Kenapa Nggak Bisa Tidur Padahal Udah Ngantuk?

10.43.00

Cewek atau cowok pasti pernah deh ngerasaain yang namanya udah ngantuk tapi nggak bisa tidur. Padahal mata udah berat banget rasanya, udah berbaring di tempat tidur, bahkan mungkin udah minum susu tapi tetep aja nggak bisa tidur. Sebenarnya ini salah satu masalah tidur paling umum. Di barat, istilahnya "conditioned" atau "lured arousal", semacam dorongan ingin terjaga.

Kok bisa gitu?
Menurut spesialis tidur Philip Gehrman, asisten profesor psikiatri di University of Pennsylvania, keadaan tersebut bisa terjadi karena suatu hal di lingkungan tidur kamu menyampaikan sinyal ke otak untuk terjaga, bukan tidur.

Kebanyakan orang, biasanya mereka akan naik ke tempat tidur lalu otomatis tertidur. Sementara orang yang sibuk bolak-balik tempat tidur sepanjang malam akibat susah tidur, bisa jadi tubuhnya sedang mengasosiasikan diri dengan terjaga di tempat tidur sebagai gantinya.

Penyebab susah tiidur
Kalau menurut Dr. Gehrman penyebab kenapa kita sulit tidur sebenarnya ada banyak. Salah satunya menjadikan tempat tidur sebagai tempat kerja dengan menggunakan laptop, atau tempat hiburan dengan adanya tv. Ngaku deh, siapa yang suka begini hayoo?

Namun, orang yang kebiasaan tidurnya baik pun bisa berubah siklus tidur setelah stres berkepanjangan atau kejadian penuh tekanan. Misalnya akibat kehilangan pekerjaan atau kematian orang yang dicintai. Kata Dr. Ronald Chervin, direktur di University of Michigan Sleep Disorders Center. Sebab, mencemaskan sesuatu juga bisa mengganggu tidur dan polanya bisa menyebabkan otak mengasosiasikan tempat tidur dengan terjaga sama seperti saat menggunakan laptop.

Masalah tidur ini disebut insomnia psikofisiologis. Sekali dimulai, siklus sulit tidur mulai deh jadi kebiasaan.

Lalu gimana cara mengatasinya?
Sebenarnya kalau gejala ini udah mulai parah, kita bisa menyembuhkannya melalui metode psikologis yang disebut terapi perilaku kognitif untuk insomnia, atau CBT-I. Biasanya kamu perlu rutin berkunjung ke dokter untuk mengubah jadwal dan kebiasaan tidur yang tidak tepat.

Tapi ada beberapa langkah yang bisa dilakukan sendiri kok. Misalnya seperti ini,

Pertama, jadikan tempat tidurmu sebagai tempat buat tidur aja
Ketika nggak bisa tidur, kebanyakan orang bakalan bawain perlengkapan yang macem-macem ke tempat tidur. Misalnya buku, majalah, cemilan, remot TV, HP, what ever deh pokoknya buat nemenin kamu sebelum ketiduran. Padahal sebenarnya cara ini justru nggak bagus lho. Karena posisi tidur yang nggak disengaja ini *ketiduran* membuat kamu tertidur dalam posisi yang nggak semestinya. Karena itu mulai deh jaga tempat tidur hanya untuk tidur aja tanpa melakukan kegiatan lain, termasuk membaca.

Batasi area tidur dari handphone dan gadget lainnya
Salah satu hal yang bikin kita nggak bisa tidur adalah karena kita terlalu sibuk dengan urusan pekerjaan. Atau bisa jadi terlalu sibuk mikirin kabar gebetan. Jadinya, sebentar-sebentar cek HP karena “takutnya” ada kabar nggak terduga dari si bos atau pacar. Karena itu, simpan gadget-mu jangan di dekat tempat tidur ya.

Do something till you’re really tired
Kalau kamu masih terjaga di tempat tidur selama 20 menit atau lebih, baiknya jangan paksain matamu untuk terpejam. Bangun aja dulu, lalu lakukan sesuatu yang lain. Jangan kembali sampai kamu benar-benar mengantuk.

Hindari kopi, rokok, dan alkohol dan redupkan lampu sebelum tidur.
Kopi mengandung kafein yang dapat membuat kamu sulit mengantuk. Jika pun memaksakan untuk tidur, kamu bisa terbangun beberapa kali di malam hari. Hal ini membuat kualitas tidur menurun dan malah mengurangi waktu tidur. Efek nikotin pada rokok pun sama.

Buat jadwal tidur yang tetap
Biasakan hal tersebut jadi rutinitas, dan jangan mengharapkan perubahan cepat. Sebab, Melatih ulang otak untuk melihat tempat tidur sebagai tempat untuk tidur bisa makan waktu seenggaknya beberapa minggu.

Itu dia beberapa hal yang menyebabkan kamu sulit tidur meskipun udah ngantuk. Kalau Oneesan ada yang mengalami hal tersebut mungkin kamu perlu mengubah pola hidup seperti yang GatsuOne sarankan. Karena sebelumnya mungkin ada pola hidup kamu yang kurang baik sehingga jadi susah tidur.

Coba refreshing sejenak dari rutinitas sehari-hari, misalnya seperti jelajah alam atau bisa juga dengan belanja. Siapa tahu setelah menikmati pemandangan dan kebutuhan fashion, pikiran dan badan kamu bisa jauh lebih rileks. Nah, kalau mau belanja mudah klik gatsuone.com aja!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook