatsuone, cha ne!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook