Ngaku Introvert? Kenali Lebih Dalam 4 Tipe Introvert Ini

11.24.00


Udah nggak asing lagi jika kamu mendengar dua tipe kepribadian manusia terbagi menjadi dua, yakni Introvert dan ekstrovert. Introvert adalah mereka yang pemalu dan pendiam sementara mereka yang lebih riang dan punya banyak teman biasa disebut extrovert. Karena kedua pembagian ini, kepribadian manusia berasa seperti dikotak-kotakkan. Kalau orang yang kalem, punya sedikit teman, dan suka menyendiri disebut introvert. Begitu juga sebaliknya, mereka yang selalu tampak riang dan suka curhat kemana-mana dibilang ekstrovert. Padahal kan ada kalanya mereka yang suka bersosialisasi pun membutuhkan waktu untuk sendirian. Nah loh, jadi bingung kan sebenarnya kamu ini termasuk ekstro atau intro? Ini nih yang perlu kita ketahui, Jonathan Cheek, psikolog di Wellesley College membagi introvert menjadi 4 tipe.

Social Introvert
Bagi si tipe ini, dari luarnya sih terlihat seperti extrovert. Mereka memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik sehingga orang-orang sekitarnya sangat nyaman berbicara dengannya. Bahkan ia juga bisa dibilang aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Namun, di tengah aktivitas sosialnya ia merasa mengalami beberapa kesulitan. Misalnya, ia bakal merasa energinya akan terkuras habis jika berbicara di depan orang lain. Hal ini membuat dirinya berpikir bahwa apa yang ia katakan nggak akan didengar orang lain, jadi nggak heran jika kadang mereka memilih waktu sendiri di tengah kelompoknya. Bisa juga nih misalnya di kantor ia jadi orang yang seru banget buat diajak gossip dan ngobrol, tapi dalam perjalanan pulang ia akan diam seribu bahasa di dalam mobil. Tapi jangan salah, biasanya tipe ini memiliki pertemanan yang sangat awet meskipun hanya sedikit temannya. Mereka cenderung nggak mau berbagi perasaan atau curhat sebelum kenal dekat dan lama dengan orang tersebut.

Thinking Introvert
Jika kamu suka banget menganilisis diri sendiri berarti kamu termasuk dalam tipe ini nii Oneesan. Misalnya saat lagi baca buku atau nonton film yang menarik, kamu akan memikirkan bagaimana jika keadaan yang menimpa sang tokoh utama terjadi pada kamu. Kalau udah sering mengalami hal ini, tandanya kamu udah terjebak day dreaming yang bisa membawa kamu ke alam berbeda. Coba deh bedah isi pikiran kamu, biasanya si tipe ini memikirkan tentang segala hal, bahkan jika hal tersebut sangat sepele. Tanpa lelah imajinasinya muncul karena pikiran mereka terlalu ramai oleh banyak hal. Nggak heran kalau biasanya tipe ini diisi sama orang-orang yang kreatif dan imajinatif.

Anxious Introvert
Kalau tipe yang satu ini, mereka membutuhkan kesendirian karena merasa nggak nyaman berada di antara banyak orang. Biasanya, saat mereka memasuki suatu ruangan yang baru mereka akan jengah karena merasa semua orang memperhatikannya. Kecemasan menjadi kata kunci bagi tipe ini karena mereka nggak suka berada di tengah pusat perhatian. Bisa aja saking cemasnya, mereka tiba-tiba pergi di tengah acara tanpa alasan yang tepat. Begitu pun ketika lagi ngobrol dengan sahabat atau rekan kerja mereka bisa tiba-tiba diam karena merasa terasing.

Restrained Introvert
Kalau di mata orang lain, tipe ini pasti dinilai pendiam, kaku, dan lamban. Itu karena tipe restrained introvert selalu mengambil keputusan secara hati-hati. Mereka bukanlah tipe yang saat bangun di pagi hari langsung mandi, pakai baju terus berangkat kerja. Bagi mereka sangat penting untuk memikirkan setiap tindakan sebelum betul-betul melakukannya. Hal inilah yang tergambar dalam kehidupan sosialnya, dalam hidup yang bergerak serba cepat ini, tipe satu ini harus berpikir seribu kali sebelum menyapa orang yang baru dikenalnya.



Wah, ternyata ada berbagai macam jenis introvert yang kini kamu tahu. Kalau kamu termasuk tipe yang mana? Sebenernya mau intro atau ekstro, kamu harus tetap menjaga penampilan kamu supaya selalu keren dan fashionable. Yuk kunjungi www.gatsuone.com dan dapatkan koleksi fashion yang keren dan tentunya bikin kamu semakin stylish! Follow juga Instagram @gatsuone supaya kamu nggak ketinggalan informasi terkini. Have a great day!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook