Ternyata Setiap Sepatu Punya Cara Tersendiri dalam Perawatannya, Jangan Sampai Salah ya!

09.15.00


Percaya nggak sih, sepatu yang kita pakai secara nggak langsung bisa mencerminkan jati diri atau karakter pemakainya lho. Misalnya, kalo kamu suka sepatu-sepatu bermodel formal seperti derby atau oxford mungkin kamu adalah tipe orang yang sangat menjaga penampilan dan rapi. Berbeda dengan pengguna sneakers yang lebih terkesan cuek dan tampil apa adanya.

Tapi nggak cuma model sepatunya aja yang bisa mencerminkan karakter seseorang, keawetan sepatu juga bisa menunjukkan karakter si yang punya sepatu. Misalnya, orang yang rajin dan telaten pasti punya sepatu yang lebih awet. Kenapa? Karena mereka tau gimana caranya merawat sepatu dengan baik. Tapi bukan berarti jika sepatu kamu cepet rusak menandakan kamu adalah orang yang males lho, karena mungkin aja kamu belum tau caranya merawat sepatu dengan benar.

Karena itu, kali ini GatsuOne kasih tips gimana caranya merawat sepatu sesuai dengan bahannya. Okay, pada dasarnya sepatu punya beberapa bahan wajib, seperti kulit (leather) dan juga suede. Ada juga material sekunder seperti canvas dan juga nylon. Mereka memiliki cara perawatan yang berbeda-beda.

IGNACIO - DARK BLUE

KULIT (leather)
Biasanya bahan kulit menjadi sepatu yang favorit banget buat pria. Cowok akan tampak lebih gagah dan berkelas saat mereka menggunakan sepatu berbahan kulit. Bahkan sneakers yang berbahan dasar kulit juga lebih terlihat mahal dibanding dengan bahan-bahan seperti kanvas. 

Untuk merawat sepatu kulit, kamu harus membiasakan untuk membersihkan sepatu dari debu. Sebab debu yang lama menempel pada sepatu berbahan kulit akan semakin lengket dan akan susah dibersihkan. Gunakan semir sepatu yang sesuai dengan warna sepatu kamu untuk mencerahkan warna kulit sepatunya. Pokoknya jangan biarkan warna kulit sepatu kamu terlihat kusam.

Sayangnya, pemakaian yang ekstrim bisa membuat kulit menekuk dan hal itu sulit untuk dikembalikan seperti semula. Karena itu Saat membersihkan sepatu ini, jangan pakai sikat yang kasar ya, cukup sikat lembut aja. Selain itu hindari juga panas berlebih saat mengeringkan sepatu. Jika kamu ingin mengeringkannya dengan alat pengering maka lapisi sepatu itu dengan koran bekas agar sepatu tidak terkena panas. Akibatnya kalau kena panas berlebih ya bisa-bisa menyebabkan bahan kulit pecah karena terlalu kering.

Bahan sejenis beludru ini biasanya menjadi bahan favorit untuk sepatu boots kasual seperti dessert boots atau wallabees. Bisa dibilang membersihkan sepatu bahan suede itu agak ribet sih, apalagi jika sepatu udah terkena flek yang sulit hilang seperti cipratan lumpur atau tetesan tinta.

Maka dari itu kamu harus pakai handuk atau sikat khusus bahan suede untuk membersihkan noda yang menempel. Sikat dengan perlahan agar permukaan bahan nggak rusak dan flek pun nggak menyebar lebih banyak.  Saat membersihkan, pastikan membersihkannya dengan satu arah agar flek tidak menyebar dan permukaan suede tidak berantakan. Kalau perlu gunakan cairan khusus pembersih suede untuk memudahkanmu membersihkan sepatu.

Yang penting, jangan pernah malas membersihkan bahan ini karena kalau males, Hhhmm.. Sepatu kamu mungkin bakal mengeras dan semakin sulit dibersihkan. Biarkan sepatu ini kering perlahan setelah dicuci ataupun setelah terkena hujan. Karena bahan suede juga gampang lapuk jika teksturnya terlalu kaku karena panas yang berlebihan.

Dua bahan di atas memang jadi primadona, tapi ada juga beberapa sepatu yang dibuat dengan material lain. Misalnya seperti bahan nylon ataupun canvas yang banyak digunakan untuk sneakers. Untuk bahan-bahan ini, ada cara khusus juga dalam perawatannya. Meski nggak sesulit merawat bahan kulit dan suede, tips ini tetap penting untuk kita terapkan.

Saat kamu ingin membersihkan sepatu berbahan nylon atau canvas, gunakan sikat bersih dan dengan tingkat kehalusan yang sedang. Jangan terlalu kasar, tapi juga jangan terlalu halus agar kotoran-kotoran cepat rontok dari bahan sepatu. Kamu juga bisa gunakan cairan khusus untuk membersihkan beberapa jenis bahan ini. Gunakan cairan sejenis sabun untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada sepatu.

Pokoknya hindari pemakaian sabun cuci yang sifatnya keras seperti sabun cuci atau detergen karena bisa merusak bahan dan melunturkan warna. Nah kalau sepatu kamu warna putih, biasakan berhati-hati saat berjalan deh. Karena flek seperti tinta atau lumpur akan sulit hilang jika sudah terlanjur menyerap, terutama pada bahan nylon.


Merawat sepatu itu nggak sulit kok! Tetapi memang membutuhkan tenaga dan kesabaran ekstra dalam melakukannya. Karena itu, jangan menggunakan satu sepatu aja untuk kegiatan sehari-hari ya. Karena bisa memperpendek umur sepatu kamu. Sayang kan kalau harganya mahal tapi nggak bisa awet? Karena itu, gunakan sepatu sesuai kebutuhan dan kepentingannya. Have a good day!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook