Hindari Hal Sepele yang Membuat Wajah Terlihat Tua

14.07.00


Umur masih 19 tapi udah terlihat kayak embah-embah? Kalo kamu sering merasa kayak gitu, berarti kita sama! *tos 

Jangan buru-buru sebel sama mereka yang pernah nyinyir tentangmu, atau mereka yang wajahnya baby face padahal usianya lebih tua dari kita. Karena bukan cuma faktor gen aja yang mempengaruhi tingkat ketuaan pada wajah, tapi karena kita terlalu sering melakukan beberapa kebiasaan kecil yang sebenarnya nggak sehat. Mulai dari makanan yang kita konsumsi, pola makan, hingga cara tidur sehari-hari bisa berpengaruh buat penampilan kita. Apa aja sih?

Minum Pake Sedotan
Buat beberapa hal, minum pake sedotan emang memiliki keuntungan. Pas minum es bubble misalnya. Kalo nggak pake sedotan, bubblenya bakal ketinggalan di bawah kan (rugi deh). Akan tetapi, kebiasaan minum pake sedotan juga bikin kamu tanpa sadar menyipitkan mata. Hal ini yang akhirnya bikin kerutan terbentuk di sekitar mata kamu. Selain mata menyipit, kita juga jadi mengerucutkan bibir alias monyong-monyong gitu. Hal ini juga bisa bikin keriput di sekitar bagian mulut. “Ini juga terjadi ketika Anda merokok,” kata Janet Prystowsky, MD, Dermatolog asal New York.

Kurang Tidur
Sering begadang dan kurang tidur juga punya efek negatif yang berpengaruh buat penampilan kamu. Nggak hanya bikin mata panda aja, kurang waktu tidur ternyata juga dikaitkan sama umur yang lebih pendek. “Tidur dalam rentang tujuh jam adalah waktu yang ideal,” kata Dr. Casciari.

Nonton di depan TV dan laptop
Buat kamu yang sering nongkrong berjam-jam di depan TV, atau nonton drama korea sampai seharian ada baiknya mulai dikurangi deh. British Journal of Sport Medicine, menyebutkan bahwa setiap jam waktu yang dihabiskan buat menonton membuat umur lebih pendek. Apalagi buat orang yang menghabiskan rata-rata 6 jam sehari buat nonton TV. Harapan hidup mereka jadi lebih pendek sekitar lma tahun, dibanding orang yang kurang hobi nonton TV.

Hal ini disebabkan karena selama kamu duduk lebih dari 30 menit, tubuh kamu bakal mulai mendeposit gula ke dalam sel-sel tubuh. Ini yang bikin resiko kenaikan berat badan jadi meningkat. Hal yang sama berlaku buat kegiatan duduk-duduk santi meskipun kamu nggak lagi nonton TV atau layar laptop.

Cara kerja yang multitasking
Siapa coba yang nggak pengen punya gaji gede? Beberapa orang bahkan rela kerja lembur-lemburan demi dapatkan gaji yang lebih besar. Tapi perlu dicatat nih, beberapa studi menunjukkan bahwa stres kronis dapat memicu pelepasan radikal bebas. Radikal bebas inilah yang dapat merusak sel dan dapat menyebabkan penuaan dini. Daripada sibuk sana-sini menyelesaikan banyak pekerjaan, lebih baik berkonsentrasilah menyelesaikan satu tugas dulu. Baru deh berpindah tugas setelah kamu menyelesaikan tugas yang pertama.

Kebiasaan membungkuk
Kerja 8 jam nonstop di kantor seringkali membuat kita bikin posisi duduk yang aneh-aneh. Kaki dilipet-lipet, duduk menyender, membungkuk, nungging, atau apapun bisa bikin tulang belakang kita jadi nggak beres. Apalagi kalau kamu sering nggak sadar duduk membungkuk. Kalo postur tubuh yang buruk nggak segera diperbaiki. Maka bisa brakibat fatal seperti degerasi atau cacat tulang permanen. Pastikkan postur tubuh yang baik dalam beraktivitas. Telinga, bahu, dan pinggul harus membentuk garis lurus ketka kamu duduk atau berdiri.

Tidur tengkurap menghadap bantal
Tidur tengkurap dengan wajah yang langsung menempel di bantal bisa bikin kerutan di wajah keluar dan mempercepat proses penuaan lho. “Jaringan ikat dan kolagen pada wajah menjadi lemah,” kata James C Marotta, MD, Ahli bedah plastik wajah dan perawatan kulit. Kalo kamu sering melakukan hal ini dalam waktu yang lama, maka garis lipatan dari bantal kamu bisa menjadi permanen.

Karena itu, mulai yuk hindari tidur dengan posisi tengkurep. Apalagi kalo sarung bantal yang kamu gunakan berbahan dasar satin. Bahan satin lebih beresiko bikin kerutan di wajah dibandingkan dengan bahal lain seperti katun misalnya.

Terlalu sering pakai AC
Panas-panas abis dari warung, masuk rumah langsung berasa brr.. Engap banget! Maunya langsung nyalain AC bikin suhu sekecil-kecilnya sampe berasa kayak di kutub utara. Tapi taukah kamu? Pemanas maupun pendingin ruangan yang sering digunakan dapat berakibat buruk bagi kulit dan kesehatan kita. Terlalu sering pakai pendingin ruangan bisa membuat kulit jadi kering. Hal ini nantinya akan menyebabkan seseorang mengalami penuaan dini, serta rentan terkena kerutan sebelum waktunya. Karena itu atur suhu ruangan jangan ekstrim-ekstrim banget ya.

Diet lemak
Nah loh, siapa hayo yang suka diet-diet lemak? Ternyata nggak semua lemak, mempunyai dampak yang negatif buat tubuh kamu. Justru beberapa lemak diperlukan buat menjaga kita tetap sehat dan keliatan muda, kata Franci Cohen, ahli gizi dan fisiologi olahraga dari Brooklyn, New York.

Salah satunya adalah Asam Lemak Omega 3 yang banyak ditemukan dalam minyak ikan seperti Salmon dan Mackarel, dan kacang-kacangan seperti Kenari dan Biji Rami. Makanan-makanan tersebut bisa menjaga kulit tetap lentur dan lembab, sehingga bisa menceggah timbulnya keutan dan keriput di wajah. Selain itu, makanan tersebut juga bisa menjaga kesehatan jantung dan otak.

Terlalu banyak makan yang manis-manis
Selain bisa bikin berat badan naik, mengonsumsi makanan manis secara berlebihan ternyata juga bisa bikin kamu keliatan tambah tua. “Secara internal, molekul gula menempel pada serat protein di setiap sel tubuh kita,” kata Susan Stuart, MD, Dokter Kulit di San Diego, California. Proses ini dikenal dengan sebutan glikasi, yang bisa bikin hilangnya cahaya dari wajah kamu. Bikin lingkaran hitam di bawah mata keliatan, kulit wajah jadi bengkak, garis halus dan kerutan di kulit, dan bikin ukuran pori-pori membesar.

Yang terakhir dan paling penting: Suka dendam dan menyimpan sakit hati
Apa yang kita pikiran akan merepresentasikan jasmani kita. Hal - hal berbau negatif kayak marah, sebel, patah hati, atau apapun yang menyebabkan stres berkepanjangan seharusnya jangan dipikirin. Atau paling tidak selesaikan secepatnya dan jangan ditunda-tunda. Hilangkan juga nih sifat pendendam dan iri yang kadang muncul. Karena kalau terus-terusan memendam dendam dan terus mengingatnya bisa-bisa membuat dada menjadi sesak, sehingga dapat membuat lebih tua sekaligus menimbulkan penyakit.


Itulah beberapa kebiasaan yang tanpa kita sadari dapat membuat kita terlihat lebih tua. Sepele tapi penting kan? Karena itu, lakukan kegiatan-kegiatan yang bikin happy aja. Kayak belanja di GatsuOne.com misalnya… Hehe Have a great day!!

You Might Also Like

2 komentar

Like us on Facebook