Ini Waktu yang Tepat buat Minum Kopi, Pecinta Kopi yuk Masuk!

08.37.00



Buat para Oneesan yang nggak bisa hidup sehari tanpa kopi, pasti punya waktu khusus dan jam-jam terbaik untuk nikmatin kopi setiap harinya. Tapi nggak jarang juga mereka bakal langsung hajarr kopinya kalo udah ditawarin sama temen. Namun buat para peneliti kesehatan, mereka punya jawaban tersendiri kapan waktu ideal untuk menikmati kopi lho. Mungkin bisa menjadi jawaban buat kamu yang suka sakit perut setelah minum kopi.

Pertengahan Pagi Hari
Meski setelah tidur rasanya nikmat banget buat ngopi, tapi kamu perlu tau nih ternyata ngopi setelah bangun tidur itu salah banget. Saat bangun, tubuh kita memiliki metabolisme untuk mengeluarkan hormon yang disebut kortisol. Hormon inilah yang berfungsi untuk meningkatkan kesadaran kita dan membuat kita nggak mengantuk lagi.

Menurut penelitian, tubuh memproduksi kortisol satu jam setelah kita bangun pagi yakni pada jam 08.00-09.00 pagi. Dan kalau kamu ngopi pada jam ini, kopi bisa menghambat produksi hormon cortisolnya. Hal inilah yang akan menyebabkan kita menjadi lebih cepat lelah dan mengantuk di siang hari. Jadi, waktu yang lebih baik untuk menikmati kopi adalah pertengahan pagi, yakni antara pukul 10.00 sampai 12.00. Karena pada waktu ini, hormon kortisol sedang menurun.

Setelah Makan Siang
Buat kamu yang pagi harinya udah dipenuhi dengan seabreg pekerjaan dan tugas, pasti pikiran dan tenaganya udah terkuras banyak. Selama ini kita mengira kalau makan siang yang banyak bisa mengisi lagi bahan bakar tenaga yang mau habis. Tapi nyatanya, nasi plus kopi yang banyak kamu masukkan dalam tubuh malah menjadi sumber rasa ngantuk. Jadi wajar aja jika setelah makan siang kamu jadi ngantuk dan lelah. Pikiran pun udah susah untuk fokus karena konsentrasi mulai menurun.

Boleh-boleh aja kok kalau kamu mau minum kopi di siang hari, Namun beri beberapa jeda waktu ya setelah makan siang. Menurut para ahli, pukul 14.00 adalah waktu ideal terakhir buat kamu minum kopi. Mereka merekomendasikan untuk mengganti kopi dengan teh herbal atau minuman tanpa kafein.

Sebelum Berolah Raga
Udah jadi rahasia umum bahwa kopi sangat membantu para atlet yang ingin melakukan latihan. Para atlet ini biasanya meminum kopi sebelum berolahraga agar diberi tenaga maksimal dan lebih bersemangat. Banyak studi mengatakan bahwa konsumsi kafein sebelum olahraga bisa meningkatkan performa tubuh dan tingkat energi. Kopi dengan cepat akan terserap oleh aliran darah. Minumlah kopi 30 menit sebelum mulai berolah raga. Bahkan ada studi yang menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan metabolsme hingga 11%, ini bisa membantu kamu membakar lemak.

6 Jam Sebelum Tidur Malam Hari
Faktanya kopi bukan minuman yang tepat untuk dikonsumsi pas malam hari. Kebiasaan ini justru bisa merusak jam biologis kita yang menyebabkan sulit tidur dan badan menjadi letih pada keesokan harinya. Kalau pun memang masih mau minum kopi pas malam-malam, minumlah kopi 6 jam sebelum kamu tidur.


Gimana, sekarang udah tau dong kapan waktu paling tepat buat menyeruput si item penyemangat ini? Kalau kamu kapan biasanya kamu minum kopi? Ditunggu komentarnya ya. Have a great day, Oneesan! :) 

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook