Ini lho Caranya Merawat Kain Katun Jepang yang Tepat

09.54.00


Pakaian bahan katun paling enak dipakai saat musim panas. Selain karena bahannya yang adem dan lembut, jenis kain ini juga banyak digemari oleh para wanita untuk bepergian maupun buat santai di rumah aja. Tapi, ngomong-ngomong soal kain katun, ternyata kain katun memiliki banyak ragam, nama dan jenis lho. Dan salah satunya adalah jenis katun jepang. Udah pernah denger?

Katun jepang yang lagi marak digemari sama pecinta fashion ini memang punya keunggulan tersendiri dibandingkan sama jenis kain lainnya.  Perbedaan itu bisa dilihat dari kualitas, daya serap, juga harganya. Dari segi kualitas misalnya, katun jepang terbuat dari 90-100% katun kualitas premium. Daya serap keringatnya pun lebih bagus dari katun biasa. Hal inilah yang menyebabkan katun Jepang dibandrol harga yang lebih mahal.

Karena harganya yang cenderung lebih mahal dari kain katun lainnya, maka kamu perlu tau cara merawat kain katun jepang dengan benar nih. Sayang kan kalau blouse favoritmu cepat rusak karena pemakaiannya yang nggak dirawat dengan benar?

Cuci bahan katun dengan air dingin

Untuk merawat kain katun dengan benar, usahakan cuci pakaian dengan air dingin supaya warna pada pakaian katun tetap awet. Selain itu hindari juga merendam pakaian terlalu lama ya, karena dapat merusak bahannya. Karena kain katun Jepang mengandung serat alami, maka sebaiknya hindari mencuci di mesin cuci juga mesin pengering. Mencuci pakaian berbahan katun juga harus menggunakan deterjen yang tepat, dan sebaiknya gunakan pelembut pakaian untuk menjaga pakaian berbahan katun tetap halus dan lembut.


Hilangkan noda dengan pembersih khusus

Sebelum mencuci bagian yang terkena noda, perhatikan dengan teliti noda apa yang menempel pada pakaian kamu. Apakah cukup bila dibersihkan dengan air panas, atau harus menggunakan pembersih khusus noda. Kalau hanya noda ringan sebaiknya jangan paksakan pakai cairan pembersih noda karena bukannya jadi bersih malah dapat merusak serat pakaian kamu. Dan yang nggak kalah penting, pastikan dulu apakah pembersih noda itu dapat digunakan untuk pakaian berbahan katun.

Jemur di bawah sinar matahari langsung: salah

Ada yang bilang, menjemur di bawah terik matahari lebih baik daripada mengeringkan pakaian di pengering mesin cuci. Tapi faktanya enggak! Menjemur di bawah terik matahari justru akan cepat memudarkan warna pada pakaian. Jadi kalau urusan bahan katun jepang, justru hindari sinar matahari langsung saat menjemur. Lebih baik jemurlah di tempat yang teduh, tapi masih dapat dijangkau sinar matahari.

Setrika pakaian dengan suhu sedang

Merawat pakaian berbahan katun juga harus perhatikan cara menyetrikanya lho. Kamu bisa setrika pakaian dengan suhu yang tidak terlalu panas. Kamu juga dapat memilih untuk menyetrika bagian dalam pakaian sehingga warna pada bagian luar tidak mudah pudar. Sama seperti ketika menjemur, hindarkan bahan katun dari panas yang berlebih.

 
Simpan pakaian dengan menggantungkannya dalam lemari

Bahan yang lembut dan halus membuat bahan katun mudah kusut. Karena itu lebih baik simpan pakaian berbahan katun dengan menggantungnya, daripada melipatnya. Sehingga kamu juga nggak  perlu selalu menyetrika pakaian ketika hendak menggunakannya.

Katun jepang emang bisa jadi pilihan bagus untuk kamu yang ingin tampil anggun dan feminim. Makanya, kita harus cermat dan teliti dalam merawat jenis kain yang satu ini. Semoga kelima tips di atas dapat membantumu dalam merawat pakaian katun Jepang ya, selamat mencoba!


Dapatkan koleksi terbaru GatsuOne, di sini:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Thanks for sharing. kunjungi situs kami fitinline, tersedia berbagai macam jenis kain
    jenis kain untuk segala kebutuhan. Regards, fitinline

    BalasHapus

Like us on Facebook