Pernah Wisata Pulau Kucing? Coba ke Tashirojima di Jepang yuk!

13.50.00


Untuk kamu para pecinta kucing, ada kabar gembira yang wajib kamu tahu nih! Pernah wisata ke Pulau Kucing? Di Jepang, tepatnya  di Tashirojima, ada sebuah pulau yang memiliki berbagai jenis kucing lucu dan menggemaskan. Bahkan kucing-kucing tersebut bebas berkeliaran. Pulau ini berlokasi tepat di Perfektur Miyagi, dekat kota Ishinomaki. Dibanding nama aslinya, pulau mungil ini lebih dikenal dengan sebutan Cat Island. Ingin tau lebih banyak soal Pulau Kucing ini? Langsung cek fakta-faktanya yang menarik ini yuk!

Asal-usul Cat Island
Kenapa pulau ini bisa menjadi Pulau Kucing? Dikutip dari Foxnews, dulu Tashirojima merupakan penghasil sutera terbaik yang masing-masing penenunnya memelihara kucing demi mencegah tikus yang berniat memangsa ulat sutera. Semakin lama ternyata jumlah populasi kucing di pulau ini terus bertambah dan bahkan mengalahkan jumlah populasi penduduk di pulau tersebut, yang diketahui hanya dihuni 100 jiwa saja.

Cuma ada kucing aja?
Di pulau ini, kucing adalah satu-satunya predator tertinggi. Nggak ada anjing ataupun hewan lain yang tinggal. Oleh karena itu perkembangbiakan mereka nyaris nggak ada hambatan. Bahkan ada yang mengatakan bahwa perbandingan antara manusia dan kucing yang mendiami tempat itu adalah 1 : 6 atau 1 manusia berbanding 6 ekor kucing yang hidup di tempat itu.

Kucing sebagai Pembawa Keberuntungan
Semua kucing yang hidup di Tashirojima dianggap sebagai pembawa keberuntungan. Karena hal tersebutlah, penduduk yang tinggal di pulau ini membiarkan kucing – kucing berkeliaran di sekitar Tashirojima. Diketahui pula jika rata – rata penduduk disini telah mencapai usia diatas 60 tahun, maka mereka menyebut dirinya sebagai penjaga kucing-kucing tersebut.
Awalnya Pulau ini jadi Viral
Sebelumnya, pulau ini nggak pernah sekalipun dilirik sebagai tujuan wisata di Jepang. Kemudian ada seorang fotografer bernama Fubirai yang rela selama lima tahun mendokumentasikan berbagai kegiatan kucing-kucing lucu di pulau tersebut. Kegiatan kucing itu lalu diunggah ke blog pribadinya dan blog Fubirai menjadi sangat terkenal di dunia. Karena blog Fubirai lah jumlah wisatawan di Tashirojima semakin meningkat.

Sayangnya ada beberapa hal yang menjadi masalah di Tashirojima
Berkat daya tarik kucing tersebut, pulau ini banyak menerima wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Secara perekonomian, warga lokal terbantu dengan kehadiran para wisatawan yang membeli makanan di restoran mereka, atau yang menggunakan transportasi umum menuju ke pulau ini. Namun ternyata, belakangan warga lokal mengeluhkan perilaku para wisatawan yang dianggap sulit menaati aturan dan bertindak sembrono.

Misalnya mengenai larangan memberi makan kucing. Tetap aja banyak wisatawan yang nggak mengindahkan aturan tersebut dan tetap memberi makan kucing. Ya, di sana memang terdapat aturan yang ditulis dalam bahasa Jepang, Inggris, dan Korea, yang menyebutkan bahwa wisatawan tidak diperkenankan memberi makan kucing-kucing liar tersebut, meski boleh bercengkerama dan berfoto bersama para kucing.

Akses ke sana
Untuk bisa datang ke pulau Tashirojima ini sangatlah mudah, pulau ini bisa diakses melalui kapal feri dari Ishinomaki, kota sekitarnya. Kebanyakan dari para pengunjung hanya melakukan kunjungan satu hari, mereka hanya menghabiskan waktu seharian bermain dengan kucing – kucing ini. Gimana Oneesan? tertarik ke pulau Tashirojima?


You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook