6 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Uban di Usia 20-an!

14.36.00

Salah satu pertanda bahwa usia sudah menua adalah dengan tumbuhnya uban di kepala. Biasanya perubahan warna rambut ini mulai muncul ketika seseorang berusia 30 tahunan. Tapi gimana kalo di usia kamu yang masih muda udah tumbuh beberapa rambut putih? Nggak hanya seusia kita aja yang menginjak 20-an, bahkan banyak juga yang udah mengalaminya saat mereka masih remaja.

Wait, tunggu dulu! Tumbuh uban di usia muda bukan berarti kamu tua sebelum waktunya kok. Karena menurut Ahli dermotologi Premier Dermatology di San Francisco, Marie Jhin, ada beberapa faktor yang menjadi pemicu tumbuhnya rambut putih ini di kepala.

Karena kamu mengalami stress berlebih, sel induk dari dasar folikel rambut jadi menipis
Katanya jika seseorang sedang mengalami banyak pikiran akan mengalami kerontokan rambut yang berujung pada kebotakan. Apa iya stress berlebih bisa bikin rambut beruban juga? Selama ini, terdapat perbedaan argumen di antara para ahli tentang hubungan stres dan rambut beruban, namun penelitian yang dilakukan oleh New York University pada tahun 2013 sudah memastikannya. Studi yang diterbitkan di jurnal Nature Medicine itu menemukan bahwa stres dapat menyebabkan penipisan sel induk dari dasar folikel rambut.

Ada beberapa hal yang menunjukkan efek kondisi medis
Dalam kasus langka, kemunculan uban di usia muda bisa dipicu akibat masalah kesehatan seperti penyakit kelenjar tiroid. Penyakit autoimun seperti alopesia atau vitiligo yang menyerang kulit dan rambut, juga bisa menyebabkan uban di usia muda.

Tumbuhnya uban menunjukkan bahwa kamu masih kekurangan beberapa vitamin
Gizi yang buruk sangat berpontensi bagi uban untuk tumbuh lebih cepat. Kemungkinan lainnya yang menjadi penyebab kemunculan uban di usia muda ialah kekurangan vitamin B12. Kondisi ini bisa terjadi akibat jenis makanan, atau karena anemia pernisiosa, penurunan sel darah merah akibat usus tidak bisa menyerap jumlah cukup vitamin B12.

Perokok aktif udah positif akan lebih cepat punya uban
Sebuah penelitian yang diterbitkan di National Center for Biotechnology Information pada tahun 2010, menemukan bahwa perokok dua setengah kali lebih mungkin untuk uban tumbuh lebih cepat daripada non-perokok. Kondisi ini bisa menyebabkan penurunan kulit dan rambut kamu.

Faktor genetik dan gender juga bisa mempengaruhi tumbuh uban dengan cepat
Menurut sebuah studi pada tahun 2011 lalu yang dilakukan para dokter kulit, ternyata etnis juga dapat mempengaruhi bagaimana dan kapan rambut kita berubah menajdi abu-abu. Misalnya, rambut orang bule cenderung berubah pada pertengahan tiga puluhan, sementara orang asia biasanya berubah di akhir tiga puluh. Sementara Afrika-Amerika biasanya tidak akan tumbuh uban sampai berusia empat puluhan.

Reaksi bahan kimia seperti cat rambut bisa menjadi faktor berbahaya lho!
Rambut itu bersifat unik. Jadi setiap rambut bisa memberi reaksi yang berbeda-beda pada setiap cat rambut yang digunakan. Bahkan penggunakan minyak rambut dan cat rambut bisa berpengaruh pada kesehatan ginjal dan paru-paru. Penggunaan minyak rambut dan cat rambut ini nggak hanya mengenai rambut saja, tapi juga akan meresap ke dalam pori-pori kepala. Zat-zat kimia yang terkandung di dalam minyak rambut kadang membuat rambut tidak sehat dan menyebabkan kusur, gatal dan muncul uban. Oleh karena itu, sebelum kamu menggunakan cat rambut yang cocok, sebaiknya konsultasikan pada ahli perawat rambut atau dokter kulit.


Itulah beberapa penyebab kenapa bisa tumbuh rambut uban di usia kita yang masih muda. Udah paham dong sekarang kalo ternyata uban itu bukan pertanda kita mengalami penuaan dini, namun demikian tetap perhatikan pola hidup untuk menjaga rambut kita tetap sehat dan terawat ya! Kalau kamu ingin menggunakan minyak rambut atau spray, gunakan aja bahan-bahan alami seperti daun bunga sepatu, kelapa hijau, biji papaya, biji kelapa. Semoga bermanfaat, selamat mencoba ya Oneesan! :)

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook