Perubahan Gaya Foto Kawaii Gadis Jepang dari Masa ke Masa

15.18.00


Tahukah kamu, gaya foto selfie yang selama ini kita pakai ternyata terinspirasi dari gaya kawaii Jepang? Dari tanda V alias simbol perdamaian yang ikonik sampai sekarang bahkan wajah bebek yang eksentrik, Oneesan yang suka selfie pasti pernah ngelakuin pose foto ini. Mungkin saat ini kamu merasa agak nyesel dan pengen berkata “gue se-alay ini ya?? :V” Tapi tenang dulu, kamu bukan alay kok! Pose-pose yang dulu pernah kamu abadikan ini justru dipelopori sama komunitas kawaii di Jepang.

Kawaii, seperti namanya adalah sebuah gaya kultural Jepang yang menonjolkan keimutan dengan penampilan kekanakan. Karena kesan imut yang ditonjolkan, gaya kawaii ini banyak dipopulerkan oleh para siswa perempuan yang masih sekolah. Dari perjalanan waktu dulu hingga saat ini, pastinya gaya kawaii juga ikut mengalami banyak perubahan. Seperti yang ditunjukkan oleh salah satu group J-Pop Jepang ini, mereka bakal ngasih tau kita perubahan tren foto kawaii dari masa ke masa. Dijamin, pasti kamu pernah berpose kayak gini!

Dari yang paling klasik, pose foto menghadap ke belakang biar terlihat menggoda dengan menonjolkan bahu dan sisi samping wajah
Di zamannya sekitar tahun 1684, ada satu tren pose yang menunjukkan kesan kawaii yang cenderung seksi dan dewasa. Dalam pose ini, mereka jarang banget menampilkan wajah senyum, mungkin karena ingin menonjolkan sisi beauty daripada cute.

Ketika jari jemari nempel di sekitar pipi dan bibir, gaya kawaii mulai bergeser pada kesan imut yang menggoda
Sempat ngetren lagi karena Kyle Jenner sering banget pakai pose ini, ternyata para gadis Jepang udah dari lama banget mengangkat gaya finger mouthing style sebagai ikon kawaii yang imut dan menggoda. Finger mouthing pose sendiri lebih mengutamakan kecantikan pada warna bibir dan mata bulat yang bersinar.

Udah beda generasi, style kawaii berubah pada kesan bad girl
Saat masa sekolah dan lagi heboh-hebohnya sama action figure di zamannya, para gadis Jepang juga nggak mau kalah berpenampilan layaknya gadis pemberani. Uniknya, mereka berpakaian seragam sopan tapi juga memakai sarung tangan kulit dan mengacungkan yo-yo. Dalam pose fotonya, mereka membuat gaya tangan seperti mau menyerang pengusaha jahat.


Ketika musik pop populer di Jepang, kawaii girl jadi terinspirasi sama pop culture
Di zaman ini, para gadis Jepang mengikuti tren pop yang kala itu sedang berkembang pesat. Mereka mengenakan pakaian ala seragam sekolah yang trendi dan juga rok mini. Gaya yang biasa digunakan adalah V Sign dengan senyuman lebar nan imut! Ini nih yang sampai sekarang banyak digunakan sama semua kalangan yang suka foto. Nggak dimana-mana, tangan wajib banget membentuk simbol “peace”. Siapa hayo yang sering pakai pose ini?

Gaya kawaii jadi lebih fun dan natural di akhir tahun 90-an dengan Shibuya-Gal style
Pose merentangkan kedua tangan lebar-lebar menjadi ciri khas foto di tahun 95-an. Kesan gadis-gadis yang ramah dan menyenangkan ini dibarengi dengan style Shibuya yang suka akan warna-warni akseosris dan make up yang ramai.

Duck face style yang ngengenin ini ternyata udah muncul di awal era millennium
Gaya bibir yang dimonyong-monyingkan ini mulai menjadi tren di Jepang saat masuk era tahun 2000-an. Kamu pasti pernah nyobain pose foto yang satu ini kan? Setelah gaya duck face memudar, muncul lagi tren lain yakni pose “bibir berkicau”. Posenya mirip-mirip juga sih sama duck face. Buka mata selebar-lebarnya terus tiruskan bentuk bibir sambil bilang “chuun”

Tehepero pose, sebagai ungkapan minta maaf yang imut
Buat kamu yang belum tau apa itu tehepero, kata ini merupakan sebuah kata slang yang merupakan gabungan dari dua buah kata Jepang onomatopoya. Tehe adalah suara saat orang tertawa terkikih-kikih, kedengarannya seperti “tehehe” gitu. Lalu Pero merupakan suara lidah yang dikeluarkan. Jadi tehepero adalah ekspresi seseorang yang tertawa kecil  sambil meletin lidahnya.

Biar terlihat tirus, toothache menjadi tren foto kawaii di Jepang yang booming
Gaya ini kurang lebih tangan di taruh menutupi mulut dan pipi. Menurut mereka pose ini dapat membuat mereka terlihat lebih kawaii. Juga mereka percaya kalau toothaches pose ini mampu menutupi kekurangan cewek Jepang yang rata-rata berpipi gembul.

Sampai saat ini, Finger heart pose masih banyak digunakan oleh para gadis kawaii
Kalau di mata orang tua, pose ini mungkin akan dianggap seperti lagi minta duit, hhe. Sejak tahun 2016 lalu, tren foto ini sering banget bersliweran di sosmed. Mungkin karena gampang banget untuk ditiru dan terlihat kawaii saat difoto. Ada yang mengatakan kalau pose ini dipengaruhi banyak selebriti dari Korea Selatan yang sering menggunakan pose ini dalam banyak kesempatan.

Itulah beberapa pose kawaii gadis Jepang dari masa ke masa. Hayoo ngaku, kamu sering foto dengan pose yang mana nih? Kalau kamu masih penasaran betapa imutnya mereka, berikut ini videonya:



Gayanya udah kawaii, harus didukung dengan outfit yang kawaii juga dong. Beruntungnya, di GatsuOne, kamu bisa temukan berbagai koleksi fashion Jepang yang kawaii untuk kamu miliki. Cek sekarang ya! Banyak promo menanti kamu, have a great day Oneesan!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook