Musim Hujan Baju Jadi Bau Apek? Ini Solusinya!

14.53.00

Hujan sudah makin sering melanda nih, Oneesan. Terkadang datangnya dipagi hari, bikin mager deh tuh ninggalin kasur, tapi gak akan mager dong kalau inget jemuran dibelakang rumah.
Yap salah satu masalah yang paling sering kita alami saat musim hujan adalah pakaian yang bau dan sulit dikeringkan. Bisa kalut kalau-kalau bingung mau pakai apalagi buat aktivitas harian kamu. Tapi Oneesan nggak perlu khawatir, Karena GatsuOne akan memberikan beberapa tips untuk membuat pakaian kamu tetap kering dan nggak bau apek, walaupun nggak dijemur dibawah sinar matahari secara langsung. Yuk Simak Tipsnya!


Pertama, Kamu bisa gunakan Pengering

Kebanyakan mesin cuci sudah dilengkapi dengan mesin pengering kan pastinya? Kamu bisa deh tuh memanfaatkannya untuk membuat pakaian kering lebih cepat. Dengan mesin ini, tentunya pakaian kamu akan lebih cepat kering walaupun cuaca sedang hujan. Kalau kamu gak punya mesin cuci, kamu bisa menggunakan alat lain seperti kipas angin dan hair dryer untuk membantu mengeringkan baju lebih cepat. Setelah menggunakan alat pengering, kamu tinggal menggantung dan mengangin-anginkannya hingga benar-benar kering. Mudah bukan?



Kedua,  Jemur di tempat yang berangin

Kondisi hujan pastinya nggak memungkinkan buat menjemur pakaian diluar rumah. kamu bisa membuat tempat jemuran di atas rumah (yang beratap) dan memiliki sirkulasi udara yang baik agar bisa membantu baju jadi kering lebih cepat atau kamu bisa menyulap satu ruangan menjadi tempat jemuran dadakan. Kamu bisa mengikatkan tali jemuran atau  menggunakan hanger.Penambahan kipas angin dan lampu pada ruangan tersebut juga akan membantu proses pengeringan berjalan lebih cepat.



Ketiga, tetap jaga kelembaban
Kondisi yang lembab menjadi salah satu penyebab pakaian jadi berbau nggak sedap. Untuk itu, jagalah jarak antar pakaian, jangan sampai kamu menggantung beberapa pakaian terlalu dekat agar memudahkan udara bersirkulasi diantara pakaian yang basah. Usahakan pakaian nggaksaling menempel yaa. Selain itu, kamu juga harus menjaga kelembaban dalam ruangan tempat kamu menjemur pakaian, salah satu caranya dengan meletakkan garam atau silica gel di salah satu sudut ruangan.
Keempat, Bilas dengan bersih
Sisa detergen atau sabun yang menempel pada pakaian bisa menjadi salah satu penyebab munculnya bau nggak sedap dan bercak putih pada pakaian lho, terutama di musim hujan. Nah ,akanya sebelum menjemurnya, bilaslah pakaian yang kamu cuci dengan bersih dan pastikan ngga ada detergen yang tertinggal. Setelah di bilas dengan air bersih, kamu juga bisa merendamnya dengan pelembut dan pewangi pakaian selama 10-15 menit.

Kelima, Jangan menumpuk pakaian
Setelah cucian benar-benar kering setelah diangin-anginkan, jangan langsung menumpuknya. Karena tumpukan pakaian ini juga yang menjadi salah satu penyebab bau nggak sedap pada pakaian. Setelah diangkat, sebaiknya setrika baju tersebut, lipat atau gantungkan, lalu simpan dalam lemari. Pastikan lemari pakaian kamu juga terjaga kelembabannya yaa. Caranya kamu bisa menambahkan silica gel di dalamnya.

Keenam, Saat menyetrika
Jika ada pakaian yang belum benar-benar kering, kamu bisa menyetrikanya. Tapi hindari menyemprotkan pewangi pada pakaian yang belum kering betul karena justru akan menimbulkan bau apek. Kalau masih terasa lembab walaupun sudah disetrika, gantung dan angin-anginkan pakaian tersebut hingga benar-benar kering.
Hindari pula menyetrika pakaian yang masih basah atau lembab dengan panas yang maksimal. Bukannya membuat pakaian jadi kering, hal tersebut justru membuat tekstur baju kamu jadi rusak karena panas yang maksimal. Kamu bisa mengikuti ketentuan panas yang tertera pada label baju.

Ketujuh, Simpan baju berbahan katun dan wool
Baju yang terbuat dari bahan katun lebih menyerap banyak air dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk kering, walaupun sudah dikeringkan dengan mesin pengering. Nah karena itu, sebaiknya hindari menggunakan kedua bahan tersebut saat musim hujan.

Gimana nih, Oneesan udah gak khawatir lagi kan? Selamat mencoba yaaa!
 

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook