Sebelum Menyalahkan Orang Lain, Coba Renungkan Akibat Buruk yang Mungkin Kamu Terima

15.26.00


Gajah di pelupuk mata akan lebih susah dilihat daripada semut di sebrang lautan. Pepatah ini pasti udah nggak asing lagi di telinga kita, karena memang kebiasaan hidup manusia lebih banyak melihat kesalahan orang lain ketimbang melihat perbuatannya sendiri. Dalam keadaan tertentu, kita ingin dilihat sebagai orang yang paling benar dan kebal dari kesalahan yang sedang terjadi. Namun ada kalanya ketika posisi udah terdesak, pembelaan diri malah berubah jadi serangan pada orang lain.

Wajar sih kalau kita menyalahkan keadaan ketika mengalami kegagalan karena sesuatu yang nggak bisa kita kontrol. Tapi kalau keseringan menyalahkan orang lain atas kesalahan yang kita buat sendiri, hal ini juga bisa berakibat buruk untuk diri kita.

Menjadi orang “tua” yang nggak dewasa
Kalau yang membuat kesalahan anak-anak, biasanya orang tua bakal menyalahkan hal-hal lain yang bikin si anak celaka. Misalnya aja pas tangan si anak nyangkut di pagar rumah. Jelas-jelas pagernya diem-diem aja tapi yang disalahin malah pagarnya.

Nah, itu kalau anak-anak. Kalau orang dewasa yang membuat kesalahan tapi masih menyalahkan orang lain atas kegagalannya? Hmm, nampaknya orang-orang seperti ini adalah orang yang belum bisa dewasa karena masih nggak bisa menangani kegagalan yang ia alami. Menghindar dari tanggung jawab, bahkan menyalahkan orang lain.

Dijuluki sebagai orang yang sangat nggak bertanggungjawab dan nggak layak jadi pemimpin
Nggak mau kan dapat julukan sebagai orang cemen? Orang yang sering menyalahkan orang lain karena kegagalannya sendiri adalah orang yang nggak bisa bertanggung jawab. Kalau udah mendapat julukan seperti ini, karir dalam bekerja dan kehidupan keseharian pun nggak akan meningkat dalam hidup.

Padahal, nggak perlu menjadi sosok hero yang menyelesaikan masalah kok. Cukup mengakui dan bersikap gentle mengakui kesalahan udah termasuk sebagai bentuk tanggung jawab. Dan perbuatan ini pastinya akan lebih diapresiasi oleh orang lain.

Saat orang lain mengalami peningkatan dalam skill, ia hanya bisa stuck karena terlalu sibuk menyalahkan orang lain
Bagaimana bisa mengalami peningkatan kalau merasa dirinya adalah orang yang paling hebat dari orang lain? Biasanya orang seperti ini akan lebih banyak memperhatikan kelemahan orang lain daripada kelemahan dirinya. Sehingga akan membutuhkan waktu yang lama baginya untuk mengembangkan kemampuan diri.

Tidak memiliki hubungan baik dengan siapapun
Siapa sih yang mau dipersalahkan? Apalagi kalau orang itu memang nggak bersalah bahkan nggak ada hubungannya dengan kesalahan itu. Orang pun akan merasa gerah jika lama-lama berada di dekat orang yang selalu menyalahkannya. Jadi, siap-siap aja ditinggalkan oleh orang-orang yang selama ini bersedia suka rela membantu kamu.

Orang yang selalu menyalahkan orang lain nggak lain adalah sosok pengecut
Biasanya orang yang udah terbiasa menyalahkan orang lain adalah mereka yang nggak mau mengambil tanggung jawab besar, semata-mata nggak ingin dipersalahkan. Bahkan, tanggung jawab yang besar akan ia limpahkan pada orang lain supaya ia bisa menyalahkan orang tersebut jika terjadi suatu kesalahan.

Nggak bisa diandalkan untuk melindungi orang lain
Orang dengan tipe seperti ini juga merupakan tipe yang kurang mengedepankan perasaan dan empati untuk orang lain. Jangankan melindungi, mereka justru bakal lebih banyak meminta perlindungan dari orang lain.

Mereka nggak akan pernah mengerti bagaimana rasanya disalahkan
Dengan menyalahkan orang lain, mereka kadang lupa bahwa karakter orang berbeda-beda. Nggak akan ada kamus “ketika aku jadi kamu”. Padahal bagaimana perasaan orang lain saat dipersalahkan dengan kasar? Mungkin ada yang bisa terima, namun pasti kebanyakan akan memusuhinya.

Tinggal menunggu waktu aja, bagaimana jahatnya reaksi orang lain ketika ia tertangkap basah bersalah
Kehidupan akan selalu berputar dan nggak mungkin selamanya angin berkibar di atas kepalanya. Mungkin aja di suatu saat nanti ia terkena masalah yang nggak bisa ia lemparkan pada orang lain. Dan ketika itulah, mereka yang pernah menjadi korban akan tertawa melihat bagaimana ia menerima hasil perbuatannya.

Itulah beberapa dampak yang akan dirasakan oleh orang yang suka menyalahkan orang lain. Jadi pikirkan lagi jika kamu terbesit untuk menyalahkan orang lain saat mendapat masalah. Mengkritik orang lain itu boleh, tapi pastikan kamu punya dasar yang kuat sebelum menyalahkan orang lain ya.  Have a great day, Oneesan!


You Might Also Like

1 komentar

Like us on Facebook