Ketika si Bos Marah, Inilah yang Perlu Kamu Lakukan. Jangan Dulu Resign!

15.02.00


Ngadepin bos yang cerewet memang susah-susah gampang, apalagi kalo bos kamu perempuan, yang lagi PMS pula. ampun bah! Jangankan kesalahan besar, beberapa kesalahan kecil yang kamu lakukan bisa-bisa dibesar-besarkan oleh atasan yang cerewet. Kalo kitanya yang kerja nggak beres terus dimarahin sih wajar, tapi kalo kita udah kerja dengan maksimal tapi masih dimarahin juga siapa coba yang nggak gondokan?

Tapi setiap orang punya respon yang berbeda ketika dimarahin bosnya. Ada yang bisa santai aja dan menganggap cuma angin lalu, tapi ada juga yang sakit ati sampe mau resign. Waduuh, coba redam amarahmu dulu dengan cara ini yuk!

Ketika dimarahin bos, diam aja dan jangan membantah apapun perkataannya
Namanya juga lagi marah, pasti bakal lebih marah apabila dibantah. Demikian pula si bos. Mereka juga manusia. Jadi ketika ia marah, maka kita -sebagai karyawan yang baik budi ramah dan tidak sombong- harus bisa memakluminya. Biarin aja dulu atasan marah dengan ekspresinya yang drama-able. Memang rasanya nggak enak ketika kita nggak salah tapi dituding salah. Tapi lebih baik jangan membela diri dulu, dan jelaskan di lain waktu. Berusaha membela diri saat dimarahin dijamin nggak akan membantu kamu untuk keluar dari permasalahan.

Saat bos kasih perintah, Iya-in aja dulu
Habis dimarahin, dikasih tugas. Mantap ya? Iyain aja dulu permintaannya. Pada saat itu juga, jangan cari-cari alasan untuk menolak perintahnya. BIsa-bisa ada season kedua edisi marah-marahnya. Jika yang diperintahkan itu ternyata kita nggak sanggup atau bukan kapasitas kita utarakanlah dengan lembut.

Catat Argumennya
Saat sedang marah, kebanyakan orang akan berkata-kata tanpa berpikir. Bahkan seringkali mereka nggak ingat apa yang habis dikatakan karena lagi emosi. Hal ini jadi nggak menutup kemungkinan kalau ia bakal mengubah argumen di kemudian hari. Repot juga kan kalo kita udah mengerjakan yang bos minta tapi disalahin karena tiba-tiba bos berkata lain *jeger! Karena itu untuk membalikkan keadaan pada saat kita dalam situasi darurat kayak gini, tunjukkan senjata pamungkas untuk mengingatkan dia saat dulu lagi marah-marah.

Nggak usah baper dengan kata-kata yang nyakitin hati
Kebanyakan orang yang lagi marah biasanya mengeluarkan kata-kata yang bikin sakit hati. Nggak ada yang tau sebenarnya ni bos dulunya penjaga Ragunan apa muridnya John Cena. Terus gimana caranya kita bersikap saat dimarahin dengan kata-kata yang kasar?

Hmm.. Susah juga ya. Pengennya santai aja, tetep stay cool meski ujung mata udah mbrebes mili. Udahlahya, nggak usah baper. Namanya juga bawahan, pasti ada saatnya dimarahin sama atasan. Begitu pula dengan bawahan yang lain. Jadi cukup dengarkan aja dan jangan masukkan ke dalam hati. Yang penting jangan sekali-sekali pasang mimik muka senyum-senyum sendiri ya. Hehe

Kerjain semaksimal mungkin dan jangan molor waktu
Pasti ada penyebabnya kenapa orang bisa marah, apalagi bos cewek. Misalnya deadline nggak selesai pada waktunya, atau dandanan kamu lebih cetar membahana dari si bos cewek ini. Untuk menyiasatinya, cobalah kerjain tugas dengan cepat dan benar, dan berdandanlah yang sewajarnya saat mau masuk ke ruangan bos. Dengan begitu setidaknya kamu nggak memancing emosi si bos. Atau coba deketin temen yang disayang sama bos, tanyakan hal-hal yang bisa nagedemin hati si bos.

Curhatlah dengan teman yang bisa dipercaya aja, jangan ember
Wajar kok kalo kamu ingin curhat ke rekan kerja setelah dimarahin bos. Tapi hati-hati ya jangan mengadu sana-sini. Pilihlah teman yang tepat untuk jadi tempat buang curhatan kamu. Karena kenapa?? Bos biasanya punya mata-mata dan telinga yang banyak untuk menyerap informasi apapun dari siapapun. Jadi, curhatlah sewajarnya dan nggak perlu drama.

Evaluasi diri sambil cari sisi positifnya
Dimarahin itu hal biasa. Seperti ujian dalam hidup, ada saat susah ada juga saatnya kamu senang dalam bekerja. Kalo tiba-tiba kena apes dimarahin bos, coba berpikir sejenak “sebenernya apa yang salah sih sama gue?” Jangan lupa, setiap bos punya catatan buruk tentang karyawannya. Sekali kamu salah di matanya, catatan itu tersimpan rapi dalam memorinya. Makanya coba evaluasi diri dan perbaiki kesalahan itu dengan mengambil sisi positifnya. Karena kemungkinan kamunya udah merasa kerja maksimal tapi ternyata belum dirasa cukup oleh perusahaan.

Nggak usah buru-buru resign, syukurilah kamu masih punya pekerjaan
Ada kalanya saat kita dimarahi, kita juga jadi ikutan marah. Bukan cuma marah sama si bos, tapi juga marah sama keadaan. Semua hal berasa salah, termasuk juga pekerjaan kamu saat ini. Tahukah kamu, secara nggak langsung mulai timbul nih sikap nggak bersyukur atas nikmat yang udah kita dapatkan.

Kita yang bekerja di kantor atau di pabrik, coba lihat ada sekian juta orang yang masih mencari pekerjaan. Banyak pula para sarjana yang sampai saat ini masih susah dapet kesempatan kerja, lamar sana-sini, tes, bahkan udah mulai stres kenapa cari kerja itu sulit. Sementara kita yang udah bekerja, punya penghasilan mau cari-cari pekerjaan lain berharap ada yang lebih baik. Bukannya pesimis sih, tapi coba renungkan lagi deh apakah kesulitan yang kamu alami lebih besar dari nikmatnya gaji yang kamu terima? Kalo dimarahin itu masih menjadi sebuah hal yang kecil, bertahan aja dulu.


Dimarahin orang lain memang nggak enak, apalagi sama bos yang kata-katanya kasar banget. Tapi cobalah untuk mengambil sikap yang benar dalam meresponi masalah ini. Nggak perlu lah menghindari interaksi sama bos atau memusuhinya, apalagi langsung pengen resign. Jadi setelah kena marah ya bawa santai aja. Bos pun akan senang jika karyawannya setelah dimarahin ternyata bisa bersikap dan bekerja semakin baik. Ingat, bos nggak akan bisa menjalankan perusahaan tanpa karyawan, karyawan juga membutuhkan bos buat approval gajian. Hehe.. Have a great day!


You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook